5 Drama Korea yang Terpaksa Batal Tayang karena Alasan “Konyol”

Meski sudah ditunggu, deretan drama Korea ini akhirnya batal tayang karena berbagai macam alasan. Manakah yang kamu sayangkan?


Drama Korea memang menjadi salah satu jenis tontonan kesukaan banyak orang. Bahkan, drakor bukan cuma jadi tontonan populer di negara asalnya saja. Berkat kepopulerannya, sejumlah drakor ada yang berlanjut hingga musim kedua atau bahkan ketiga saking banyaknya orang yang suka dengan serialnya.

Namun, beberapa drama Korea berikut ini justru mengalami nasib yang cukup malang. Soalnya, deretan drakor ini batal tayang karena alasan yang cukup konyol meski sudah dinantikan oleh banyak orang. Salah satu drakor ini sebenarnya sudah ada yang sempat tayang untuk beberapa episode, tapi akhirnya terpaksa berhenti total karena alasan tertentu.

Nah, berikut ini KINCIR akan membahas deretan drama Korea yang terpaksa batal tayang. Yuk, simak!

Drama Korea yang terpaksa batal tayang

1. Wolf – Insiden di lokasi syuting

Drama Korea yang terpaksa batal tayang
Drama Korea yang terpaksa batal tayang Via Istimewa.

Drama Korea Wolf sebenarnya sudah sempat tayang sebanyak tiga episode pada 2006 lalu lewat kanal MBC. Namun, drakor Wolf benar-benar berhenti tayang setelah baru rilis tiga episode dari total 16 episode yang ada dalam rencana awalnya.

Pembatalan penayangan Wolf ini berawal dari insiden yang terjadi pada lokasi syutingnya. Pasalnya, Eric yang merupakan aktor utamanya serta aktris Han Ji-min mengalami cedera ketika tertabrak mobil stunt saat sedang berada pada lokasi syuting. Hal ini kemudian menyebabkan proses produksinya mengalami penundaan untuk sementara.

Proses syutingnya pun rencananya dimulai kembali beberapa bulan kemudian setelah kedua pemerannya pulih. Namun, karena proses syutingnya kerap mengalami penundaan dan sudah berlangsung cukup lama, MBC akhirnya memutuskan untuk membatalkan secara total penayangan drakornya.

2. Prometheus – Semua aktor utama mundur

Drama Korea yang terpaksa batal tayang
Drama Korea yang terpaksa batal tayang Via Istimewa.

Prometheus menjadi salah satu drama Korea yang cukup dinantikan pada 2018 lalu. Soalnya, drakor ini menggandeng sejumlah aktor ternama sebagai pemerannya, seperti Jin Goo, Ha Ji-won, dan juga Park Ki-woong. Drakor ini juga memiliki premis yang cukup yang unik, yaitu petualangan seorang agen NIS dalam mencari ilmuwan asal Korea Utara yang menghilang secara misterius.

Sayangnya, Ha Ji-won memutuskan untuk mundur dari drakor ini karena proses syutingnya yang kerap mengalami penundaan sehingga mengganggu jadwal proyeknya yang lain. Hal ini kemudian membuat Jin Goo dan Park Ki-woong ikut mundur dari drakornya sehingga mereka kehilangan semua pemain utamanya.

Pihak MBC pun sempat membuka audisi kembali untuk mencari pemeran pengganti dari tiap karakter yang kehilangan aktornya tersebut. Namun, pihak rumah produksi dari Prometheus akhirnya memutuskan untuk membatalkan total produksinya sehingga drakornya batal tayang.

3. Four Sons – Konflik antara aktor utama dengan tim produksi

Drama Korea yang terpaksa batal tayang
Drama Korea yang terpaksa batal tayang Via Istimewa.

Selain Prometheus, ada satu drama Korea lagi yang batal tayang pada 2018 lalu, yaitu Four Sons. Drakor bergenre thriller ini seharusnya berkisah tentang pria yang mencari tahu penyebab kematian ibunya. Drakor ini bahkan sudah memiliki pemeran utama, yaitu Park Hae-jin dan juga Nana ‘After School’.

Park Hae-jin dan Nana pun sudah melangsungkan proses syuting untuk beberapa episode. Namun, Hae-jin tiba-tiba mengalami konflik dengan tim produksi drakornya karena terlalu ikut campur. Konflik ini bahkan sempat berlanjut hingga ke pengadilan dan dimenangkan oleh pihak Hae-jin sehingga sang aktor memutuskan untuk meninggalkan drakor tersebut secara permanen.

Nana juga akhirnya mundur sebagai pemain dari drakor tersebut karena proses produksinya yang kerap mengalami penundaan. Posisi Nana pemeran utama perempuan pun sudah sempat tergantikan oleh Lee Si-ah yang akan syuting ulang segala adegan drakornya. Namun, Four Sons akhirnya batal tayang seutuhnya karena enggak menemukan stasiun TV yang mau menayangkannya.

4. School 2020

Drama Korea
Drama Korea Via Istimewa.

School 2020 merupakan drakor yang seharusnya menjadi seri kedelapan dari franchise School yang sangat populer. Dalam rencana awalnya, pemeran utama dari drakor ini adalah Kim Yo-han dan juga Ahn Seo-hyun. Namun, tim produksi akhirnya mengeluarkan Seo-hyun dari drakor ini karena mereka mengalami perselisihan dengan ayah sang aktris tentang konsep serialnya.

Tim produksi pun sempat menawarkan posisi peran Seo-hyun kepada aktris Kim Sae-ron. Namun, Kim Sae-ron menolak tawaran tersebut sehingga membuat proses produksi drakornya belum juga mulai. Hingga akhir 2020 drakor ini pun belum juga melangsungkan syuting sehingga batal tayang pada tahun tersebut.

5. Joseon Exorcist – Dianggap melecehkan sejarah

Via Istimewa

Joseon Exorcist adalah drakor sageuk atau historikal tentang kerajaan yang berperang melawan roh jahat yang ingin menghancurkan Dinasti Joseon. Meski mengambil beberapa aspek dari sejarah Korea, kisah dari drakor ini adalah fiktif karena turut mengangkat tema supernatural. Namun, drakor ini tetap menuai kontroversi usai penayangan dua episode perdananya karena dianggap melecehkan sejarah.

Kontroversi pertama muncul saat adegan episode pertamanya menampilkan makanan serta busana khas Tiongkok yang dipakai karakternya. Hal itu menjadi kontroversi, karena tak sesuai dengan kondisi sejarah aslinya, serta hubungan Korea Selatan dan Tiongkok yang saat itu sedang panas. Selain itu, beberapa tokoh sejarah dalam drakor ini juga dianggap punya sikap yang tak sesuai dengan aslinya.

Akibat banyaknya hal yang tak akurat, banyak masyarakat Korea Selatan yang membuat petisi ke kantor presiden buat menghentikan penayangan Joseon Exorcist. Pihak SBS pun akhirnya membatalkan penayangan drakor ini, meski baru rilis dua episode. Sebab, meski mengalami kerugian besar karena telah menyelesaikan 80% produksinya, SBS tetap merasa bertanggung jawab atas kontroversinya.

***

Nah, itulah sejumlah drama Korea yang batal tayang karena alasan konyol. Dari sejumlah drakor tersebut, manakah yang tak kamu sangka mengalami pembatalan?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.