Pada hari ini (28/8), sebuah conference berskala nasional telah diadakan. Lokadata dan Beritagar bekerja sama menggelar Indonesia Lokadata Conference (ILOC) 2019 yang berfokus pada peran data di segala bidang, terutama industri bisnis.
Pada acara tersebut, beberapa perusahaan ternama menghadiri untuk berbagi pengalaman mengenai pengolahan data menjadi sebuah aset menjanjikan untuk kepentingan bisnis.
Dari beberapa perusahaan barang dan jasa yang tampil. esports mendapatkan kesempatan untuk dipresentasikan sebagai salah satu industri yang saat ini sedang berkembang pesat. Tentu saja fase perkembangan ini juga pastinya terdapat peran data sebagai pondasi awal.
Pada acara tersebut, Giring Ganesha selaku Presiden IESPL menjelaskan bagaimana kondisi perkembangan game hingga akhirnya tercipta industri esports. Entitas game yang tadinya bersifat hiburan, kini bertambah menjadi sebuah bidang bisnis yang menjanjikan.
Hal tersebut pun dibenarkan oleh Abraham Wirotomo selaku Ahli Tenaga Madya Kantor Staf Presiden. Kini pemerintah pun mulai menaruh perhatian kepada esports. Pasalnya, saat ini sektor ini dirasa mampu menjadi pemasok ekonomi negara. Akan tetapi, masih banyak kendala yang harus dibenahi. Salah satunya adalah pengolahan data secara efektif dan tepat.
Di bidang esports, ada banyak data yang harus ditangani, dari pendapatan hingga jumlah pelaku esports. Dengan pertumbuhannya yang begitu pesat, industri ini juga memiliki dampak besar bagi industri lain. Selain itu, juga banyak tercipta lapangan pekerjaan baru yang sebelumnya dianggap kurang menjanjikan seperti caster, manajer tim, dan juga para atlet profesional.
Akan tetapi, seiring dengan membesarnya esports. Pastinya juga menimbulkan sisi negatif yang harus diatasi. Contohnya, pelarangan MUI terhadap game PUBG Mobile yang beberapa waktu lalu sempat menjadi bahan perbincangan. KSP pun tetap melakukan komunikasi dengan pihak terkait untuk menemukan jalan tengah.
Perkembangan industri esports tentu saja patut mendapat perhatian lebih. Pasalnya, fenomena ini memang harus dikelola dan diatur dengan baik, kalau perlu dibuatkan sektor khusus untuk pengembangan industri ini ke arah yang lebih jelas. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini mampu menjadi benefit untuk negara.
Bagaimana pendapat kalian tentang peran esports dari segi bisnis di Indonesia? Apakah saat ini esports sudah dikelola dengan baik? Tuangkan komentar kalian di bawah, ya! Tunggu juga berita terbaru seputar esports dan game lain hanya di KINCIR!