PON XX Papua 2021 Jadi Tonggak Sejarah Esports Untuk Bangun Prestasi Kelas Dunia

Ranah esports di Indonesia sukses naik peringkat dengan jadi cabang ekshibisi di PON XX Papua 2021. Hari ini (21/9), ajang olahraga nasional tersebut resmi dibuka di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Jayapura.

Wakil Ketua Umum/Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yaitu Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum mengatakan bahwa Eskhibisi Esports PON xx Papua 2021 memiliki misi dan makna yang luas. Selain untuk pengembangan dan barometer prestasi esports nasional yang dibina oleh daerah, ajang ini juga berpotensi mendorong laju ekonomi kreatif digital lewat industri game.

Konferensi pers PON XX Papua 2021
Konferensi pers PON XX Papua 2021 Via Tangkapan Layar.

“Melalui ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 yang kami gelar 26 September nanti, kami ingin menyampaikan pesan pada dunia tentang potensi besar industri esports Indonesia, kesiapan Indonesia menjadi penyelenggara esports-tourism berskala internasional, dan optimisme akan terwujudnya visi Indonesia Emas sebagai kekuatan ekonomi digital dunia pada 2045.” Ungkap Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum.

Penyelenggaraan Ekhibisi Esports PON XX Papua 2021 sukses mendapatkan respon tinggu dari masyarakat khususnya gamers. Pasalnya, ajang ini menjaring 49.905 atlet dan 10.977 tim esports yang tersebar dari 34 provinsi yang mendaftar pada platform Garudaku.com

Mereka berkompetisi di empat kategori pertandingan, yaitu PUBG Mobile yang diikuti oleh 19.664 atlet dari 4.916 tim, Free Fire 13.608 atlet dari 3.402 tim, Mobile Legends: Bang Bang 11.985 atlet dari 2.397 tim, dan Pro Evolution Soccer (PES) 2021 3.838 atlet.

Bersamaan dengan Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021, PBESI juga menyelenggarakan pertandingan persahabatan dari game lokal, yaitu Lokapala. Mengusung misi pemberdayaan industri game lokal, pertandingan persahabatan Lokapala diikuti oleh 810 atlet dari 162 tim

“Pentas babak utama Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 akan menyuguhkan kepiawaian talenta-talenta potensial dan tim-tim kuat dari Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan,” ungkap Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum.

Bagaimana tanggapan kalian dengan Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 memperkuat ekosistem esports nasional untuk membangun prestasi kelas dunia? Jangan sungkan untuk memberikan komentar kalian di kolom bawah, ya! Tetap di KINCIR agar kalian enggak ketinggalan berita seputar esports. 

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.