Pemain Sepak Bola Toni Kroos 2

7 Pemain Sepak Bola Top Dunia yang Pensiun di Tahun 2024!

Bursa transfer musim ini tidak hanya menandai perpindahan pemain ke klub baru, namun juga menandakan akhir dari sebuah era. Soalnya banyak sekali pemain sepak bola yang namanya tenar di era 2010-an yang memutuskan buat gantung sepatu.

Beberapa pemain sepak bola yang memutuskan pensiun di tahun 2024 bahkan masih bermain secara reguler musim lalu. Meskipun begitu mereka memiliki alasannya masing-masing terkait latar belakang di balik keputusan mereka buat pensiun.

Mau tahu beberapa pemain sepak bola yang mengumumkan pensiun pada tahun 2024 sejauh ini? Yuk, simak artikel KINCIR berikut ini!

Pemain sepak bola yang pensiun di tahun 2024

Toni Kroos

Pemain Sepak Bola Toni Kroos
via Istimewa.

Salah satu pemain yang cukup mendapatkan sorotan pada tahun ini adalah Toni Kroos. Pemain asal Jerman ini mengumumkan jika ia akan pensiun usai mengikuti EURO 2024 bersama timnas Jerman. Laga perempat final EURO 2024 sendiri menjadi pertandingan terakhir yang diikuti oleh sang pemain lantaran Jerman takluk dari Spanyol dengan skor 1-2.

Musim terakhir Kroos di level klub juga terbilang sangatlah gemilang. Ia menjadi salah satu pemain sepak bola yang tidak tergantikan buat Real Madrid dan mengantarkan timnya meraih Liga Spanyol dan Liga Champions.

Dua trofi tersebut tentunya menambah panjang deretan trofi yang pernah ia menangi sepanjang kariernya. Publik sepak bola harus mengucapkan selamat tinggal kepada salah satu gelandang paling brilian yang pernah menginjakkan kaki di lapangan hijau.

Thiago Alcantara

Pemain Sepak Bola Thiago Alcantara
via Istimewa.

Jika melihat usianya yang masih 33 tahun, Thiago Alcantara bisa dibilang masih memiliki sisa beberapa tahun lagi buat berkarier. Sayangnya cedera berkepanjangan yang ia derita membuatnya harus gantung sepatu pada akhir musim lalu.

Pemain sepak bola yang terakhir memperkuat Liverpool ini memang lebih sering absen karena cedera pada musim lalu. Bahkan ia hanya tampil sebanyak satu kali di musim 2023/24 buat Liverpool. Meskipun begitu ia tetaplah memiliki karier yang sangat apik berkat raihan trofi yang ia dapatkan bersama Barcelona, Bayern Munich, maupun Liverpool.

Pepe

Pepe
via Istimewa.

Karier Kepler Laverán de Lima Ferreira alias Pepe di dunia sepak bola terbilang sangat panjang. Setelah muncul ke permukaan bersama Porto, namanya melambung saat menjadi palang pintu Real Madrid. Bersama los blancos, Pepe berhasil menjuarai berbagai turnamen mulai dari Liga Spanyol hingga Liga Champions.

Ia mengakhiri kariernya di usia ke-41 dan Porto menjadi tim terakhir yang ia bela. Pertandingan kompetitif terakhirnya sendiri terjadi saat ia membela Portugal di EURO 2024, sekaligus mencatatkan namanya sebagai pemain tertua yang pernah tampil di turnamen tersebut.

Claudio Bravo

Pemain Sepak Bola Claudio Bravo
via Istimewa.

Salah satu kiper legendaris timnas Chile, Claudio Bravo memutuskan buat gantung sepatu pada musim panas ini. Ia adalah kiper utama Barcelona yang memenangi treble winners pada musim 2015/16. Ia mengakhiri kariernya di usia 41 tahun dan Real Betis menjadi tim terakhir yang ia bela.

Joe Hart

via Istimewa.

Masih dari posisi kiper, eks kiper Manchester City dan timnas Inggris Joe Hart juga memutuskan buat pensiun. Ia mengumumkan keputusannya tersebut pada 22 Februari 2024 saat Liga Skotlandia masih berjalan dan ia baru akan pensiun usai merampungkan kontraknya bersama Glasgow Celtic.

Nama Joe Hart melambung bersama Manchester City di awal 2010-an saat ia menjadi pilihan utama Roberto Mancini. Menjadi kiper andalan Manchester City membuatnya dilirik sebagai kiper utama timnas Inggris di Piala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, dan Piala Eropa 2016.

Marouane Fellaini

Pemain Sepak Bola Maroaune Fellaini
via Istimewa.

Pemain sepak bola yang terkenal dengan rambut kribo, Maroane Fellaini memutuskan buat pensiun pada akhir musim lalu. Fellaini dikenal sebagai salah satu pemain serba bisa yang terkenal saat membela Manchester United. Shandong Taisan menjadi klub terakhir yang ia bela setelah memperkuat klub tersebut pada 2019 hingga 2024.

Wojciech Szczesny

Pemain Sepak Bola Wojciech Szczesny
via Istimewa.

Pemain sepak bola terakhir yang mengumumkan buat pensiun adalah Wojciech Szczesny. Ia adalah kiper andalan Juventus yang kontraknya diputus oleh klubnya lantaran tidak masuk ke dalam rencana pelatih Thiago Motta. Szczesny pensiun di usianya ke-34 dan pernah membela beberapa klub top Eropa seperti Arsenal, AS Roma, dan Juventus.

Malalui akun Instagram resminya, Szczesny mengumumkan alasannya buat gantung sepatu. Ia mengatakan, “Hari ini, walaupun tubuh saya masih bisa buat bermain, namun hati saya sudah tidak berada di sana. Saya merasa jika sekarang adalah waktu untuk memberikan seluruh perhatian saya buat keluarga.”

Jangan lupa buat terus mengunjungi KINCIR untuk mendapatkan informasi terbaru seputar olahraga, rekomendasi game dan esports ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.