5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Sebelum Nonton Insidious: The Red Door

Inilah deretan hal yang perlu kamu ingat agar tidak kebingungan sewaktu nonton film Insidious: The Red Door. Apakah kamu semakin antusias?


Buat kamu yang suka nonton film bergenre horor, tentunya sudah enggak asing lagi dengan franchise Insidious, ‘kan? Yap, franchise ciptaan Leigh Whannell dan James Wan ini memang jadi salah satu seri horor populer, terlebih karena karakter hantunya yang terkenal memiliki wujud mengerikan. Pada Juli 2023 ini, franchise tersebut pun akan merilis film keempatnya yang bertajuk Insidious: The Red Door.

Meski jadi entri kelima dalam franchise-nya, Insidious: The Red Door enggak terlalu berkaitan dengan film ketiga dan keempatnya, melainkan hanya dengan dua film pertamanya. Hal ini karena film ketiga dan keempatnya adalah prekuel dari dua film pertamanya.

Jadi, Insidious: The Red Door lebih bisa disebut sebagai sekuel dari film Insidious: Chapter 2 (2013). Namun, berhubung film keduanya rilis 10 tahun yang lalu, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat agar enggak kebingungan saat nonton film Insidious 5.

Nah, berikut ini KINCIR akan merangkum deretan hal yang perlu kamu ingat sebelum nonton film Insidious: The Red Door. Yuk, simak!

Hal yang perlu diingat sebelum nonton Insidious: The Red Door

1. ‘Kutukan’ keluarga Lambert

Hal yang perlu diingat sebelum nonton Insidious: The Red Door
Hal yang perlu diingat sebelum nonton Insidious: The Red Door Via Istimewa.

Konflik yang ada dalam Insidious: The Red Door serta dua film pertamanya berpusat pada kejadian mistis yang dialami oleh keluarga Lambert, khususnya sang ayah dan anak, yaitu Josh serta Dalton. Pada film pertamanya, Dalton dikisahkan mengalami koma setelah jatuh saat sedang berada pada sebuah loteng.

Dokter pun tidak bisa menemukan penyebab pasti dari kondisinya Dalton. Namun, satu hal yang pasti, keluarga Lambert mulai mengalami berbagai hal mistis setelah Dalton mengalami koma. Hal ini ternyata terjadi karena Dalton telah menjadi wadah bagi hantu dan iblis yang berasal dari dunia astral.

Lorraine yang merupakan ibunya Josh pun menjelaskan bahwa Josh juga pernah mengalami hal yang sama dengan Dalton sewaktu kecil. Lorraine kemudian memanggil paranormal yang dulu pernah membantu Josh, yaitu Elise. Dengan panduang Elise, Josh pun pergi ke dunia astral untuk membawa kembali Dalton yang arwahnya terjebak pada dunia tersebut.

Usaha Josh mengembalikan Dalton pun berakhir. Namun, ternyata kini gantian Josh yang menjadi wadah dari pembunuh berantai bernama Parker Crane alias The Bride in Black yang telah menghantuinya saat kecil. Sekembalinya ke dunia nyata, Josh yang kerasukan Bride in Black pun langsung membunuh Elise. Hal ini pun jadi konflik utama yang harus keluarga Lambert selesaikan pada film keduanya.

2. The Further dan The Red Door

Hal yang perlu diingat sebelum nonton Insidious: The Red Door
Hal yang perlu diingat sebelum nonton Insidious: The Red Door Via Istimewa.

Seperti yang KINCIR bahas pada poin sebelumnya, Josh pergi ke dunia astral untuk menyelamatkan Dalton. Nah, dalam franchise Insidious, dunia astral tersebut memiliki sebutan The Further. Elise menjelaskan bahwa The Further adalah dunia penuh kegelapan yang jadi tempat para jiwa terkutuk hidup untuk selamanya.

The Further pun bukan tempat yang boleh manusia datangi. The Further juga tidak memiliki konsep waktu yang sama dengan dunia nyata sehingga tak jarang manusia yang datang ke dunia kelam ini seolah seperti melakukan perjalanan waktu alias time travel.

The Red Door yang menjadi subjudul dari Insidious 5 juga berada pada The Further. Sesuai namanya, The Red Door adalah pintu berwarna merah darah yang menjadi portal untuk pergi keluar-masuk ke sarang iblis yang menghuninya.

3. Lipstick-Face Demon

Via Istimewa

Insidious menjadi salah satu franchise horor yang memiliki banyak karakter hantu dengan wujud mengerikan. Salah satu hantu atau iblis dengan wujud yang selalu sukses bikin penonton ketakutan adalah Lipstick-Face Demon atau simpelnya The Demon. Sosok yang sudah muncul sejak film pertamanya ini memiliki tubuh berwarna hitam, tapi wajahnya berwarna merah darah.

Lipstick-Face Demon adalah sosok iblis penguasa The Further dan berperan sebagai antagonis utama dari franchise Insidious. Lipstick-Face Demon hidup dalam Red Door yang berada di loteng rumah keluarga Lambert yang eksis pada The Further. Pada film pertamanya, Lipstick-Face Demon pun menjadi entitas yang hampir berhasil mengambil utuh jiwa serta tubuh fisik Dalton sebelum akhirnya digagalkan oleh Josh.

Berdasarkan penjelasan Elise, tujuan Lipstick-Face Demon merasuki tubuh seseorang adalah hanya untuk membuat umat manusia lainnya sengsara. Pada film Insidious 5 mendatang, Lipstick-Face Demon pun sudah terkonfirmasi akan hadir kembali meneror Josh serta Dalton.

4. Josh mencoba membunuh keluarganya

Via Istimewa

Pada akhir film pertamanya, Renai Lambert mengetahui bahwa suaminya, yaitu Josh, telah kerasukan arwah Parker Crane alias The Bride in Black. Kondisi ini kemudian menjadi konflik utama dari film keduanya. Sepanjang film Insidious: Chapter 2, kita bisa melihat Josh, Parker, serta Michelle yang merupakan ibunya Parker meneror keluarga Lambert.

Selama kerasukan oleh Parker, jiwa Josh yang sebenarnya terjebak pada The Further sehingga tidak bisa memperingatkan keluarganya. Menjelang akhir filmnya, Josh yang masih kerasukan Parker pun berusaha untuk membunuh seluruh anggota keluarganya, terutama Dalton.

Kengerian ini baru berakhir setelah arwah Elise yang berada dalam The Further membunuh arwah Michelle, sehingga membuat jiwa Parker yang trauma atas kekejaman ibunya jadi tenang. Setelah itu, Dalton yang pergi ke The Further akhirnya menuntun kembali Josh untuk keluar dari dunia astral tersebut. Nah, insiden ini cukup memiliki peran besar dalam film Insidious 5 mendatang.

5. Josh dan Dalton dihipnotis untuk melupakan segala kejadian yang menimpa mereka

Via Istimewa

Setelah mengalami berbagai kejadian pada dua film pertamanya, Josh dan Dalton akhirnya memutuskan untuk melupakan berbagai insiden tersebut. Pada akhir Insidious: Chapter 2 mereka pun dihipnotis oleh rekannya Elise, yaitu Carl. Harapannya, selain melupakan kejadian traumatis tersebut, prosedur hipnotis ini juga bisa memutus koneksi Josh dan Dalton ke The Further sehingga mereka tak mengalami teror lagi.

Jadi, pada film Insidious: The Red Door yang berlatar waktu 10 tahun setelah ending Chapter 2, Josh dan Dalton tidak ingat berbagai kejadia mengerikan yang mereka alami pada dua film pertamanya. Bahkan, keduanya juga tak ingat bahwa mereka memiliki kemampuan untuk pergi ke The Further.

Namun, Lipstick-Face Demon kembali meneror Josh dan Dalton untuk sekali lagi, meski keduanya tak ingat banyak. Josh dan Dalton pun harus berusaha mengembalikan memori mereka lagi untuk melawan teror tersebut. Hal inilah yang menjadi konflik utama dalam film Insidious: The Red Door.

***

Nah, itulah sejumlah hal penting yang perlu kamu ingat sebelum nonton film Insidious: The Red Door yang tayang pada bioskop Indonesia mulai 12 Juli 2023. Apakah kamu sudah siap menyaksikan teror baru keluarga Lambert? Share pendapat kamu dan ikuti terus KINCIR untuk artikel menarik seputar film lainnya, ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.