Perlu dicatat, buff Hero Mobile Legends patch 1.6.18 yang dibahas kali ini adalah Hero non-Marksman yang akan dibahas lebih spesifik di artikel selanjutnya!
Moonton akhirnya merilis patch 1.6.18 seiring perayaan ulang tahun kelima Mobile Legends. Update yang masuk dalam bagian Project Next ini memperlihatkan beberapa perubahan besar dalam permainan, mulai dari revamp sampai kehadiran Hero baru, Floryn.
Dalam patch tersebut, Moonton memberikan beberapa penyesuaian Hero yang cukup signifikan. Penyesuaian kekuatan alias buff terbilang sangat penting untuk meta saat ini. Pasalnya, komposisi Hero dinilai menjadi hal yang krusial untuk menentukan tempo dan strategi permainan dalam meta mendatang.
Perlu dicatat, buff Hero Mobile Legends patch 1.6.18 yang dibahas kali ini adalah Hero non-Marksman. Buff Hero Marksman akan dibahas lebih spesifik di artikel selanjutnya!
Hero yang Di-buff di Patch 1.6.18 Mobile Legends
1. Argus
Skill Ultimate – Eternal Evil: Durasi cooldown dikurangi dari 65—55 detik menjadi 36—30 detik, tapi durasi Eternal Evil dikurangi dari 5 detik menjadi 4 detik. Skill ini juga memiliki efek baru yang memungkinkan Argus untuk imun terhadap efek slow.
Prediksi: Argus kini jauh lebih sustain untuk bertarung jangka panjang. Penurunan cooldown skill ultimate yang siginifikan membuat Argus dapat diandalkan dalam berbagai momentum pertarungan.
Sayangnya, peningkatan tersebut terbilang cukup kecil dibandingkan buff untuk Hero-Hero Marksman. Sebab, buff tersebut “ternodai” oleh nerf pada durasi ulti yang dikurangi 1 detik. Padahal, durasi ulti lah yang sebenarnya lebih krusial ketimbang cooldown.
Walaupun Argus mendapatkan sedikit peningkatan performa bertarung, Argus diprediksi tetap akan kesulitan untuk menyesuaikan diri di meta baru nantinya. Enggak heran, kalau buff tersebut dinilai tidak akan membuat Argus masuk menjadi Hero meta dalam patch kali ini.
2. Aulus
Skill Pasif – Fighting Spirit: Peningkatan Physical Attack setiap stack disesuaikan menjadi 3—9 Physical Attack (sesuai level skill ultimate). Bonus Physical Penetration disesuaikan menjadi 1—4 (sesuai level skill ultimate).
Skill 1 – Aulus, Charge!: Kini, skill 1 akan memberikan debuff untuk efek slow ketika digunakan.
Skill 2 – The Power of Axe: Basic Attack yang diperkuat untuk non-minion ditingkatkan dari 2 menjadi 3. Basic Attack yang diperkuat untuk minion ditingkatkan dari 0 menjadi 1. Basic Attack yang diperkuat ketika tidak mengenai unit diturunkan dari 1 menjadi 0. Durasi Basic Attack yang diperkuat dikurangi dari 5 detik menjadi 3 detik saja. Namun, ada penurunan pada regenerasi HP dan Base Damage.
Prediksi: Aulus merupakan Hero yang mendapatkan buff cukup signifikan di patch 1.6.18. Dari skill pasif, Aulus kini memiliki scaling yang cukup baik karena mendapatkan peningkatan Physical Penetration dari patch sebelumnya.
Pada skill – Aulus, Charge, Aulus mendapatkan debuff efek slow yang akan membuatnya sangat sulit untuk ditangkap.
Buff terbesar yang diterima Aulus berada pada peningkatan skill – The Power of Axe. Kini, Aulus dapat mengumpulkan stack Basic Attack Enchanced dengan jauh lebih mudah. Karena, Aulus dapat mengumpulkan tiga stack langsung untuk satu Hero musuh yang terkena pada patch kali ini.
Enggak heran, kalau Aulus diprediksi dapat menjadi salah satu Hero meta yang cukup merepotkan nantinya.
3. Tigreal
Atribut Dasar: Physical Defense dasar dikurangi dari 25 menjadi 20 Defense. Namun, pertumbuhan Physical Defense ditingkatkan dari 4 menjadi 4,5 poin tiap level. Jumlah HP dasar dikurangi dari 2890 menjadi 2690 HP. Namun, pertumbuhan jumlah HP ditingkatkan dari 272 menjadi 292 tiap level.
Prediksi: Tigreal mendapatkan buff hanya dari atribut dasarnya saja. Walau mengalami penurunan atribut dasar, Tigreal tetap mendapatkan peningkatan pertumbuhan Physical Defense dan HP. Sehingga, Tigreal menjadi sedikit lebih tanky di fase late game untuk patch kali ini.
Namun, buff ini diprediksi membuat performa Tigreal melempem di early game. Artinya, kini dia akan lebih sulit buat main rusuh karena mendapat pengurangan atribut di early game.
4. Fanny
Skill 1 – Tornado Strike: Konsumsi energi dikurangi dari 25 menjadi 18.
Prediksi: Buff yang didapatkan Fanny terbilang tidak akan begitu berpengaruh. Pengurangan konsumsi energi hanya membuat Fanny menjadi sedikit lebih sustain untuk menggunakan Tornado Strike saja.
Fanny memang akan lebih cepat mengeluarkan skill saat terbang. Namun, tetap saja selama masih ada Hero counter-nya seperti Khufra atau Chou, Fanny takkan bisa tembus meta.
5. Yi Sun-Shin
Atribut Dasar: Yi Sun-Shin kini digolongkan sebagai Assassin/Marksman dari sebelumnya Marksman/Assassin.
Prediksi: Perubahan role yang didapatkan oleh Yi Sun-Shin tampak sepele, tapi pengaruhnya terbilang cukup besar untuk menunjang performanya di dalam pertarungan.
Sebab, ketika Yi Sun-Shin tidak lagi menjadi Marksman, Yi Sun-Shin kini dapat memaksimalkan potensi item War Axe—sebuah item Physical Attack yang sangat mengerikan untuk meta saat ini.
Potensi tersebut bisa saja membuat Yi Sun-Shin menjadi salah satu Hero core yang cukup mengerikan nantinya. Enggak heran, kalau performa Yi Sun-Shin diprediksi akan meningkat karena pergeseran role menjadi Assassin dalam patch kali ini.
***
Selain kelima Hero di atas, patch 1.6.18 sebenarnya juga mencakup deretan Hero-Hero Marksman yang mendapatkan buff. Namun, karena jumlah Hero Marksman yang mendapatkan buff terlalu banyak, KINCIR akan membahasnya secara spesifik dalam sebuah artikel tersendiri.
Bagaimana menurut kalian dengan deretan Hero yang mendapatkan buff di patch 1.6.18 di atas? SIlahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar. Serta, ikuti terus informasi terkini mengenai Mobile Legends hanya di KINCIR, ya!