kekuatan blue beetle superhero dc

6 Kekuatan Blue Beetle yang Bikin Musuh Mikir Dua Kali buat Ngelawan

Pada 16 Agustus 2023 lalu, kita kedatangan film superhero terbaru dari semesta DC, yaitu Blue Beetle. Hal ini pun menjadi pertama kalinya sosok superhero tersebut memiliki film solo live action setelah debut puluhan tahun yang lalu. Meski begitu, film ini berfokus pada karakter ketiga DC yang pernah beraksi menggunakan identitas Blue Beetle, yaitu Jaime Reyes.

Meski begitu, kekuatan dari setiap karakter yang pernah menggunakan identitas superhero DC tersebut pada umumnya sama. Sebab, kekuatan mereka berasal dari teknologi alien, yaitu Scarab yang kemudian memberikan mereka sebuah armor canggih. Armor ini pun membuat penggunanya jadi memiliki berbagai macam kekuatan yang mampu bikin lawan kewalahan.

Nah, berikut ini KINCIR akan membahas deretan kekuatan yang dimiliki Blue Beetle. Yuk, simak!

Kekuatan Blue Beetle

1. Nanoteknologi

Istimewa

Konsep armor Blue Beetle bisa dibilang mirip dengan teknologi nanoteknologi yang ada pada kostum Iron Man. Dengan nanoteknologi, Jaime Reyes bisa menciptakan apapun pada seluruh bagian armornya. Mulai dari senjata berwujud energy blasters yang paling sering ia gunakan buat menyerang musuh, perisai untuk bertahan, hingga grappling hook untuk berbagai macam kepentingan.

Selain menciptakan senjata dan alat, nanoteknologi juga berguna untuk menyembuhkan penggunanya dari berbagai macam luka sewaktu pertarungan. Namun, proses pemulihan tersebut enggak berlangsung secara instan seperti healing factor milik Wolverine ataupun Deadpool.

2. Scarab Sight

Istimewa

Scarab Sight merupakan kemampuan yang memungkinkan Jaime Reyes untuk memindai setiap orang yang ia temui. Setelah proses tersebut, Reyes akan mendapatkan informasi seputar sejarah genetik, kondisi fisik, serta kondisi kesehatan terkini dari orang tersebut. Scarab Sight juga bisa bikin Reyes mengetahui kekuatan Metahuman, melacak pola pikir, hingga mengetahui ancaman dari luar Bumi sebelum ada.

Kekuatan yang satu ini pun bisa dibilang sangat berguna bagi pengguna armor Blue Beetle, bahkan sebelum bertarung dengan musuh. Sebab, dengan luas jarak penglihatan Scarab Sight yang mencapai sekitar 8 kilometer, Reyes jadi bisa mengantisipasi berbagai ancaman yang menantinya, termasuk ilmu sihir sekalipun.

3. Menyerap energi

Selain menciptakan senjata yang menembakkan energi, kostum Blue Beetle juga memiliki kemampuan untuk menyerap energi apapun. Hal ini pun membuat penggunanya jadi enggak mengalami kerusakan yang parah sewaktu bertarung. Soalnya, segala macam energi yang ditembakkan oleh musuh mampu diserap, sehingga tidak melukai sang pengguna atau merusak armornya.

Selain menyerap, armor ini juga mampu memanipulasi energi dan memanfaatkannya saat bertarung. Mulai dari medan energi sebagai perlindungan hingga sebuah ‘kepompong’ yang mampu melindungi orang lain dari sebuah serangan.

4. Bleed Access

The Bleed merupakan sebutan untuk ruang kosmis yang menghubungkan satu semesta dengan semesta lain. Nah, karena merupakan teknologi alien, armor Blue Beetle memungkinkan penggunanya untuk mengakses The Bleed dan berpindah semesta.

Dalam perkembangan ceritanya, Bleed Access juga membuat Jaime Reyes jadi memiliki kemampuan teleportasi karena bisa mengakses ruang dan waktu. Namun, Reyes hanya bisa mengakses The Bleed sebanyak tiga kali karena setelah itu dia bakal mengalami kelelahan yang sangat parah.

5. Mechanokinesis

Berkat armor Blue Beetle, Jaime Reyes juga jadi memiliki kekuatan yang disebut Mechanokinesis. Kekuatan ini pun membuat Reyes jadi memiliki kemampuan untuk mengendalikan berbagai macam teknologi canggih dengan cukup menggunakan pikirannya saja.

Biasanya, Reyes menggunakan kemampuan ini untuk mematikan segala macam kamera CCTV ataupun mikrofon di wilayahnya agar aksinya tidak terlacak. Bisa dibilang, kemampuan inilah yang membuat identitas Reyes sebagai superhero enggak gampang bocor ke masyarakat luas dalam versi komiknya.

6. Universal Translation

Teknologi yang berada dalam armor Blue Beetle juga membuat penggunanya jadi bisa memahami bahasa apapun. Bahkan, bahasa yang dipahami bukan aja yang berasal dari Bumi, melainkan bahasa dari alien dari berbagai planet yang belum pernah mereka kunjungi sekalipun.

Hal ini tentunya sangat berguna ketika harus menyusup ke sebuah planet yang asing dan harus meretas jaringan komputer mereka. Oh ya, kemampuan ini juga membuat Blue Beetle jadi bisa membaca kode yang ada di Mother Box sehingga mampu menggagalkan rencananya Darkseid.

***

Nah, itulah sejumlah kekuatan yang dimiliki oleh Blue Beetle. Dari sejumlah kekuatan tersebut, manakah yang menurut kamu paling keren? Share pendapat kamu dan ikuti terus KINCIR untuk artikel menarik seputar film lainnya, ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.