Transfer Deadline Day Sudah Dekat, Inilah 5 Pembelian Terbaik Liga Inggris di Hari Terakhir Bursa Transfer!

Salah satu aspek paling menarik dari setiap bursa transfer adalah beberapa klub “ngebut” buat menyelesaikan transfer di hari terakhir alias transfer deadline day. Bagi semua klub Liga Inggris, batas terakhir buat menyelesaikan proses transfer adalah Jumat (30/8) pukul 23:00 waktu setempat atau Sabtu (31/8) pukul 05:00 WIB.

Mau tahu beberapa transfer terbaik yang terjadi di hari terakhir alias transfer deadline day? Yuk, simak artikel KINCIR berikut ini!

5 Pembelian terbaik di transfer deadline day

Wayne Rooney

Transfer Deadline Day Rooney
via Istimewa.

Mayoritas penggemar Manchester United tentunya sepakat jika Wayne Rooney adalah legenda the red devils. Pemain asal Inggris ini bahkan menjadi pemain Manchester United dengan jumlah gol terbanyak sepanjang masa dengan 253 gol selama 13 tahun memperkuat tim ini.

Namun tidak banyak yang tahu jika kepindahan Rooney ke Manchester United terjadi pada transfer deadline day. Negosiasi antara Everton dengan Manchester United baru terjadi pada Minggu, 30 Agustus 2004 saat kedua tim bertemu di Liga Inggris. Sehari setelahnya atau tepat pada Senin, 31 Agustus 2004 proses transfer berhasil diselesaikan dan Rooney langsung berstatus sebagai pemain tim setan merah.

Cole Palmer

Liga Inggris Chelsea Cole Palmer
via Istimewa.

Kehebatan Cole Palmer di lapangan hijau akhirnya diakui oleh banyak orang pada musim 2023/24. Bintang timnas Inggris ini akhirnya mendapatkan jam terbang di Chelsea dan langsung menjelma menjadi pemain terbaik di dalam skuad the blues.

Chelsea harus membayar mahar senilai £40 juta ke Manchester City pada 1 September 2023 yang menjadi transfer deadline day pada musim 2023/24. Tidak butuh waktu lama buat Palmer beradaptas di klub barunya sehingga ia bisa langsung bersinar dan menjadi PFA Young Player of the Year di tahun ini.

Mesut Ozil

Transfer deadline day Ozil
via Istimewa.

Pertengahan dekade 2010-an tentunya menjadi periode yang tidak akan dilupakan oleh penggemar Arsenal. Setelah biasanya jarang menggelontorkan uang buat membeli pemain, the gunners memecahkan rekor transfernya sendiri saat memboyong Mesut Ozil dari Real Madrid senilai £42,5 juta.

Kepindahan maestro lini tengah Jerman ke stadion Emirates ini bisa dibilang mengejutkan. Soalnya proses transfernya sendiri baru diresmikan oleh pihak Arsenal pada 2 September 2013 yang menjadi transfer deadline day pada musim 2013/14. Setelah bergabung dengan tim meriam London, Mesut Ozil langsung menjadi bagian tak tergantikan di lini tengah tim tersebut.

Ashley Cole

Transfer Deadline Day Ashley cole
via Istimewa.

Kepindahan Ashley Cole dari Arsenal ke Chelsea memang harus melalui berbagai drama. Pada Juni 2005, sang pemain yang sudah kadung ingin pindah dari Arsenal ketahuan melakukan kontak ilegal dengan Chelsea saat masih dikontrak oleh Arsenal.

Namun realisasi kepindahan Ashley Cole ke Chelsea baru terjadi semusim kemudian. Proses negoasisi transfernya sendiri berjalan alot sehingga baru bisa diresmikan pada 31 Juli 2005 yang menjadi transfer deadline day. Bersama Chelsea, Cole berhasil memenangi Liga Inggris, Liga Champions, serta 4 Piala FA yang membuatnya kerap disebut sebagai bek kiri terbaik di Stamford Bridge buat era modern.

Claude Makelele

via Istimewa.

Sebelum Ashley Cole, bisnis luar biasa yang juga dilakukan Chelsea pada transfer deadline day terjadi pada musim 2003/04. Claude Makelele yang kerap dianggap sebelah mata saat masih di Real Madrid, memutuskan buat pindah ke Chelsea di hari terakhir bursa transfer musim tersebut.

Kehadiran Makelele di tim ini seolah menjadi kepingan terakhir di tim Chelsea, terutama pada era Jose Mourinho. Ia menjadi gelandang bertahan yang tidak tergantikan di lini tengah the blues, dan berhasil memenangi 2 gelar Liga Inggris.

Jangan lupa buat terus mengunjungi KINCIR untuk mendapatkan informasi terbaru seputar olahraga, rekomendasi game dan esports ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.