7 Drama Korea Hasil Remake dari Serial Mancanegara

Beberapa drama Korea dengan jalan cerita yang menarik ternyata merupakan hasil remake dari serial mancanegara.
– Meski merupakan remake, sejumlah drakor ini enggak kalah populer dari serial orisinalnya dan bahkan meraih berbagai penghargaan.

Drama Korea menjadi salah satu jenis tontonan yang digemari oleh berbagai kalangan, salah satu faktornya adalah karena jalan ceritanya yang menarik. Pihak studio atau sejumlah kreator dari drakor pun seolah enggak kehabisan ide untuk terus menciptakan serial dengan plot yang membuat orang rela duduk berjam-jam untuk menonton.

Salah satu cara yang digunakan oleh para kreator untuk tetap menghadirkan jalan cerita yang menarik adalah dengan me-remake sejumlah serial dari negara lain. Yap, nyatanya hal ini terbilang sudah cukup sering terjadi dalam dunia drama Korea. Bahkan, beberapa drakor hasil remake tersebut bisa dibilang lebih populer ketimbang serial orisinalnya dan mampu meraih rating yang tinggi.

Inilah sejumlah drama Korea yang merupakan hasil remake dari serial mancanegara!

1. Criminal Minds

Via Istimewa

Criminal Minds merupakan sebuah serial TV asal Amerika Serikat yang terbilang cukup populer. Jalan ceritanya berfokus pada sebuah tim criminal profiler yang memecahkan kasus kriminal dengan dibantu oleh sejumlah teknologi canggih. Kepopuleran dari Criminal Minds pun membuatnya mendapatkan remake di sejumlah negara lain, termasuk Korea Selatan.

Selain mengusung judul yang sama, drama Korea Criminal Minds juga mengangkat jalan cerita yang mirip, lengkap dengan berbagai teknologi canggihnya. Dalam versi drakornya ini, pemeran utamanya dibintangi oleh Lee Joon-gi dan juga Moon Chae-won yang pada 2020 bertemu kembali lewat serial Flower of Evil. Kalian yang suka mempelajari isi otak seorang kriminal pun cocok banget buat nonton drakor ini.

2. A World of Married Couple

Via Istimewa

Pada 2020, penggemar drama Korea bisa dibilang terpikat dengan serial A World of Married Couple, enggak terkecuali mereka yang berasal dari Indonesia. Meski sempat terkena protes terkait penggambaran seks bernuansa kekerasan di dalamnya, drakor ini tetap mendapat respons positif karena plotnya yang menarik. Hasilnya, drakor ini pun menempati posisi pertama sebagai serial rating tertinggi sepanjang sejarah pertelevisian Korea Selatan.

Namun, mungkin banyak yang enggak tahu kalau drakor ini ternyata merupakan remake dari sebuah serial asal Inggris yang berjudul Doctor Foster. Premis dari kedua serial ini pun tetap sama, yaitu hubungan rumah tangga yang dibalut perselingkuhan dan balas dendam. Sebagai serial orisinalnya, Doctor Foster bahkan juga meraih ulasan yang positif dan berhasil memenangkan sejumlah penghargaan.

3. A Witch’s Love

Via Istimewa

Buat kalian yang gemar drama Korea, pasti sudah enggak asing lagi dengan sosok Park Seo-joon, ‘kan? Nah, ternyata Seo-joon juga pernah membintangi sebuah drakor yang merupakan hasil remake dari serial mancanegara, yaitu A Witch’s Love. Drakor tersebut merupakan adaptasi dari serial komedi-romantis asal Taiwan yang mengusung judul My Queen.

Jalan cerita yang diangkat dalam serial ini pun sangat ringan, yakni percintaan antara seorang wartawan dengan pemuda yang memiliki usaha sebuah pusat pesanan. Namun, keduanya merupakan orang yang sama-sama telah mengalami pahitnya hubungan cinta sebelumnya. Selain itu, karakter wartawan yang diperankan oleh Uhm Jung-hwa di versi drakornya dikisahkan punya usia lebih tua 14 tahun ketimbang tokoh yang diperankan Park Seo-joon.

4. Life on Mars

Via Istimewa

Dibintangi oleh Jung Kyung-ho, drama Korea Life on Mars merupakan hasil remake dari sebuah serial asal Inggris dengan judul yang sama. Kedua serial ini sama-sama mengangkat tema detektif yang digabungkan dengan konsep perjalanan waktu. Serial orisinalnya pun terbilang sangat terkenal di Inggris dan pernah mendapatkan penghargaan “Serial Drama Terbaik” pada ajang International Emmy Awards 2008.

Kesuksesannya tersebut pun ikut dirasakan oleh Life on Mars versi Korea Selatan. Sebab, meski hanya merupakan sebuah remake, drakor Life on Mars berhasil meraih piala “Best Adaptation of an Existing Format” dalam gelaran Asian Academy Creative Awards 2018.

5. Fated to Love You

Via Istimewa

Fated to Love You merupakan drama Korea rilisan 2014 yang menjadi ajang reuni bagi Jang Hyuk dan Jang Na-ra setelah sebelumnya pernah berada dalam satu serial pada 2002. Dalam drakor ini Jang Hyuk berperan sebagai seorang konglomerat yang memiliki hubungan seks satu malam dengan cewek yang diperankan Na-ra. Masalah pun terjadi ketika sang cewek ternyata hamil akibat insiden tersebut.

Chemistry antara Jang Hyuk dan Na-ra pun menjadi salah satu daya tarik dari drakor ini yang kemudian membuat serialnya mendapat rata-rata rating di angka 9,8%. Namun, ternyata kesuksesan yang diraih oleh drakor ini enggak lepas dari kepopuleran serial aslinya yang berasal dari Taiwan dan mengusung judul yang sama. Bahkan, Fated to Love You versi Taiwan dinobatkan sebagai “Serial TV Terbaik” pada Golden Bell Awards 2008.

6. Suits

Via Istimewa

Pada 2018 lalu, kita disajikan dengan duet Jang Dong-gun dan Park Hyung-sik lewat drakor Suits yang merupakan remake dari serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Hal yang menjadi pembeda dari versi drama Korea dengan serial orisinalnya terletak pada jumlah episodenya. Sebab, drakornya hanya memiliki satu musim yang terdiri atas 16 episode sedangkan serial aslinya punya 134 episode yang dibagi menjadi sembilan season.

Secara garis besar, kedua serial ini mengisahkan seorang pengacara andal yang menggaet mahasiswa dropout untuk menjadi rekannya di bidang hukum. Pada versi serial orisinalnya, Suits turut dibintangi oleh Meghan Markle yang kini telah menikah dengan Pangeran Harry yang merupakan bagian dari Kerajaan Inggris.

7. The Suspicious Housekeeper

Via Istimewa

The Suspicious Housekeeper adalah drama Korea yang merupakan remake dari sebuah serial asal Jepang. Pada versi serial orisinalnya, drama ini mengusung judul Kaseifu no Mita atau dalam bahasa Inggris dapat diterjemahkan I Am Mita, Your Housekeeper. Keputusan SBS untuk menggunakan judul The Suspicious Housekeeper pun sempat mengundang kontroversi karena dianggap melecehkan pekerja rumah tangga.

Terlepas dari kontroversinya tersebut, The Suspicious Housekeeper berhasil meraih rating cukup tinggi selama penayangan 20 episodenya, tepatnya 9,0%. Hal ini pun enggak lepas dari jalan ceritanya yang menarik, yaitu pengurus rumah tangga misterius yang rela disuruh melakukan apapun, termasuk membunuh.

***

Nah, itulah sejumlah drama Korea yang merupakan remake dari serial mancanegara. Dari sejumlah drakor tersebut, adakah yang merupakan favorit kalian? Share pendapat kalian di bawah dan ikuti terus KINCIR untuk artikel menarik seputar drakor lainnya, ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.