GOOD GIRL: GAME ON!: Membangun Wadah Gaming yang Inklusif

Game adalah sebuah medium hiburan yang popularitasnya melejit beberapa tahun belakangan, utamanya setelah pandemi COVID-19 melanda. Industri gaming berhasil meraup pendapatan tertinggi di tahun 2021, mengalahkan medium hiburan lainnya, seperti film, musik, dan buku. Konsumen game juga diprediksikan akan terus meningkat sebanyak 32.8% di tahun 2023 dan 34.9% di tahun 2027.

Akan tetapi, popularitas tidak menjadikan industri gaming menjadi ramah gender: 65% gamer perempuan merasa tidak diterima saat bergabung ke dalam komunitas gaming, bahkan 77% di antaranya mendapatkan perlakuan buruk. Ada banyak contohnya seperti diskriminasi gender, pelecehan seksual, dan komentar-komentar yang bersifat menghina.

Berdasarkan data tersebut, organisasi non-profit Galaktik Good terdorong untuk membentuk GG:GO! (Good Girl: Game On!). Fokus utamanya adalah menjadi sebuah “wadah” tempat gamer perempuan dapat merasa aman untuk bermain (gaming) dan saling berbagi—tentang berbagai macam topik—lewat komunitas online yang positif, termoderasi, dan terkurasi.

Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk melawan lingkungan gaming yang toxic dan seksis terhadap gamer perempuan, GG:GO! tidak hanya memberikan “ruang aman”, tetapi juga konten dan

program-program yang dapat mendorong dan mendukung perempuan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik dan memaksimalkan potensi mereka. Didesain oleh dan untuk remaja dan para dewasa-muda, GG:GO! adalah tempat inklusif untuk gamer perempuan di Indonesia dengan latar belakang berbeda, juga siapa pun yang menginginkan tempat suportif. Semua orang dipersilakan main di sini—asalkan mereka menghormati aturan dasaryang sederhana: untuk #TidakToksik.

“Tidak jarang perempuan diremehkan atau mengalami pelecehan dalam permainan multiplayer online. Media dan developer gaming juga sering kali memarjinalkan perempuan dalam narasi-narasinya, menggambarkan mereka sebagai figur satu dimensi atau objek belaka, bukan sebagai manusia yang penuh. Sebagai seorang gamer, saya selalu menginginkan tempat aman, seperti yang GG:GO! coba tawarkan.” Indraswari Pangestu, selaku inisiator dan Director of Digital Creative & Community Engagement di Galaktik Good.

Komunitas gaming perempuan GG:GO!
Komunitas gaming perempuan GG:GO! Via dok. Istimewa.

Selain menjadi ruang aman untuk perempuan dapat bermain dan menjalankan aktivitas STEM, GG:GO! juga menggunakan platformnya untuk menyediakan konten dengan lima topik utama:

Fun & Gaming, Safety & Security, Education & Development, Agency & Confidence, dan Health & Wellbeing. Remaja perempuan membutuhkan akses ke topik-topik ini dari sumber tepercaya untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang—informasi yang sering kali sulit untuk ditemukan di luar sana.

 Dengan menyampaikan konten-konten tersebut secara menyenangkan, menarik, dan senada dengan tempat perempuan berada, GG:GO! ingin dapat memengaruhi kehidupan tanpa pesan yang terasa “kasar” atau “setengah-setengah”. Sejalan dengan tema gaming yang ditawarkan, komunitas ini membuat sebuah semesta virtual yang disebut dengan ‘Bloomhaven’, tempat para karakter digital (yang masing-masing merepresentasikan topik yang ditawarkan) hidup, bekerja, dan bermain.

Good Girl: Game On! Komunitas gaming perempuan.
Good Girl: Game On! Komunitas gaming perempuan. Via Istimewa.

Semesta dan karakter-karakter ini didesain dengan memperhatikan tren dalam dunia game dan terfokus untuk memenuhi minat target demografis dari GG:GO!.

“Dunia game dan dunia nyata harus menjadi tempat anak perempuan dan laki-laki merasa sama-sama aman untuk mencapai tujuan mereka. Itu sebabnya kami hadir dengan ruang aman yang diperuntukkan bagi anak perempuan—dan semua yang membutuhkannya—agar mereka dapat membicarakan segalanya dan mempelajari hal-hal yang sering tidak dibicarakan. Kami ingin semuanya merasa punya tempat, teman, dan komunitas yang suportif di GG:GO!.” Mellissa Indria Pertiwi, Executive

Editorial Director at Galaktik Good. GG:GO! sedang dalam proses pengembangan chatbot WhatsApp yang menyediakan akses informasi, dukungan, dan sumber daya secara 24/7. Selain itu, GG:GO! juga memiliki rencana untuk mengubah semesta ‘Bloomhaven’ menjadi game free-to-play dan digital experience dalam satu tahun ke depan.

Partisipasi dalam komunitas adalah gratis dan terbuka untuk semua orang dan siapa pun yang ingin bergabung. Untuk informasi lebih lanjut, GG:GO! dapat ditemukan di laman-laman berikut: Discord, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, Twitch, dan Facebook.

Tim GG:GO! juga tertarik untuk mengundang para ahli dari berbagai bidang yang ingin mendukung proyek ini atau bertindak sebagai mentor bagi komunitas melalui aktivitas seperti live chats dan ǪnA. Untuk detail lebih lanjut, tim GG:GO! dapat ditemui di: play@goodgirlgo.org.

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.