Lewat perhelatan Quake Con yang digelar di Texas, Amerika Serikat sejak tanggal 9 sampai 12 Agustus kemarin, Bethesda membeberkan fitur Fallout 76. Lewat sebuah panel pertunjukan dan tanya jawab, Bethesda yang diwakili oleh sang game director, Todd Howard dan eksekutif lain, menjelaskan apa saja fitur dan aspek yang akan ada di Fallout 76 nantinya. Sebelumnya juga, muncul kabar mengejutkan soal ditariknya Fallout 76 dari Steam yang mengharuskan pemain membeli dan mengunduh launcher dari situs mereka, Bethesda.net.
Lewat rilisan video dan panel sebelumnya di E3, mereka sudah menjelaskan beberapa fitur yang ada dalam Fallout 76. Di antaranya adalah leveling & perks yang sudah ada di seri-seri sebelumnya yang dipertahankan untuk dibawa ke Fallout 76. Mereka memang terkenal mempertahankan penamaan statusnya dengan SPECIAL (strength, perception, endurance, charisma, intelligence, agillity, dan luck). Nantinya para pemain akan mengatur kekuatan dan keutamaan karakternya lewat spesifikasi ini.
Untuk perks atau keahlian karakter, para pemain akan menyesuaikan dengan poin-poin SPECIAL yang mereka ambil di mana setiap level up, mereka akan mendapatkan tambahan poin yang akan mendukung perks yang mereka ambil. Lewat karakterisasi ini juga, pemain akan dikhususkan untuk menggunakan senjata yang sesuai dengan perks yang mereka ambil.
Lewat panelnya, seperti yang dilansir dari Rock Paper Shotgun, Fallout 76 nanti, akan mengutamakan anti-griefing atau membatasi interaksi pemain yang bisa merugikan. Para pemain akan bertemu dengan pemain lain namun tidak bisa saling membunuh pada setiap zona yang ada. Ini akan memberi batas zona grinding untuk mencari sumberdaya, zona settlement untuk para pemain berinteraksi dan bertukar, serta zona combat untuk berperang. Tidak ada hukuman atau kehilangan ketika pemain mati, baik karena musuh atau oleh pemain.
Bethesda juga mempertahankan fitur V.A.T.S. atau Video-Assisted Thoracoscopic Surgery yakni fitur turn-based di tengah aksi di mana pemain bisa menembak dengan slow motion. Di fitur game onlinenya nanti, VATS akan dibawa secara real-time. Jadi di dalam gamenya nanti, ketika pemain melakukan V.A.T.S. mereka tidak akan memperlambat waktu namun akan masih bisa memilih bagian sasaran yang ingin mereka tembak.
Yang juga menarik adalah, bocoran mereka soal fitur nuklir yang katanya akan tersebar di dunia Fallout 76. Sebelumnya fitur ini tidak banyak diperbicarakan dan lewat panel tersebut, Bethesda menjelaskan beberapa kunci mekanisme fitur ini. Para pemain akan menemukan Vault atau bunker yang di dalamnya juga terdapat senjata nuklir dan untuk menggunakannya mereka harus menyelesaikan misi tertentu mulai dari mengumpulkan sumberdaya atau mengalahkan musuh-musuh khusus.
Jika berhasil mengumpulkan kode peluncuran nuklir yang tersebar lewat event dan misi itu, para pemain bisa menggunakan nuklir untuk diluncurkan ke area yang mereka kehendaki. Bethesda menjelaskan kalau nuklir ini nantinya akan meledak dan menghanguskan daerah tersebut. Hal ini bukan berarti daerah tersebut tidak akan bisa dikunjungi lagi, tapi justru akan memproduksi musuh dan sumberdaya baru yang akan lebih berguna untuk akhir permainan. Beberapa material khusus untuk crafting item dan equip kualitas tinggi nantinya hanya akan bisa didapatkan dari sini.
Rasanya, Bethesda sudah bisa memberi gambaran yang jelas soal dunia Fallout 76 yang gameplaynya akan disajikan secara online ini. Para pemain akan mencari sumberdaya di zona-zona aman, berusaha hidup berbarengan di zona-zona settlement dan berebut item berkualitas di zona perang. Fitur nuklir yang mereka kembangkan menjadi sesatu yang unik karena nanti akan mampu merusak atau menghasilkan sumberdaya lain yang akan berguna.
Buat lo yang ingin lihat ulang siaran panelnya, lo bisa tonton cuplikan yang disiarkan oleh Gamespot berikut.