Napoleon

Review Film Napoleon (2023)

Napoleon
Genre
  • biopik
  • drama
Actors
  • Ben Miles
  • Joaquin Phoenix
  • Tahar Rahim
  • Vanessa Kirby
Director
  • Ridley Scott
Release Date
  • 29 November 2023
Napoleon
Rating
3 / 5

*Spoiler Alert: Review film Napoleon mengandung bocoran yang bisa saja mengganggu kamu yang belum menonton.

Penggemar sejarah tentunya enggak asing dengan salah satu tokoh penting yang punya peran besar dalam perkembangan Prancis, yaitu Napoleon Bonaparte. Kisah Bonaparte sudah cukup sering diangkat menjadi sebuah film. Nah, sutradara legendaris Ridley Scott baru saja merilis film terbarunya yang mengangkat kisah Bonaparte, yang diberi judul Napoleon.

Di film ini, Bonaparte diperankan oleh Joaquin Phoenix, yang pernah memerankan Oscar lewat perannya di film Joker (2019). Phoenix beradu akting dengan Vanessa Kirby, yang berperan sebagai Josephine, istrinya Bonaparte. Selain Phoenix dan Kirby, film ini juga dibintangi oleh Tahar Rahim, Ben Miles, Ludivine Sagnier, Matthew Needham, dan aktor lainnya.

Trailer Napoleon

Dari judulnya sudah jelas bahwa film ini mengangkat kisah hidupnya Napoleon Bonaparte. Film ini dimulai dengan momen Bonaparte menyaksikan hukuman mati yang dijatuhkan kepada Ratu Marie Antoinette. Setelah kejadian itu, Bonaparte perlahan-lahan menaikkan kariernya di militer hingga dia mendapatkan kesempatannya untuk menjadi kaisar Prancis.

Review film Napoleon

Menampilkan sebagian besar momen penting dalam kehidupan Napoleon Bonaparte

Napoleon

Nama Napoleon Bonaparte mungkin tidak asing bagi banyak orang, tetapi enggak banyak orang yang mengetahui kisah hidupnya secara lengkap. Nah, buat kamu yang ingin tahu tentang kisah kehidupan Bonaparte tetapi terlalu malas untuk membaca, kamu bisa mendapatkan informasi tersebut lewat film ini. Soalnya, film ini menceritakan cukup banyak momen penting di kehidupan Bonaparte, mulai dari dia merintis karier militernya hingga kematiannya.

Film ini menampilkan banyak latar waktu, mulai dari 1793—1821. Kamu seakan diajak seperti membaca buku sejarah selama menonton film ini. Tidak perlu khawatir bakal bingung dengan momen yang sedang diceritakan karena film ini konsisten menampilkan subtitle bertuliskan tahun dan nama kejadian di setiap perpindahan momen pentingnya Bonaparte.

Napoleon menceritakan bagaimana kehidupan Bonaparte dari seorang prajurit biasa hingga menjadi kaisar Prancis. Film ini juga menampilkan sisi dari kehidupan pribadi Bonaparte, khususnya mengenai hubungan Bonaparte dengan istri pertamanya, yaitu Josephine de Beauharnais. Sutradara Ridley Scott dan David Scarpa benar-benar merangkum semua bagian penting dari kehidupannya Bonaparte secara padat lewat film ini.

Joaquin Phoenix dan Vanessa Kirby yang masing-masing menampilkan akting menarik

Napoleon

Proyek Napoleon merekrut dua aktor berprestasi sebagai pemeran utamanya, yaitu sang pemenang Oscar, Joaquin Phoniex, sebagai Napoleon Bonaparte dan nomine Oscar, Vaness Kirby, sebagai istrinya Bonaparte yang bernama Josephine. Mengingat bagaimana prestasi mereka di dunia akting, tentu saja penampilan mereka di film ini tidak perlu diragukan lagi.

Phoenix dan Kirby memerankan karakter mereka masing-masing dengan sangat baik. Ketika Phoenix dan Kirby tampil solo dalam menonjolkan karakternya, keduanya mampu memberikan penampilan yang kuat dan berkesan. Kirby yang jatah tampilnya tidak sebanyak Phoenix pun mampu membuat penampilannya mencuri perhatian di setiap kemunculannya.

Tampilkan adegan peperangan yang epic

Napoleon

Salah satu aspek terbaik yang ditampilkan film ini adalah adegan perangnya. Dengan durasi filmnya yang cukup panjang, sekitar 2 jam 38 menit, Napoleon punya ruang lebih untuk menampilkan cukup banyak adegan perang selain kehidupan pribadinya Bonaparte. Sutradara Ridley Scott dan sinematografer Dariusz Wolski terlihat sekali begitu niat dalam menggarap semua adegan perang yang ditampilkan di film ini.

Poin utama yang membuat adegan perangnya terlihat begitu epic adalah desain produksinya yang begitu niat, mulai dari lokasi hingga wardrobe yang digunakan semua pemainnya. Setiap adegan perang yang ditampilkan film ini juga benar-benar detail memperlihatkan strategi perang yang digunakan. Berhubung filmnya mendapat rating penonton usia 18 tahun ke atas, adegan berdarah-darah yang terjadi selama perang pun diperlihatkan secara lebih realistis.

Sebagian besar film ini memang terasa sunyi. Namun pada beberapa momen epic, sutradara Scott dan penata musik Martin Phipps tidak ragu-ragu menampilkan musik megah dalam mengiringi adegannya. Semua musik dan scoring yang ditampilkan di film ini terasa sesuai dengan momennya dan benar-benar mengiringi filmnya dengan sangat baik.

***

Napoleon merangkum sebagian besar kisah hidupnya Napoleon Bonaparte, mulai dari bagaimana dia mendapatkan titel Kaisar Prancis hingga kehidupan percintaannya. Film ini mengurutkan tahun demi tahun dari setiap momen bersejarah yang dialami Bonaparte. Adegan perang yang ditampilkan film ini pun begitu mendetail dan terasa memuaskan.

Setelah baca review film Napoleon, apakah kamu jadi tertarik menonton film sejarah ini? Buat yang sudah menonton, jangan lupa bagikan pendapat kamu tentang film ini, ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.