5 Bintang Hollywood yang Berperan Ganda dalam Satu Film (Bagian 1)

Sebuah film biasanya menampilkan berbagai macam peran demi membangun keutuhan cerita. Mulai dari peran utama hingga figuran, semua memiliki porsi masing-masing dan dibawain oleh para pemeran yang berbeda-beda. Namun, ada kalanya seorang bintang film dipercaya untuk melakoni lebih dari satu peran dalam sebuah film.

Biasanya, para aktor dan aktris yang berperan ganda dalam sebuah film memang punya kelebihan tersendiri. Sutradara pun tertarik untuk menggali potensi tersebut sehingga menjadikannya sensasi buat penonton. Alhasil, peran ganda sang bintang jadi daya tarik lebih bagi filmnya.

Lantas, siapa ajakah para aktor dan aktris Hollywood yang telah dipercaya melakoni peran ganda dalam satu film. Coba lihat daftarnya di bawah ini!

 

1. Eddie Murphy (Norbit)

Via Istimewa

Barangkali kita semua satu suara untuk mengatakan bahwa aktor yang satu ini adalah sosok multitalenta. Aktor sekaligus komedian ini bisa melakoni peran apa pun. Mulai dokter hingga pejabat, semua bisa dia bawakan secara total.

Totalitasnya kembali teruji kala dia bermain dalam film Norbit (2007). Film garapan Brian Robbins ini pantas jadi salah satu karya kebanggaan Murphy. Soalnya, dia sanggup mainin tiga peran yang punya sifat dan karakteristik berbeda-beda!

Selain jadi pemeran utama, Norbit, Murphy juga main sebagai Mr. Wong dan cewek berbadan besar bernama Rasputia. Saking bedanya, lo bisa aja enggak sadar bahwa tiga karakter ini dimainin oleh satu orang yang sama.

 

2. Mike Myers (Austin Powers in Goldmember)

Via Istimewa

Selain Eddie Murphy, Mike Myers juga jadi sosok komedian kocak kebanggaan Amerika. Enggak hanya kocak, Myers juga bisa dibilang multitalenta. Di film Austin Powers in Goldmember (2002), Myers berhasil membuktikan anggapan tersebut dengan mainin empat karakter sekaligus.

Di film komedi laga bertemakan mata-mata ini, Myers berperan sebagai Austin sang protagonis. Dia juga ngebawain karakter Fat Bastard, Dr. Evil, sampai sosok Goldmember! Semuanya dia peranin dengan penuh totalitas karena mesti berganti-ganti wajah dan bentuk tubuh.

3. Nicolas Cage (Adaptation)

Via Istimewa

Semua pencinta film Hollywood tentu enggak asing dengan sosok yang satu ini. Salah satu film yang dia bintangi dan berhasil memukau dunia adalah Adaptation (2002). Film komedi ini memang cukup berhasil menarik perhatian banyak penggemar. Sampai-sampai IMDb  kasih rating 7,7 dan Rotten Tomatoes  91% buat film garapan Spike Jonze ini.

Salah satu daya tarik film ini adalah peran ganda dari Cage. Aktor veteran yang mukanya kerap jadi bahan meme ini mesti memainkan dua peran sekaligus. Pertama, dia berperan sebagai penulis naskah bernama Charlie Kaufman. Kedua, sebagai Donald Kaufman.

Keduanya memang saudara kembar. Namun, membuat penonton bisa membedakan dua karakter ini justru adalah tugas berat. Cage pun berhasil melakukan misinya dengan baik.

 

4. Tom Hanks (Cloud Atlas)

Via Istimewa

Siapa, sih, di dunia ini yang enggak terpikat sama aktingnya Tom Hanks? Aktor senior ini tentu bisa dibilang maestro perfilman Hollywood. Mulai dari peran kocak sampai peran penuh drama bisa dia lakoni dengan baik dan memikat!

Makanya, pas Tom Tykwer beserta Lana dan Lilly Wachowski memutuskan Hanks sebagai pemeran utama Cloud Atlas (2012), mereka enggak salah orang. Meski udah berusia senja, Hanks masih mampu berperan secara total. Enggak tanggung-tanggung, dia bahkan meranin enam karakter berbeda!

Bukan maksud mengirit biaya produksi. Hal itu memang jadi masuk akal karena ada enam cerita yang dibangun dalam film ini. Keenamnya saling berhubungan dan membangun kesatuan tersendiri. Beda era, beda lokasi, beda kisah, dan beda karakter. Namun, Hanks mampu membawakan enam peran tersebut secara matang.

5. Amy Adams (Night at the Museum: Battle of the Smithsonian)

Via Istimewa

Kalau ngikutin film Night at the Museum (2006), harusnya lo sadar ada yang unik di antara karakter-karakter dalam film tersebut. Apalagi di sekuelnya yang rilis pada 2009. Yap, dalam Battle of the Smithsonian, lo bisa lihat aksi Amy Adams berperan ganda.

Adams berperan sebagai Tess dan salah satu sosok bersejarah dari Amerika, Amelia Earhart. Dua peran ini tentu berbeda, mulai dari penampilan sampai kelakuan. Gara-gara totalitasnya meranin dua peran sekaligus, Adams berhasil diperhitungkan dalam penghargaan film.

***

Aktor dan aktris Hollywood di atas berhasil menjawab kepercayaan dari para sutradara untuk melakoni peran ganda. Sebenarnya, selain mereka, masih ada beberapa nama lagi yang mampu meranin banyak karakter dalam satu film. Tunggu apa lagi? Buruan tengok daftar bagian keduanya, ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.