ten hag

Deretan Pelatih Nganggur yang Bisa Gantikan Ten Hag Jika Dipecat MU

Rentetan hasil yang kurang baik di awal musim membuat banyak mata tertuju pada Manchester United. Nahkoda mereka, Eric ten Hag jadi orang yang paling tersorot tentang enggak stabilnya performa MU. Sampai-sampai isu pemecatan ten Hag mencuat karena penampilan MU yang enggak konsisten.

Nah, apabila ten Hag benar-benar dipecat. Ada sederet pelatih nganggur yang mungkin bisa dipinang untuk menggantikan pelatih berusia 54 tahun itu dari kursi kepelatihan.

Calon pelatih pengganti Ten Hag

1. Massimilliano Allegri

Nama yang satu ini bukanlah nama pelatih tanpa prestasi. Pengalamannya di AC Milan dan Juventus berujung pada 14 koleksi piala sepanjang karier kepelatihannya. Terakhir ia menukangi Juventus dari tahun 2021 sampai 2024. Sayangnya performa Juve menurun beberapa musim terakhir dan membuat ia hengkang.

Kini, Allegri sedang mengaggur dan namanya sudah dikait-kaitkan dengan Manchester United. Ada kemungkinan allenatore berusia 57 ini dikontrak United misal ten Hag lengser. Hanya saja jika Allegri benar melatih Man. United, fans MU harus bisa menyesuaikan diri melihat tim setan merah jadi lebih sering bertahan.

2. Joachim Loew

Nama Joachim Loew dikenal ketika ia jadi asisten Jurgen Klinsmann di timnas Jerman. Kariernya semakin baik ketika Klinsmann mundur dan dia ditunjuk untuk menggantikan. Uniknya, ketika ia menukangin timnas Jerman, Der Panzer berhasil justru menjuarai Piala Dunia tahun 2014. Permainanan yang impresif jadi ciri khas Low kala melatih.

Kini Low menganggur setelah terakhir kali melatih pada tahun 2021 lalu. Manchester United yang mungkin butuh pengganti cepat jika memecat ten Hag bisa menghubungi Joachim Loew. Salah satu kekurangan Loew adalah ia sudah lama enggak melatih klub. Jadi, mungkin perlu adaptasi khusus buat Loew menukangi klub apalagi sebesar Manchester United.

3. Edin Terzic

Terzic hampir sukses membawa Dortmund menjuarai banyak gelar. Ia seharusnya dapat menjuari Bundesliga kalau saja pada pertandingan terakhir Dortmund enggak kehilangan poin. Bersama Terzic Dortmund juga mencapai babak final Liga Champions setelah terakhir kali menapakinya pada 11 tahun lalu.

Setelah gagal membawa pulang trofi si kuping besar, Terzic memilih mundur dari kursi kepelatihan Dortmund dan kini tengah menganggur. Manchester United mungkin bisa mengubunginya jika benar-benar memecat ten Hag. Pelatih muda seperti Terzic yang enggak segan mengambil tindakan tegas terhadap pemain mungkin bisa jadi pilihan untuk menukangi si setan merah. Selain itu pelatih-pelatih dari Jerman punya kenangan yang baik di Premier League.

4. Thomas Tuchel

Salah satu nama pelatih Jerman yang cukup sukses di Liga Inggris adalah Thomas Tuchel. Bersama Chelsea ia berhasil menyumbang dua  trofi. Salah satunya adalah trofi Liga Champions. Namun permainan the blues enggak kunjung membaik setelah memenangkan Liga Champions, penurunan itu yang membuat Tuchel dipecat. Setelah dari Chelsea, Tuchel melatih Bayern Munchen dan kembali gagal meraih trofi bergengsi.

Kini Tuchel sedang menganggur dan namanya bisa jadi pilihan bagi Man. United jika ten Hag benar-benar dipecat. Walaupun sepertinya kecil kemungkinan MU mengontrak Tuchel lantaran hasil buruk dua klub terakhir yang ia tukangi.

5. Xavi Hernandez

Selesai dengan Barcelona, kini legenda La Blaugrana itu belum melatih kembali. Xavi Hernandez sebetulnya pelatih muda yang potensial, sejak masih bermain sebagai gelandang, Xavi selalu bisa menerjemahkan strategi pelatih dengan baik. Karena itu meski hanya melatih tiga tahun, Xavi tetap berhasil menyumbang dua trofi untuk Barcelona.

Xavi Hernandez bisa saja jadi pilihan Man. United apabila klub ini benar-bener menendang Erik ten Hag. Xavi yang notabenenya pelatih muda mungkin bisa lebih dapat berkomunkasi dengan baik pada pemain-pemain setan merah yang selama ini diisukan enggak bisa diatur.

6. Zinedine Zidane

Terakhir ada Zinedine Zidane, pelatih yang satu ini sepanjang karier kepelatihannya hanya melatih Real Madrid. Zidane memberi Madrid sembilan trofi termasuk tiga trofi Liga Champions. Tentu prestasi ini bukan prestasi sembarangan. Setelah seolah menamatkan karier sebagai pelatih di Real Madrid, Zidane memilih untuk hiatus sampai sekarang.

Kini, Zidane tengah istirahat dan enggak mau ambil pekerjaan terlebih dahulu. Tapi, namanya beberapakali dikaitkan untuk bergabung dan melatih Man. United. Hanya saja fans United harus sabar karena sepertinya Zidane enggak akan melatih Man. United sebab dia sempat bilang di sebuah wawancara jika dirinya masih ingin rehat dari dunia kepelatihan. Dia juga bilang kalau dirinya enggak fasih berbahahasa Inggris dan khawatir enggak bisa berkomunikasi dengan baik kepada para pemain.

***

Itu tadi sederet nama pelatih nganggur yang bisa jadi gantikan ten Hag jika di tengah jalan, pelatih asal Belanda itu benar-benar dipecat. Selain ke enam nama tersebut MU juga dikaitkan dengan beberapa pelatih yang masih memiliki kontrak dengan sebuah tim seperti Simone Inzaghi di Inter atau Julian Nagelsmann dengan timnas Jerman.

Buat kamu fans United, kamu lebih memilih keputusan yang mana? Pecat atau pertahankan ten Hag?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.