5 Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder

Zeus debut di MCU lewat Thor: Love and Thunder. Yuk, simak fakta karakter yang diadaptasi dari mitologi Yunani ini!


Thor: Love and Thunder (2022) menjadi penampilan keempatnya Thor di film solonya. Film ini dimeriahkan oleh banyak karakter, termasuk Guardians of the Galaxy dan berbagai karakter yang telah muncul di seri film Thor sebelumnya. Enggak hanya karakter Marvel Cinematic Universe (MCU) lama, Love and Thunder juga menghadirkan banyak karakter baru.

Salah satu karakter baru yang diperkenalkan di Love and Thunder adalah Zeus. Rasanya cukup unik, ya, bisa melihat dewa petir versi Nordik dan dewa petir versi Yunani dipertemukan dalam satu film. Menariknya lagi, Zeus diperankan oleh salah satu aktor Hollywood ternama, yaitu Russell Crowe, yang pernah berperan sebagai Jor-El di Man of Steel (2013).

Biar kamu semakin kenal saat menonton Thor: Love and Thunder, yuk, simak fakta seputar Zeus versi Marvel ini!

Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder

1. Diadaptasi dari mitologi Yunani, Zeus pertama kali muncul di komik Venus #5 yang dirilis pada Juni 1949.

Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder
Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder Via Istimewa.

Zeus versi Marvel diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby, serta diceritakan memiliki nama lengkap Zeus Panhellenios. Seperti mitologi Yunani di dunia nyata, Zeus versi Marvel juga diceritakan sebagai dewa tertinggi Olympian dan disembah oleh manusia Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Bagi orang Yunani Kuno dan Romawi Kuno, Zeus adalah dewa surga, langit, dan cuaca. Di semesta Marvel, Zeus merupakan salah satu spesies Olympian, yang merupakan sekelompok humanoid yang berasal dari dimensi Olympus.

2. Zeus dan para dewa Olympian punya hubungan yang rumit dengan Eternals.

Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder
Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder Via Istimewa.

Saat peradaban Yunani Kuno bangkit, Zeus membuat dia dan para dewa Olympian dikenal supaya para manusia Yunani Kuno menyembah mereka. Zeus juga menemukan lokasi yang menjadi penghubung utama antara dimensi Olympian dan Yunani. Lokasi tersebut berada di puncak gunung Olympus yang berlokasi di Olympia. Namun pada saat itu, Olympia menjadi kota yang dihuni oleh para Eternals Bumi.

Zeus dan salah satu anaknya yang bernama Athena, lalu pergi menemui pemimpin Eternals, bernama Zuras, yang juga hadir bersama dengan anaknya yang bernama Azura. Berhubung Olympian dan Eternals memiliki kemiripan fisik, mereka memutuskan untuk membentuk aliansi. Lalu, Olympian menjadikan Eternals sebagai perwakilan mereka di Bumi. Setelah aliansi tersebut, Zuras mengganti nama Azura menjadi Thena.

Lama kelamaan, manusia malah menganggap Eternals dan dewa Olympian adalah wujud yang sama. Alhasil, para dewa Olympian enggak terima hingga terjadilah perang di antara Oympian dan Eternals.

3. Zeus beberapa kali menghentikan perang antara Asgardian dan Olympian, bahkan pernah beraliansi dengan Asgardian untuk melawan Celestial.

Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder
Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder Via Istimewa.

Sekitar 1.000 tahun lalu, salah satu anaknya Zeus, yaitu Hercules, mengangkut sekelompok tentara Yunani Kuno untuk berperang dengan orang-orang Nordik yang berada di bawah perlindungan Thor, hingga terjadilah perang antara Asgardian dan Olympian. Untuk menghentikan perang tersebut, Zeus bertemu dengan Odin secara diam-diam.

Pertemuan Zeus dan Odin berhasil mengakhiri perang antara Asgardian dan Olympian. Mereka malah membentuk aliansi untuk dapat mempertahankan Bumi dari Celestial. Soalnya pada saat itu, Celestial hendak kembali ke Bumi untuk menentukan apakah mereka harus tetap mempertahankan Bumi atau tidak. Berhubung Asgardian, Celestial, dan Olympian telah diperkenalkan di MCU, apakah kita bisa melihat pertarungan mereka di film nantinya?

4. Zeus punya kekuatan yang lebih unggul dari Olympian lainnya, hampir abadi, dan sulit dibunuh dengan cara yang konvensional.

Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder
Fakta Zeus, sang Dewa Halilintar di Thor: Love and Thunder Via Istimewa.

Seperti semua Olympian, Zeus tentunya punya kekuatan dasar yang pasti dimiliki oleh para Olympian, yaitu kekuatan super, stamina super, dan kecepatan super. Walau begitu, kekuatan, stamina, dan kaecepatan yang dimiliki Zeus memang jauh lebih unggul dari Olympian lainnya. Kekuatan Zeus diceritakan setara dengan Galactus, Celestial, Stranger, dan Odin.

Zeus juga bisa dibilang hampir abadi karena dia butuh waktu lama untuk menua, kebal terhadap penyakit dan racun, enggak bisa dibunuh dengan cara yang konvensional, serta dapat beregenerasi. Walau begitu, Zeus masih bisa dikalahkan dengan dewa yang lebih tua atau makhluk kosmis yang memiliki kekuatan di atas dewa.

5. Zeus punya kemampuan memanipulasi energi kosmis, bahkan bisa mengontrol kekuatan Olympian lainnya.

Via Istimewa

Banyak hal yang bisa dilakukan Zeus dengan kemampuannya dalam memanipulasi energi kosmis, di antaranya menembakkan kekuatan listrik; mengubah ukuran tubuhnya sesuka hati; membuka dan menutup dimensi serta mengirim orang lain melalui dimensi tersebut; bahkan bisa memberikan kekuatan super kepada makhluk hidup dan benda mati.

Enggak hanya itu saja, Zeus juga sanggup mengontrol kekuatan Olympian lain. Dia beberapa kali diketahui pernah mencabut dan mengembalikan kekuatan Hercules. Selain ahli dalam pertarungan jarak jauh, Zeus juga seorang petarung tangan kosong yang ahli berkat pengalaman bertarungnya selama ribuan tahun.

***

Itulah deretan fakta seputar Zeus, sang dewa halilintar di Thor: Love and Thunder. Apakah kamu berharap Zeus harus dimunculkan lagi di proyek MCU mendatang?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.