Gelaran Mobile Legends Profesiional League (MPL) telah berumur 1 tahun lebih. Tahun lalu, tepatnya pada 1 April 2018, ajang esports terbesar Mobile Legends ini sukses menggelar babak Grand Final dan berhasil mengejutkan pelaku esports di Indonesia. Panggung liga professional kali itu dihadiri oleh Zulkifli Hasan yang menjabat sebagai ketua MPR, berhasil membuat Mall Taman Angrek penuh sesak dengan para gamers.
Setelah dua musim berjalan, kini MPL Season 4 masih mampu mendatangkan para penggemar setia yang antusias untuk membela tim favorit mereka. Buktinya, di hari terakhir babak Regular Season, Minggu (13/10), ada sekitar 2.000 fans yang menyerbu MPL Arena yang bertempat di XO Hall Markas untuk menyaksikan langsung pertandingan panas antara EVOS melawan RRQ. Puncaknya, Grand Final akan digelar di Tennis Indoor Stadium, Jakarta pada 26—27 Oktober 2019.
Memang, cerita tadi hanya menunjukan sedikit dari maraknya perkembangan industri game dan esports di Indonesia. Masih ada game lainnya yang juga mengadakan turnamen seperti MPL. Namun, ajang tersebut dan Mobile Legends bisa dianggap sebagai trendsetter di industri esports game di Indonesia saat ini, fenomena tadi bisa jadi salah satu acuan untuk membayangkan seberapa besar industri kreatif baru ini.
Berkat kesuksesannya, esports berhasil mencuri perhatian pelaku industri dari 2018. Lalu, muncul sebuah pertanyaan penting, tentang seberapa besarkan pasar game di Indonesia saat ini? Serta, bagaimana perkembangannya di masa depan?
Setidaknya, ada 42.9 juta gamers yang ada di Indonesia saat ini. Padahal, di 2015 hanya ada setengah dari jumlah tersebut. Menurut prediksi, lima tahun lagi angka tadi akan meningkat 3 kali lipat. Hal ini bisa terjadi berkat game online yang lebih terjangkau dan dekat dengan masyarakat. Ditambah, esports yang akan jadi ajang kompetitif yang lebih populer sehingga mampu memberikan dampak yang lebih besar lagi.
Menurut data yang dirilis oleh APJII, pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 264 juta. Jika menggabungkan data dari APJII, berarti baru 24 % dari pengguna internet yang masuk ke pasar gamer. Melihat angka tersebut, membuat potensi pasar game di masa mendatang sanagt besar karena ada dua faktor.
Pertama, angka penetrasi internet di Indonesia tahun ini meningkat 10% dari 2018. Kemungkinan besar, jumlah pengguna internet di Indonesia ke depan juga akan meningkat. Walaupun, persentase jumlah pengguna game dan internet masih sama, tetap saja aka nada peningkatan setiap tahunnya.
Kedua, perbandingan antara jumlah pengguna internet di Indonesia dengan pemain game juga, enggak menutup kemungkinan akan meningkat. Mengingat generasi-generasi baru sudah terpapar teknologi sejak dini.
Menurut data dari Moonton selaku publisher dari Mobile Legends, pengguna aktif bulanan game ini di Indonesia mencapai 31 juta orang. Tapi, angka ini belum menghitung pengguna game lainnya. Namun, mengingat sampai hari ini, Mobile Legends masih salah satu game yang paling populer di Indonesia, setidaknya angka tersebut bisa jadi gambaran tentang pasar gamer di Indonesia.
Selain itu, tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh industri game di tanah air adalah soal persepsi publik yang masih negative terhadap kegiatan bermain game. dalam hal mengubah paragima negative inilah esports dapat berperan besar. Pasalnya, salah satu cara paling efektif untuk mengkomunikasikan sisi positif dari bermain game adalah dengan membuktikan langsung kepada orang tua.
Contohnya, Muhammad “Lemon “Ikhsan yang berhasil mengantarkan pemain ini meraih banyak prestasi di skena kompetitif Mobile Legends. Enggak ketinggalan JessNoLimit yang berhasil menjadi bintang baru di Youtube. Hal ini, bisa menjadi bukti untuk orang tua bagaimana anak-anaknya punya penghasilan.
Nah, bagaimana menurut kalian tentang perkembangan esports Indonesia di masa mendatang? Apakah akan lebih besar dari sekarang? Jangan sungkan untuk memberikan komentar kalian di kolom bawah ya! Tetap di KINCIR agar kalian enggak ketinggalan berita seputar esports.