drama korea dari drama china

7 Drama Korea Trending yang Ternyata Adaptasi Drama China

Drama Korea dan drama China telah menjadi dua genre drama yang paling populer di dunia. Kedua genre ini memiliki daya tariknya masing-masing, dengan drama Korea yang dikenal dengan kisah cinta yang manis dan romantis, serta drama China yang dikenal dengan kisah yang lebih kompleks dan penuh intrik.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak drama Korea yang merupakan remake dari drama China. Remake drama China  dapat menjadi cara bagi industri drama Korea untuk menarik penonton baru. Drama China memiliki penonton yang beragam, sehingga remake drama China dapat membantu drama Korea untuk menjangkau penonton yang lebih luas.

Tak heran, beberapa adaptasi drama China ini justru populer di Korea Selatan, Apa saja? Simak di bawah ini.

Drama Korea trending yang ternyata adaptasi drama China

1. Mr. Queen

Mr. Queen adalah drama Korea yang diadaptasi dari serial Mandarin yang mengusung judul Go Princess Go. Kisahnya berfokus pada cowok dari masa modern yang terperangkap di tubuh seorang ratu dari era Dinasti Joseon. Berkat ceritanya yang unik, serial Mr. Queen pun sempat membuat media sosial heboh di penayangan perdananya dan enggak boleh dilewatkan oleh para pencinta drakor.

Drama Korea Mr. Queen yang mengambil latar waktu pada era Dinasti Joseon. Meski begitu, cerita kerajaan yang ada di drakor ini dikemas dengan cara yang unik, lucu, dan tentunya lebih segar dengan drama sageuk lainnya.

Dibintangi Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun, drakor ini berhasil meraih rating yang tinggi di penayangan perdananya dan mampu melampaui Start-Up, yaitu sebesar 8%. Hal ini pun membuat Mr. Queen menempati posisi drakor dengan rating penayangan perdana tertinggi ketiga di kanal tvN pada 2020.

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Drama Korea Trending yang Ternyata Adaptasi Drama China

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo jadi drakor yang diadaptasi dari novel China, judulnya Bu Bu Jing Xin karya Tong Hua. Nah, di China sendiri, novel ini udah dijadikan beberapa serial, seperti Palace: The Lock Heart Jade (2011), Scarlet Heart (2011), dan Time To Love (2015).

Ceritanya sebenarnya mirip-mirip sama Mr. Queen Jadi, ada cewek zaman now bernama Go Ha Jin (IU), terus dia time travel ke masa Dinasti Goryeo. Nah, di situ, dia masuk ke tubuh seorang putri kerajaan yang mirip banget namanya Hae Soo.

Selain dibintangi IU, banyak juga aktor muda populer yang ikutan. Mereka adalah Lee Joon Gi, Kang Ha Neul, Nam Joo Hyuk, dan Baek Hyun dari EXO. Nah, menurut Nielsen Korea, rating tertinggi drama SBS ini tuh ada di episode terakhir, mencapai 12,2 persen.

3. You Are My Destiny

Drama Korea Trending yang Ternyata Adaptasi Drama China

Drama Korea You Are My Destiny merupakan remake dari drama China Fated to Love You.  Drama ini tayang di Korea Selatan pada tahun 2014 dan dibintangi oleh Jang Hyuk dan Jang Na Ra. 

Drama ini mengisahkan tentang Kim Mi Young (Jang Na Ra), seorang sekretaris biasa yang bekerja di sebuah firma hukum. Suatu malam, Mi Young bertemu dengan Lee Gun (Jang Hyuk), seorang pewaris perusahaan besar. Keduanya terlibat cinta satu malam, dan Mi Young kemudian hamil.

Drama You Are My Destiny dan Fated to Love You keduanya merupakan drama romantis yang populer di masing-masing negaranya. Drama ini berhasil meraih rating yang tinggi dan mendapat pujian dari kritikus.

4. A Love So Beautiful

Drama Korea Trending yang Ternyata Adaptasi Drama China

A Love So Beautiful, salah satu drama romantis yang diadaptasi dari serial China, sebelumnya udah hits banget pas tayang di sana. Nah, versi Korea-nya juga sempat bikin heboh karena debut akting Kim Yo-han yang sebelumnya telah mendapatkan popularitasnya lewat program survival reality show Produce X 101 dan debutnya sebagai penyanyi K-pop lewat grup X1 dan WEi.

Cerita A Love So Beautiful dimulai pada tahun 2006, di mana para karakternya masih duduk di bangku SMA. So Joo-yeon memerankan karakter Shin Sol-i yang periang dan terbuka dengan perasaannya untuk karakter Cha Heon yang diperankan oleh Kim Yo-han.

5. A Time Called You

Drama Korea Trending yang Ternyata Adaptasi Drama China

Drama Korea terbaru berjudul A Time Called You, yang tayang pada tahun 2023, berhasil mencuri perhatian masyarakat. Drama ini menjadi perbincangan karena merupakan versi remake dari drama China yang populer berjudul Someday or One Day.

A Time Called You mengisahkan kisah seorang perempuan yang masih menyimpan cinta untuk mendiang pacarnya dan melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk mengejar pria yang mirip dengan kekasihnya. Bagi para penikmat drama, A Time Called You dapat dinikmati melalui layanan streaming Netflix!

6. A Korean Odyssey

Drakor yang tidak kalah populer adalah A Korean Odyssey atau Hwayugi. Drama ini diadaptasi dari novel klasik China berjudul Journey to the West, namun ceritanya diinterpretasikan ulang dalam konteks masa kini dengan sentuhan romantis fantasi.

A Korean Odyssey mengisahkan tentang Jin Sun Mi (Oh Yeon Seo), seorang gadis kecil yang memiliki kemampuan melihat hantu. Suatu hari, dia terlibat dalam perjanjian dengan Woo Ma Wang (Cha Seung Won) untuk mengambil sebuah kipas di sebuah tempat.

Ketika tiba di tempat tersebut, dia bertemu dengan Son Oh Gong (Lee Seung Gi), Dewa Kera yang meminta bantuannya agar dibebaskan dari belenggu yang membatasinya. Sayangnya, Son Oh Gong malah menipunya.

Drama ini digarap oleh tiga sutradara sekaligus, yaitu Park Hong Kyun, Kim Jung Hyun, dan Kim Byung Soo, dan mendapat respon yang sangat baik. Menurut AGB Nielsen Korea, drama tvN ini mencapai rating tertinggi pada episode ke-6, yaitu 7,7 persen.

7. A Witch’s Romance

Drama A Witch’s Romance (2014) mengisahkan perjalanan Ji Yeon (Uhm Jung Hwa), seorang perempuan karier yang telah kehilangan kepercayaan pada cinta setelah mengalami patah hati di masa lalu. Takdir membawanya bertemu dengan Dong-ha, seorang laki-laki muda yang mampu membuat jantungnya berdegup lebih kencang.

Meskipun terdapat hambatan perbedaan usia yang cukup besar, Ji Yeon dan Dong-ha menemukan banyak kesamaan di antara mereka, termasuk pengalaman pahit dalam percintaan. Drama ini sebenarnya merupakan sebuah remake dari serial C-drama berjudul My Queen yang telah tayang pada tahun 2009.

Kedua versi drama, baik Korea atau China,  ini meraih popularitas, namun sebagian besar penonton cenderung lebih memilih versi Korea karena adegan-adegan romantisnya yang dinilai lebih mendalam dan lebih sensual.

Nah, dari drama populer di atas, mana yang sudah kamu tonton?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.