alasan genshin impact mulai ditinggal pemain cover

7 Alasan Mengapa Genshin Impact Mulai Kehilangan Pemain di Tahun 2024

Pada akhir tahun 2024 ini, Genshin Impact tampaknya telah kehilangan banyak pemain mereka walaupun sudah memberikan banyak hal baru. Banyak yang bertanya-tanya mengapa banyak pemain yang berhenti bermain game ini dan bahkan ada yang melupakannya.

Kali ini, KINCIR akan memberikan beberapa spekulasi alasan mengapa banyak pemain yang mulai meninggalkan Genshin Impact. Penasaran apa saja alasan-alasan yang membuat pemain Genshin Impact meninggalkannya? Yuk, simak artikel berikut ini.

7 Alasan mengapa Genshin Impact mulai ditinggal pemain

Event yang berulang

event berkelahi via istimewa

Setiap kali mendapatkan update, biasanya Genshin Impact memiliki banyak event baru dengan gaya yang berbeda. Tapi sebenarnya, ada beberapa dari event tersebut yang sebelumnya sudah pernah muncul. Bahkan, tidak ada perubahan dari konsepnya sedikitpun.

Salah satu event yang selalu muncul dan tidak merubah konsepnya adalah event bertarung. Kamu harus menyusun tim yang akan mendapatkan beberapa efek saja dengan cara yang berbeda. Tidak ada perbedaan dari musuh dan tingkat kesulitannya, semua hanya diulang saja.

Pengembangan cerita yang terbilang lama

cerita Traveler dan Paimon via istimewa

Memang, cerita di Genshin Impact tidak boleh terlalu diburu-burukan karena akan merusak rasa penasaran dari pemain. Tapi, para pemain juga berhak untuk mendapatkan setidaknya beberapa cuplikan atau bahkan cerita samping yang menyenggol menuju cerita utamanya.

Bahkan, dalam satu update yang berdurasi kurang lebih dua hingga tiga bulan lamanya, tidak ada satu kisah yang berhubungan dengan cerita utamanya. Kamu harus menunggu hingga Archon Quest terbaru untuk menemukan kelanjutan dari perjalanan Traveler dan Paimon.

Expanding area yang indah tapi enggak berkesan

daerah pasir negara Sumeru via istimewa

Arti memikat di sini adalah tidak ada area baru di Genshin Impact yang bisa membuat pemain sangat suka dengannya. Banyak pemain yang hanya menggunakan daerah tersebut untuk melawan boss, mengumpulkan material, dan lain sebagainya.

Saat seorang pemain sudah mendapatkan Treasure Chest atau menyelesaikan semua tantangan dan puzzle, mereka tidak akan kembali ke daerah tersebut. Hanya beberapa tempat saja yang akan dikunjungi setiap saat oleh para pemain seperti kota utama atau daerah boss dan domain.

Fitur yang membosankan

fitur Genius Invocation TCG via istimewa

Genshin Impact memiliki banyak sekali fitur yang bisa kamu mainkan jika kamu bosan untuk bertarung dan berjelajah. Tapi sayangnya, beberapa fitur tersebut membutuhkan kamu untuk melakukan grinding agar bisa bermain dengan baik.

Seperti contohnya Genius Invocation TCG yang membutuhkanmu untuk membaca dan mencoba bagaimana sebuah kartu bekerja. Sayangnya, banyak pemain yang tidak memiliki banyak waktu untuk membaca dan mencoba semua kartu yang ada.

Sulit membangun karakter

karakter Venti dan artefak via istimewa

Bukan hanya pemain baru Genshin Impact yang kesulitan untuk membangun karakter yang mereka sukai. Beberapa pemain lama atau yang baru saja kembali bermain kesulitan untuk membangun karakter mereka.

Hal ini dikarenakan sedikitnya Resin yang diberikan oleh Genshin Impact untuk setiap pemainnya. Karenanya, banyak pemain yang tidak bisa membangun karakter dengan sempurna dan memutuskan untuk berhenti bermain karena terlalu sulit dan lambat.

Pencarian material yang cukup jauh dan juga membutuhkan Resin menjadi salah satu faktor utama mengapa para pemain tidak membangun karakter. Bahkan, para pemain baru juga kesulitan untuk membangun karakter mereka yang belum kuat dan harus melawan banyak musuh dan boss.

Musuh yang terlalu kuat

Weekly Boss Narwhal via istimewa

Setiap musuh memiliki gaya menyerang dan caranya tersendiri untuk mengalahkannya. Tapi, beberapa dari mereka membutuhkan seorang karakter yang spesifik untuk mengalahkannya. Hal ini membuat para pemain tidak dapat merasakan bermain dengan pengalaman penuh.

Contohnya seperti Weekly Boss Narwhal atau paus biru besar yang membutuhkan seorang karakter Fontaine untuk mengalahkannya. Jika tidak, maka kamu akan sangat kesulitan untuk mengalahkannya dan memakan waktu lebih lama.

Sedikitnya hadiah

karakter bintang lima gratis via istimewa

Kalau kamu lihat, banyak pemain yang mengeluh karena game-game lain milik Hoyoverse memiliki perlakuan lain dari sisi hadiah gratis. Contohnya seperti Honkai: Star Rail yang selalu memberikan 10 gacha gratis setiap updatenya.

Sedangkan Genshin Impact hanya memberikan Primogems gratis yang tidak akan memberikanmu hingga 10 kali melakukan gacha. Tapi baru-baru ini, mereka telah memberikan karakter bintang lima gratis yang akan diberikan setiap tahunnya.

***

Menurut kamu, apalagi alasan mengapa banyak pemain yang mulai meninggalkan game Genshin Impact? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya! Jangan lupa untuk terus pantau KINCIR agar kamu tidak tertinggal informasi seputar game dan lainnya.

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.