(Mobile Legends) Makin Culun! Inilah Hero-hero yang Kena Nerf di Patch 1.5.38

– Lebih banyak Hero Mobile Legends yang kena nerf dibanding buff di patch 1.5.38.
– Mayoritas Hero yang kena nerf ini merupakan Hero yang sedang jadi meta saat ini.

Jajaran Hero meta menjadi pilihan Hero Mobile Legends yang populer digunakan. Enggak heran, sebab Hero meta memiliki performa yang sangat mengerikan dengan kekuatan di atas rata-rata dari Hero lainnya.

Nah, enggak selamanya Hero akan terus berada di meta. Untuk menyeimbangkan permainan sekaligus membuat meta jadi lebih bervariatif, Moonton kembali menghadirkan patch 1.5.38 bersama dengan nerf untuk beberapa Hero.

Jika dibandingkan dengan buff, Hero yang mendapatkan nerf pada patch 1.5.38 tersebut berjumlah lebih banyak. Sebagian di antaranya merupakan Hero meta yang memiliki performa pertarungan mengerikan. Namun, apakah nerf yang menimpa Hero-Hero tersebut akan mampu menurunkan performa pertarungannya atau bahkan membuatnya terlempar dari jajaran Hero meta?

Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak uraian Hero Mobile Legends yang kena nerf di patch 1.5.38 berikut ini, ya!

Benedetta

Skill pasif – Elapsed Daytime: Damage dari serangan spesialnya diturunkan menjadi 50 + 200% Physical Attack. Selain itu, pengurangan damage serang ke minion juga meningkat dari 30% menjadi 40%.

Skill 1 – Phantom Slash: Damage dasar dari serangan Shadow dikurangi menjadi 200—400 Physical Damage, sebelumnya 300—500 Physical Damage. Selain itu, damage dasar dari serangan Slash juga mengalami penurunan menjadi 100—200 Physical Damage dari 180—300 Physical Damage.

Skill 2 – An Eye For An Eye: Benedetta akan memperoleh Sword Intent setelah berhasil memblokir serangan lawan.

Prediksi: Penurunan tingkat Burst Damage untuk Benedetta memang sudah seharusnya diterapkan. Sebab, Benedetta terbilang memiliki raihan Burst Damage yang sangat tinggi sebagai Assassin.

Namun, seharusnya, Moonton memberikan sedikit peningkatan durability untuk tetap menyeimbangkan kekuatannya. Sehingga, nerf tersebut diprediksi akan membuat tingkat penggunaan Benedetta menurun.

Barats

Atribut dasar: Tingkat HP dasar dikurangi menjadi 2559 HP dari 2709 HP. Selain itu, raihan HP tiap level juga diturunkan menjadi 229 HP dari 249 HP.

Skill pasif – Big Guy: Mekanisme penurunan stack akan diganti menjadi penurunan secara bertahap, sebelumnya menggunakan mekanisme penghilangan secara instan.

Skill Ultimate – Detona’s Welcome: Jeda waktu penangkapan Hero musuh ditingkatkan sebesar 60%. Selain itu, durasi cooldown juga ditingkatkan menjadi 50—40 detik, sebelumnya 42—30 detik.

Prediksi: Peningkatan jeda waktu pada skill ultimate membuat Barats akan sedikit kesulitan untuk menangkap musuh secara cepat. Kondisi tersebut membuka peluang Hero musuh untuk kabur dari serangan Barats.

Selain itu, penurunan raihan HP juga dapat memengaruhi durability Barats dan performanya secara keseluruhan. Sehingga, Barats diprediksi akan sedikit sulit untuk bermain secara agresif pada patch terbaru.

Lunox

Skill 2 – Chaos Assault: Damage dasar dikurangi menjadi 200—300 Magical Damage dari 240—340 Magical Damage. Namun, bonus Magic Power juga ditingkatkan menjadi 130% dari 120%.Bonus damage berdasarkan HP musuh juga dikurangi menjadi 1,5%—3,5% saja.

Skill Ultimate – Darkening: Durasi cooldown ditingkatkan menjadi 25—15 detik dari 18—14 detik.

Prediksi: Lunox mengalami penurunan performa serang yang sangat signifikan. Sebagai skill serang utama, Chaos Assault mengalami penurunan damage yang terbilang sangat besar, belum lagi kalau diakumulasikan nantinya.

Selain itu, Lunox juga kehilangan sustainability untuk mengaktifkan skill ultimate – Darkening yang sangat berpengaruh pada performa serang dari Lunox. Sehingga, Lunox diprediksi tidak lagi dapat menghasilkan raihan damage yang besar selama pertarungan.

Jawhead

Skill 2 – Ejector: raihan shield dasar dikurangi menjadi 350—800 poin, sebelumnya 600—1000 poin. Namun, bonus Physical Attack ditingkatkan menjadi 140% dari 100%.

Prediksi: Jawhead mendapatkan kerugian dari segi durability pada nerf kali ini. Penurunan raihan shield diprediksi akan berpengaruh sangat besar pada daya tahan Jawhead di early game. Namun, Jawhead juga mendapatkan sedikit peningkatkan damage pada skill – Ejector.

Walau begitu, peningkatan tersebut terbilang sangat kecil dan tidak akan berpengaruh besar. Secara keseluruhan, performa pertarungan Jawhead diprediksi akan sedikit menurun. Nerf ini akan membuat Jawhead harus lebih hati-hati lagi kalau ingin main rusuh di early game.

Alice

Skill Ultimate – Blood Ode: damage dasar dikurangi menjadi 120—160 Magic Damage dari 140—180 Magic Damage. Selain itu, regenerasi HP juga sedikit dikurangi menjadi 60—80 HP. Namun, konsumi Mana berkurang menjadi 50—90 Mana dari 50—100 Mana.

Prediksi: Nerf yang didapatkan oleh Alice diprediksi tidak akan menurunkan performanya. Sebab, Alice mendapatkan peningkatan durability yang dapat digunakan untuk menyerang musuh dengan lebih lama.

Di atas kertas, Alice seharusnya masih mampu menghasilkan tingkat Magic Damage yang sama kuat. Belum lagi, Alice juga mendapatkan keuntungan atas penurunan tingkat konsumsi Mana yang membuatnya dapat lebih suistan untuk mengaktifkan skill – Blood Ode.

Ling

Skill 1 – Finch Poise: Penggunaan energi meningkat menjadi nilai konstan 35 energi, sebelumnya 35—25 energi (berdasarkan level skill).

Skill 2 – Defiant Sword: Penggunaan energi meningkat menjadi 40 energi, sebelumnya 40—30 energi (berdasarkan level skill).

Prediksi: Ling merupakan Hero yang sangat mengandalkan penggunaan skill untuk bertarung. Pengurangan energi di atas memang terlihat kecil. Namun, jika kita pertimbangkan perubahan gameplay, khususnya durasi buff yang kini hanya 75 detik (sebelumnya 120 detik, tapi dengan waktu respawn yang lebih lama), pengurangan ini jadi terasa sangat krusial.

Artinya, akan ada jeda 15 detik tanpa buff bagi Ling (waktu respawn buff kini jadi 90 detik). Tentunya, waktu 15 detik akan terasa cukup lama bagi Hero yang sangat butuh buff biru seperti Ling. Makanya, nerf ini akan terasa berpengaruh pada momentum ini.

Hilda

Skill pasif – Blessing of Wilderness: Raihan shield diturunkan menjadi 15% maksimum HP, sebelumnya 20% maksimum HP.

Prediksi: Penurunan raihan shield bagi Hilda hanya akan berpangaruh pada fase early-game sampai mid game saja. Memasuki late game, Hilda lebih mengandalkan raihan item untuk dapat bertahan di tengah gempuran musuh. Sehingga, nerf yang didapatkan Hilda diprediksi tidak akan menurunkan performa pertarungannya.

Lancelot

Skill pasif – Soul Cutter: Peningkatan damage dari setiap charge dikurangi menjadi 7,5% dari 10%.

Prediksi: Penurunan bonus damage diprediksi tidak akan menurunkan performa Lancelot. Sebagai Hero Assassin, Lancelot sudah dibekali dengan raihan Burst Damage yang cukup tinggi. Sedikit pengurangan dari bonus damage bukanlah nerf yang berarti untuk seorang Lancelot.

Harith

Skill 2 – Chrono Dash: Raihan shield dasarnya berkurang menjadi 150—300 poin dari 150—350 poin. Selain itu, bonus Magic Power juga dikurangi menjadi 120% dari 150%.

Prediksi: Tingkat penurunan shield yang dialami oleh Harith memang akan berpangaruh pada daya tahannya. Namun, angkat 50 shield terbilang cukup kecil. Namun, penurunan bonus Magic Power akan berpangaruh pada raihan Magic Damage dari Harith. Sehingga, performa Harith diprediksi akan sedikit menurun pada patch kali ini.

Selena

Skill 1 – Soul Eater (Abyssal): Damage dasarnya dikurangi menjadi 200—350 Magic Damage, sebelumnya 300—400 Magic Damage. Namun, bonus Magic Damage ditingkatkan menjadi 130% dari 110%.

Prediksi: Nerf yang diperoleh Selena diprediksi tidak akan mengubah performa pertarungan Selena. Sebagai Hero Support, Selena masih tetap akan mengerikan dengan deretan kemampuan crowd control (CC) yang berbahaya. Alih-alih menurunkan damage dasar dari Soul Eater, Moonton lebih baik menurunkan tingkat kemampuan CC dari Selena.

Pharsa

Skill Ultimate – Feathered Air Strike: durasi cooldown ditingkatkan menjadi 36—28 detik dari 28—22 detik.

Prediksi: Sebagai skill area yang berbahaya, Pharsa memang sangat mengandalkan Feathered Air Strike untuk membantu dalam pertarungan tim. Peningkatan durasi cooldown dari skill ultimate memang akan membuat Pharsa tidak lebih fleksibel untuk mengaktifkannya.

Namun, penurunan tersebut bukanlah perkara besar. Pharsa masih dapat mengandalkan penurunan durasi cooldown dari raihan item yang dimilikinya. Jadi, enggak usah heran jika dia masih laris manis di Ranked Match.

***

Walau banyak nama Hero yang mendapatkan nerf pada patch 1.5.38, tidak semua nerf tersebut diprediksi akan berpengaruh signifikan untuk menurunkan performa Hero. Hanya ada beberapa nama Hero yang performanya diprediksi menurun pada patch kali ini, seperti Benedetta, Barats, Ling ataupun Lunox. Sehingga, jajaran Hero meta pada patch kali ini diprediksi tidak akan berubah.

Bagaimana menurut kalian dengan deretan Hero yang mendapatkan nerf pada patch 1.5.38 di atas? Silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar. Serta, ikuti terus informasi terkini mengenai Mobile Legends hanya di KINCIR, ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.