Film Bumi Manusia jadi film Indonesia dengan durasi terpanjang

7 Film Indonesia dengan Durasi Terpanjang, Ada yang Sampai 4 Jam!

Selain cerita,durasi sebuah film jadi bahan pertimbangan para sineas. Rata-rata film panjang hanya akan memiliki durasi film selama 90 hingga 120 menit. Akan tetapi ada sejumlah film yang memiliki durasi lebih panjang dari rata-rata film kebanyakan. Ada sejumlah film Indonesia durasi terpanjang yang sempat menarik perhatian.

Di bawah ini adalah sederet film Indonesia yang punya durasi paling panjang. Ada kah film favorit mu di bawah ini? Berikut ringkasannya.

Film Indonesia dengan durasi terpanjang; ada yang sampai 4 jam

7. Tjut Nja’ Dhien -2 jam 30 menit

Film Cut Nja' Dhien jadi film Indonesia durasi terpanjang

Film Indonesia durasi terpanjang hadir dari sutradara Eros Djarot yang tayang pada tahun 1988. Ini adalah film biopik tentang kisah hidup seorang pahlawan perempuan nasional bernama Tjut Nja’ Dhien. Ia adalah istri dari Teuku Umar pemimpin Aceh. Semasa hidupnya Tjut Nja’ Dhien selalu dekat dengan masyarakat dan turut serta membantu mengusir para penjajah.

Tjut Nja’ Dhien jadi film yang fenomenal lantaran diputar di banyak festival film di luar negeri. Film ini juga menasbihkan nama Christine Hakim sebagai aktris top tanah air. Aktingnya dalam film ini benar-benar memukau. Ia harus berakting dalam film berdurasi sangat panjang yakni 2 jam 30 menit.  Namun pada saat penayangan kembali, film ini memangkas durasi jadi 110 menit saja.

6. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck – 2 Jam 30 Menit

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck adalah film Indonesia durasi terpanjang

Diangkat dari novel terkenal karya Buya Hamka. Tenggelamnya Kapal van der Wijck benar-benar menyita perhatian penonton pada tahun 2013. Film besutan Sunil Soraya ini menampilkan kisah cinta yang miris dari seorang laki-laki bernama Zainudin yang perasaannya bertepuk sebelah tangan. Film ini memasangkan Herjunot Ali dan Pevita Pearce sebagai aktor dan aktris utama.

Demi merangkai cerita yang cermat dan enggak membuang banyak kisah dari novelnya, film ini ditayangkan dengan durasi yang begitu panjang. Selama 150 menit, penonton di bioskop akan diajak untuk menyaksikan kisah hidup seorang Zainudin dari miskin hingga jadi penyair yang kaya raya. Waktu tayang ini jadi film Indonesia durasi terpanjang.

5. The Raid 2: Berandal – 2 Jam 30 Menit

The Raid 2: Berandal adalah film Indonesia durasi terpanjang

Sukses dengan film pertamanya yang rilis tahun 2011, film The Raid 2 Berandal akhirnya rilis 2014 tahun berselang. Masih membawa Iko Uwais sebagai aktor utama, film ini enggak kalah menampilkan cerita yang seru nan sadis. Sutradara Gareth Evans mampu meramu cerita dan adegan laga dengan begitu piawai.

Durasi 150 menit film ini dianggap enggak terlalu terasa. Durasi yang begitu panjang ini enggak begitu terasa karena adegan-adegan menegangkan ditampikan hampir setiap menit.

4. Tjokroaminoto: Guru Bangsa – 2 jam 41 menit

Tjokroaminoto: Guru Bangsa adalah film Indonesia durasi terpanjang

Membuat film biopik memang harus ditampilkan dengan detail. Karena itu rata-rata film biopik punya durasi yang panjang. Tapi, dalam sejarah film Indonesia, film biopik dengan durasi terpanjang jatuh pada Film Tjokroaminoto: Guru Bangsa. Film ini memuat cerita sang guru bangsa sejak kecil hingga menjadi tauladan.

Sepanjang 2 jam 41 menit film ini diputar di bioskop, menjadikannya salah satu film Indonesia durasi terpanjang. Sutradara Garin Nugroho menggandeng Reza Rahadian sebagai aktor utama pemeran HOS Tjoroaminoto. Durasi panjang ini berguna untuk menceritakan detail demi detail kisah penting dari seorang guru para pejuang.

3. Janur Kuning – 3 Jam

Janur Kuning adalah Film Indonesia durasi terpanjang

Menceritakan tentang kisah perjuangan pahlawan Indonesia kala agresi militer Belanda. Film ini memuat banyak adegan pertempuran dan intrik yang terjadi. Janur Kuning tayang pada tahun 1979 dan ditampilkan lewat durasi yang cukup panjang hingga 3 jam non stop.

Film ini sempat digadang sebagai film propaganda untuk pemerintahan orde baru. Pasalnya, jagoan utama dalam film ini adalah Jendral Soeharto yang saat itu tengah menjabat sebagai Presiden Indonesia.

2. Bumi Manusia – 3 Jam 1 Menit

Bumi Manusia adalah film Indonesia dengan durasi terpanjang

Salah satu novel paling terkenal sepanjang masa Bumi Manusia akhirnya dibuat menjadi film panjang pada tahun 2019. Film ini digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo yang sudah mengantongi izin dari penulisnya Pramoedya Ananta Toer untuk memfilmkan novel tersebut. Sebagai pemuja karya Pram, Hanung tahu betul cara mengubah novel panjang ini menjadi film yang menarik.

Ia enggak mau mengesampingkan banyak momen dalam novel ketika dibuatkan film. Soalnya itu film ini punya durasi yang lama. Selama 181 menit film Bumi Manusia yang diperankan iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva ini berjalan. Meski sudah memiliki durasi 3 jam, masih ada beberapa adegan dalam novel yang tertinggal dan enggak sempat tayang dalam film.

1. Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI –  4 jam 29 menit menit

Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI adalah film Indonesia dengan durasi terpanjang

Terakhir ada film yang rekor durasinya belum terpecahkan sampai saat ini. Penumpasan Pengkhiantan G 30 S/PKI adalah film yang dibuat tahun 1984. Film ini dirangkai atas permintaan Soeharto sebagai Presiden Indonesia saat itu. Film ini menceritakan detik-detik terjadinya pembantaian para jendral TNI pada 30 September tahun 1965 lalu.

Pada akhirnya hari itu dijadikan hari kesaktian Pancasila. Dulu saat filmnya ditayangkan siswa-siswa sekolah diminta untuk menontonnya. Sampai sekarang film itu kerap diputar di televisi setiap tanggal 30 September. Karena hendak memberi detail kejadian, maka durasi film ini mencapai 4 jam 29 menit. Sebuah durasi yang sangat panjang dan hampir enggak mungkin dipecahkan pada masa-masa ini.

Itu dia sederet film Indonesia durasi terpanjang. Selain tujuh film tadi ada juga Film Sultan Agung yang punya durasi panjang hingga 148 menit atau Film Gie yang punya durasi 147 menit.

Nah dari tujuh film Indonesia di atas, mana yang menurut kamu durasinya memang pantas dibuat panjang?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.