Keberadaan pandemi Corona memang menghambat pertumbuhan dari beberapa industri. Soalnya, virus ini membuat di seluruh dunia harus tetap berada di rumah agar enggak terinfeksi. Berbeda dengan esports, walaupun beberapa turnamen besar terpaksa dibatalkan atau diundur pada awal penyebarannya, kini industri ini tetap bisa berkembang dengan mengadakan turnamen online.
Memang, turnamen esports yang diselenggarakan secara online terbukti tetap membuat industri ini bertumbuh. Tapi, hal ini jadi tantangan baru untuk pihak penyelenggara, misalnya, Indonesia Esports Premier League (IESPL) yang akan segera menggelar turnamen Piala Menpora Esports 2020 AXIS.
“Tantangan untuk menggelar turnamen di tengah wabah adalah, bagaimana para sponsor masih percaya dengan esports dan siap untuk berinvestasi untuk masa depan atlet Indonesia,” ungkap Giring Ganesha selaku Presiden IESPL dan juga Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 AXIS.
Melihat hal ini, IESPL pun bersemangat untuk mengadakan sebuah turnamen secara online. Sebelumnya, organisasi tersebut memang berhasil menyedot perhatian dengan turnamen offline yang menyediakan panggung berkelas internasional dan menguatkan hype yang bisa membuat para penggemar senang. Dikesempatan ini, IESPL pun dituntut untuk mengutamakan keselamatan seluruh orang yang akan terlibat di turnamen ini.
“Perbedaan dari Piala Presiden Esports memang di hype pada turnamen offline-nya. Tugas kita adalah, membuat hype yang sama pada Piala Menpora Esports 2020 AXIS, walaupun harus berjalan secara online. Antusiasme juga telah terlihat sejak 3 hari pendaftaran hampir memenuhi kuota yang disediakan,” ungkap Giring.
Menurut data dari IESPL, industri game di Tanah Air menyentuh peringkat ke-12 dari seluruh dunia. Pemain aktif menyentuh angka 62,1 juta orang. Di tengah pandemi yang menghambat beberapa industri, esports justru enggak meredup. Melihat hal ini, MENPORA pun sepakat untuk mengadakan sebuah turnamen yang tetap mensosialisasikan bahaya COVID-19 dan social distancing.
“Bapak Dr. H. Zainudin Amali (Menteri Menpora) bertanya kepada saya tentang perkembangan esports. Memang, di tengah pandemi esports bisa tetap berjalan. Maka dari itu, Piala Menpora Esports 2020 AXIS harus menerapkan tiga hal, yaitu pencarian talenta baru, mengadakan turnamen di tengah pandemi, dan tetap harus mensosialisasikan bahaya COVID-19 dan social distancing,” ungkap Giring.
Bagaimana tanggapan kalian dengan tantangan IESPL untuk menggelar Piala Menpora Esports 2020 AXIS secara online? Jangan sungkan untuk memberikan komentar kalian di kolom bawah, ya! Tetap di KINCIR agar kalian enggak ketinggalan berita seputar esports.
Buat kalian pelajar yang gemar mabar Mobile Legends dengan teman satu sekolah, apalagi yang berumur 16 sampai 24 tahun. Ayo, uji kemampuan kalian untuk memenangkan turnamen Mobile Legends dan langsung daftar di Piala Menpora Esports 2020 AXIS!