Maarten Paes

Profil Maarten Paes, Calon Kiper Andalan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sedang benar-benar berbenah. Setelah kini diisi oleh sebagian besar pemain diaspora berbakat, kekuatan timnas kita bisa jadi semakin kuat setelah pengadilan menerima permohonan Maarten Paes, kiper klub FC Dallas untuk menjadi warga Indonesia. Kini Paes resmi berpaspor Indonesia terhitung sejak 18 Agustus lalu.

Lantas siapa sebenarnya Maarten Paes, bagaimana profil calon kiper utama timnas ini? Kamu bisa baca rangkumannya di bawah ini.

Profil dan perjalanan karier Maarten Paes

Punya darah Jawa Timur

Maarten Paes lahir di Belanda pada tahun 1998, sejak kecil ia sudah menggemari sepakbola dan berprofesi sebagai kiper akhirnya jadi jalan hidupnya. Pada Minggu 18 Agustus lalu, setelah melewati jalan panjang, palu hakim telah mengetuk dan mempersilakan Paes untuk menjadi orang Indonesia. Apa sebab Paes diperbolehkan menjadi WNI?

Salah satu jawabannya adalah karena ia memiliki darah Jawa Timur. Neneknya adalah orang asli Kediri yang lahir pada tahun 1940 lalu. Karena darah Kediri itulah yang membuat Maarten Paes punya kesempatan untuk diresmikan menjadi WNI. Walau sempat tertahan, kini Paes bisa dipilih oleh pelatih Shin Tae-yong untuk menjaga mistar garuda.

Berbakat sejak kecil

Sejak kecil Maarten Paes sudah tahu apa yang ia inginkan dalam hidup. Benar, berkarier sebagai pemain bola dan menjaga gawang dari kebobolan. Itu sebabnya dari usia belia ia sudah serius berlatih. Sampai akhirnya ia bergabung bersama akademi VV Union,  memiliki performa yang bagus Paes mulai dipertimbangkan untuk naik kelas.

Ia pun akhirnya masuk ke tim junior Eredivisie NEC Nijmegen, Bersama NEC dia tampilkan bakat yang konsisten. Terbukti Paes jadi andalan tim U17 dan U19 NEC Nijmegen. Klub yang berkandang di stadion Goffert ini juga memberi kesempatan lebar bagi Paes mewujudkan mimpinya.

Karier senior di NEC dan Utrecht

Benar, bersinar di tim junior Paes mendapat kesempatan untuk masuk tim senior. Pada tahun 2016 NEC Nijmegen memanggilnya untuk berada dalam skuad utama. Pada tahun yang sama, FC Utrecht, salah satu klub terkemuka di Belanda kepincut dengan penampilan Paes, kariernya pun berlanjut bersama Utrecht di tahun yang sama. Utrecht memberi kontrak empat tahun bagi pria kelahiran kota Nijmegen tersebut.

Pada musim pertamanya di NEC. Paes enggak mendapat kesempatan main, beda halnya ketika ia berbaju Utrecht. Bersama Utrecht Paes main sebaganyak 44 kali dalam kurun waktu empat musim. Kiprahnya bersama Utrecht membuat Paes mendapat pengalaman berharga bagi kariernya.

Sempat menjadi pemain timnas muda Belanda

Pengalaman berharga yang dimaksud pada poin sebelumnya adalah karena Maarten Paes berhasil masuk ke tim nasional Belanda usia muda. Ia dipanggil untuk memperkuat the oranje pada tahun 2016 sampai dengan 2021. Ia menjadi bagian dari timnas muda Belanda U19 hingga U21. Ia juga ikut dalam skuad Belanda muda melakoni Euro U19 pada tahun 2017 dan 2018. Meski sebentar namun pengalaman menjaga gawang Belanda tentu jadi hal penting bagi karier seorang Maarten Paes.

Bersama timnas Belanda muda, ia satu tim dengan sederet pemain yang kini banyak kita kenal main di beberapa tim besar seperti Matthijs de Ligt, Joey Veerman juga Teun Koopmeiners.

Andalan FC Dallas

Saat ini Maarten Paes menjadi andalan bagi tim FC Dallas. Ia bergabung dengan the toros sejak tahun 2022 lalu dan selalu jadi pilihan utama. Di bawah mistar Dallas, Paes mengoleksi 70 pertandingan sejak musim awal ia datang ke Dallas. Pada musim ini Paes sudah mencatatkan lima kali clean sheet.

Salah satu yang menarik perhatian banyak penonton Indonesia adalah ketika ia berhasil menjaga gawangnya enggak kebobolan ketika menghadapi Inter Miami. Sebagaimana kita tahu, Inter Miami diperkuat oleh Lionel Messi, Luis Suarez , Jordi Alba juga Sergio Busquets. FC Dallasmenang dengan skor tipis 1-0, dalam pertandingan tersebut Paes juga melakukan penyelamatan gemilanng ketika menepis tendangan Lionel Messi.

Jadi pemain timnas Indonesia

Setelah resmi berpindah paspor maka terbuka lebar peluang bagi Maarten Paes untuk membela panji garuda. Pengalaman Paes bermain di berbagai klub dari Belanda dan Amerika tentu dibutuhkan untuk mempertebal pertahanan timnas Indonesia.

Kemungkinan besar, namanya akan dipanggil oleh Shin Tae-yong dalam lawatan timnas garuda di fase ronde tiga kualifikasi Piala Dunia melawan Arab Saudi. Jika enggak ada halangan, Paes juga bisa dipasang sebagai starter ketika Indonesia menjamu Australia di GBK September besok. Fans garuda bisa menatap langsung aksi Paes di bawah mistar.

***

Itu tadi sederet profil tentang calon kiper baru Timnas Indonesia Maarten Paes, untuk kamu yang enggak pernah absen nonton timnas Indonesia, seberapa enggak sabarnya kamu menunggu Paes debut bersama tim nasional?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.