5 Pemain Manchester United yang Dibuang Ten Hag tapi Bersinar di Klub Baru

Manchester United adalah salah satu klub sepakbola dengan basis penggemar terbesar di dunia saat ini. Sayangnya, di tangan pelatih Erik Ten Hag, performa tim Setan Merah ini tak kunjung membaik selepas ditinggal Sir Alex Ferguson pada 2013 silam.

Di tangan Erik Ten Hag yang telah memasuki musim ketiga, Manchester United telah banyak melakukan perubahan salah satunya dengan melepas beberapa pemain utama yang dianggap tidak cocok dengan Erik Ten Hag.

Uniknya, setelah dilepas justru beberapa mantan pemain Manchester United tersebut sukses tampil gemilang bersama klub barunya. Bahkan, tidak sedikit pula yang sukses menjadi bintang di tim baru mereka.

Lantas, ada siapa saja mantan pemain Manchester United yang sukses tampil gemilang di tim baru mereka setelah dilepas Erik Ten Hag? Berikut ulasan selengkapnya!

Ini 5 Mantan Pemain Manchester United yang Apik di Tim Baru!

1. Cristiano Ronaldo: Jadi Ikon di Al-Nassr

Cristiano Ronaldo meninggalkan Manchester United pada akhir 2022 dalam kondisi yang cukup kontroversial. Setelah wawancara eksklusif dengan jurnalis Piers Morgan yang membahas ketidakpuasannya di Old Trafford, Ronaldo sepakat untuk mengakhiri kontraknya lebih awal. Beberapa bulan kemudian, ia menandatangani kontrak dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr.

Meski pindah ke liga yang kurang dikenal dibandingkan liga-liga top Eropa, Ronaldo tetap menunjukkan bahwa ia masih memiliki insting yang tajam. Ia terus mencetak gol dengan konsistensi yang mengagumkan, bahkan di usianya yang sudah menginjak 38 tahun.

Dengan pengalaman dan kemampuan teknisnya, Ronaldo menjadi bintang utama dalam mengangkat prestasi Al-Nassr di kompetisi domestik dan regional. Kehadirannya juga meningkatkan profil Liga Pro Saudi, yang saat ini mulai menarik perhatian banyak pemain bintang lainnya.

2. Mason Greenwood: Peluang Kedua di Marseille

Dibuang Erik Ten Hag, Ini 5 Mantan Pemain MU yang Bersinar di Klub Baru!

Setelah sempat mengalami masalah hukum yang menghambat kariernya di Manchester United dan Inggris, Mason Greenwood akhirnya menemukan pelabuhan baru di Marseille, Prancis. Ya, pada musim 2024/2025, Greenwood bergabung dengan klub Ligue 1 tersebut dengan status permananen dari Manchester United.

Di Marseille sendiri, Greenwood langsung sukses tampil gemilang dan menjadi bintang baru. Dalam 7 laga bersama Marseille, Mason Greenwood berhasil mencatatkan 5 gol dan 7 assist.

Sebelum di Marseille, Greenwood juga tampil gemilang bersama Getafe di musim sebelumnya. Ia telah menunjukkan potensi besar dengan beberapa penampilan yang menjanjikan di liga Spanyol. Cukup mengherankan tentunya bagi Manchester United melepas pemain dengan potensi seperti Greenwood tentunya.

3. Jadon Sancho: Jadi Bintang Chelsea

Jadon Sancho mengalami pertikaian hebat dengan Erik Ten Hag di musim 2023/2024 lalu. Akibatnya, ia pun tersisih dari tim utama Manchester United dan dipinjamkan ke Borussia Dortmund. Di tim Jerman tersebut, Sancho pun sukses menembus babak final Liga Champions.

Pada musim 2024/2025 ini, Jadon Sancho pun akhirnya dilepas ke Chelsea dengan status pinjaman plus opsi pembelian di akhir musim. Di klub London tersebut, Sancho justru menunjukan kualitas terbaiknya.

Bersama Chelsea di Liga Inggris, Jadon Sancho sukses tampil gemilang dan ia terlihat tampil lebih bebas. Dalam pertandingan, Sancho berhasil mengumpulkan 3 assist yang sukses membawa Chelsea menempati peringkat 4, jauh di atas Manchester United di rank 13.

4. David de Gea: Bangkit di Fiorentina

David de Gea meninggalkan Manchester United pada akhir musim 2022/2023 setelah kontraknya berakhir. Meskipun ia dikenal sebagai salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah United, De Gea tidak mendapatkan perpanjangan kontrak di Old Trafford karena Erik Ten Hag memutuskan untuk mendatangkan Andre Onana sebagai kiper utama.

Keputusannya untuk tidak segera bergabung dengan klub lain mengejutkan banyak orang, mengingat kualitasnya yang masih mumpuni. Ia pun istirahat selama satu musim dan baru comeback di musim 2024/25 ini bersama Fiorentina.

Meski istirahat satu musim, kemampuan De Gea ternyata belum pudar sama sekali. Bersama Fiorentina ia sukses tampil gemilang dan membuat banyak penyelamatan gemilang. Yang paling fenomenal, adalah ketika ia mampu dua kali melakukan saves ketika melawan AC Milan!

5. Scott McTominay: Unjuk Gigi di Napoli

Dibuang Erik Ten Hag, Ini 5 Mantan Pemain MU yang Bersinar di Klub Baru!

Scott McTominay adalah salah satu produk akademi Manchester United yang terus berkontribusi di lini tengah meski sering kali tidak menjadi pilihan utama. Pada musim 2023/2024, McTominay tetap bertahan di United meski banyak rumor transfer yang mengaitkannya dengan klub lain, terutama dari Premier League.

Meski tampil tidak terlalu buruk, Scott McTominay justru dijual Erik Ten Hag pada musim 2024/2025 ini ke Napoli. Uniknya, McTominay pun langsung sukses unjuk kualitas bersama Napoli di Serie A dan Coppa Italia.

Total dalam 6 laga bersama Napoli, Scott McTominay sukses mencatatkan 2 gol. Legenda sepakbola Italia, yaitu Paolo di Canio pun sampai bersuara menyatakan jika manajemen Manchester United “gila” melepas pemain seperti McTominay.

***

Nah, itu dia 5 pemain Manchester United yang dilepas oleh Erik Ten Hag namun menjadi bintang di tim baru mereka. Bagi para pemain tersebut, meninggalkan Manchester United bukanlah akhir dari karier, melainkan babak baru yang menarik untuk diikuti.

Bagaimana menurut kamu? Apakah ada idola kamu dari daftar diatas?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.