Piala Menpora Esports 2020, Bukti Esports Tetap Eksis di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi virus Corona, enggak sedikit industri yang terkena dampaknya. Pasalnya, beberapa acara besar sekelas pun batal untuk diselenggarakan. Namun, di ranah esports perkembangannya terlihat enggak meredup. Soalnya, masih ada beberapa turnamen yang diselenggarakan secara online. Salah satunya adalah Piala Menpora Esports AXIS 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) bersama IESPL.

Hal ini pun disampaikan oleh Bapak Drs. Gatot Sulistiantoro Dewa Broto selaku Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Giring Ganesha selaku Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 AXIS, Francky Rinaldo Pakpahan selaku Group Head Jabo PT. XL Axiata. Tbk, Aswin Atonie selaku Brand Director Moonton Indonesia, dan Hartamn Harris selaku Co-Founder EVOS Esports dalam acara Virtual Media Talk bertema “Esports di Tengah Pandemi” yang disiarkan disiarkan di YouTube IESPL.

Menurut Bapak Drs. Gatot Sulistiantoro Dewa Broto gelaran turnamen ataupun olahraga terkendala, di ranah esports justru enggak mengalami hambatan. Pasalnya, ranah ini enggak membutuhkan keramaian tetap bisa berjalan dan bisa dijalankan secara online.

“Enggak seperti cabang olahraga konvensional lain, esports memang tidak perlu bertemu dan bisa tetap berjalan karena bisa dilakukan dirumah masing-masing. Jadi enggak usah putus asa untuk komunitas esports karena kami mendukung perkembangannya dengan menghadirkan Piala Menpora Esports 2020 AXIS ini,” ungkap Bapak Drs. Gatot Sulistiantoro Dewa Broto.

Memang, esports berkembang pesat di tiga tahun belakangan ini. Enggak sedikit turnamen yang diadakan untuk komunitasnya. Sebagai game yang membawa pengaruh baik di esports, Mobile Legends pun juga mengadakan turnamen-turnamen dari tingkat amatir, profesional, kancah Asia Tenggara, hingga dunia.

Mobile Legends hadir pada 2017 lalu, kami pun membuat gebrakan dengan menghadirkan turnamen Mobile Legends Southeast Asia (MSC). Dari sana, kita juga bisa melihat perkembangan esports yang terus meningkat. Bahkan, Mobile Legends pun mampu jadi game yang dipertandingkan di SEA Games 2019 lalu. Tim Indonesia pun berhasil menyabet medali perak serta memenangkan kejuaraan dunia, yang diwakili oleh EVOS Esports,” ungkap Aswin Antonie.

Via Tangkapan Layar

Di sisi lain, menurut Hartman Harris keberadaan turnamen-turnamen kecil memang membantu untuk meregenerasi pemain. Apalagi, akan segera berlangsung ajang Piala Menpora Esports 2020 AXIS yang diperuntukan untuk para pelajar.

“Keberadaan esports yang sekarang memang mampu jadi pilihan karier untuk para generasi muda. Maka dari itu, dengan adanya turnamen-turnamen mereka engga hanya bisa jadi pemain profesional. Mereka juga bisa tahu kalau ingin jadi pro player enggak mudah karena adanya tekanan, seperti latihan ekstra,” ungkap Hartman Harris.

Memang, di masa pandemi para penggemar esports enggak bisa mendukung tim favoritnya berlaga di turnamen. Walaupun tetap ada turnamen, ajangnya pun digelar secara online. Hal ini pun jadi tantangan untuk IESPL sebagai salah satu organisasi penyelenggara turnamen.

“Kalau dilihat dari data dan traffic, esports memang berkembang di tengah pandemi. Tantangannya adalah bagaimana kita tetap membuat para sponsor untuk percaya dapat menggelar sebuah turnamen. Melihat dari hype yang terlihat di Piala Presiden Esports 2019 dan 2020, kami juga punya tantangan untuk membuat sebuah turnamen online yang juga mempunyai hype yang serupa dengan ajang offline,” ungkap Giring Ganesha.

Via Tangkapan Layar

Enggak bisa dimungkiri, perkembangan esports harus dibarengi dengan internet yang memadai. Maka dari itu, AXIS pun turun langsung untuk mendukung terselenggarakannya turnamen Piala Menpora Esports 2020 AXIS ini. Akan tetapi, enggak hanya dari sisi game yang meningkat, para pekerja pun memanfaatkan konferensi online untuk bekerja.

“Di masa pandemi ini, masyarakat memang beralih ke dunia digital. Enggak hanya meningkat pada sisi game, tapi juga para masyarakat yang kini melakukan pekerjaan melalui platform konferensi. Kalau dilihat dari trafiknya, game mempunyai persentase sebesar 65%. Jadi, bisa disimpulkan kebutuhan internet meningkat tajam,” ungkap Francky Rinaldo Pakpahan selaku perwakilan AXIS.

Bagaimana tanggapan kalian tentang perkembangan esports di tengah pandemi? Jangan sungkan untuk memberikan komentar kalian di kolom bawah, ya! Tetap di KINCIR agar kalian enggak ketinggalan berita seputar esports.

Bagi kalian yang ingin membanggakan nama sekolah atau universitas kalian, langsung daftarkan diri beserta tim dalam ajang esports terbesar Piala Menpora Esports 2020 AXIS. Dapatkan informasi lebih lanjut terkait sistem turnamen, format kompetisi, atau syarat & ketentuan pendaftaran di situs resmi pialamenporaesports.iespl.id serta akun Instagram @pialapresidenesports serta @iespl.id.

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.