timnas spanyol

5 Kemenangan Timnas Spanyol di Kejuaraan Tahun 2024, Buktikan La Furia Roj adalah Sang Raja!

Sangat lumrah jika konsistensi timnas sepakbola naik turun. Kadang berjaya kadang bertemu masa-masa suram. Brazil contohnya, beberapa tahun lalu dikenal sebagai negara paling hebat dalam sepakbola namun belakangan prestasinya melempem. Kini sepertinya tampuk tim nasional sepak bola paling berbahaya dipegang oleh timnas Spanyol.

Memiliki liga yang sehat serta punya sejarah sepak bola yang baik membuat timnas ini selalu jadi favorit setiap ada gelaran akbar sepak bola. Tahun ini adalah salah satu tahun terbaik bagi timnas Spanyol, mereka mendapat banyak prestasi di berbagai kompetisi. Nah, di bawah ini adalah sederet prestasi timnas Spanyol tahun 2024 yang membuat mereka pantas menyandang timnas paling garang di dunia saat ini.

Kemenangan Timnas Spanyol di kejuaraan tahun 2024, buktikan La Furia Roj adalah sang raja:

1. Juara Euro 2024

Diselenggarakan di Jerman, Spanyol datang dengan kekuatan yang meyakinkan. Mereka membidik piala sejak mendarat di bandara Brandenburg. Benar saja, Spanyol berhasil melibas perlawanan Italia, Albania dan Kroasia pada fase grup tanpa kebobolan. Mereka juga mengandaskan Georgia di 16 besar dan membuat publik tuan rumah menangis pada babak perempat final.

Di semifinal, Spanyol memulangkan Prancis dengan gol heroik pemain muda mereka Lamine Yamal. Di babak final, Spanyol berhasil membuat mimpi fans Inggris menyaksikan timnas idolanya juara kembali kandas lewat kemenangan 2-1. Spanyol jadi tim terbaik di Eropa dengan tujuh kemenangan di tujuh pertandingan selama gelaran Euro berlangsung.

2. Juara Euro U-19

Pada bulan Juli lalu, Euro U19 digelar, Diikuti oleh delapan tim yang berlaga dan memuat banyak pertandingan yang sengit. Spanyol tampil baik di fase grup dengan menghadapi Prancis, Turki dan Denmark. Jalan mereka pun mulus di fase knock out hingga akhirnya berhadapan kembali berhadapan dengan Prancis di partai puncak.

Prancis jadi tim yang juga diunggulkan dalam gelaran Euro U19 kali ini. Tapi Spanyol dengan permainan cantiknya mampu membuat les bleus bertekuk lutut. Tim matador muda itu akhirnya resmi keluar sebagai juara Eropa U-19 yang gelarnya didapat enggak lama setelah timnas senior memenangkan trofi Euro.

3. Juara Euro U-19 perempuan

Bukan hanya timnas laki-lakinya saja, timnas perempuan Spanyol juga patut diantisipasi kegarangannya. Buktinya pada gelaran Euro U19 wanita yang digelar Juli lalu, timnas sepakbola Spanyol juga keluar sebagai pemenang. La Furia Roja terlalu perkasa bagi tim-tim pesaingnya.

Lewat permainan yang cantik, Spanyol berhasil mengandaskan perlawanan Belanda,Jerman dan Irlandia di fase grup. Mereka juga berhasil mengalahkan Inggris di semifinal sebelum menang 2-1 melawan Belanda di partai final. Tentu ini prestasi yang juga bisa dibanggakan bagi RFEF sebagai federasi sepak bola tertingginya Spanyol.

4. Juara Euro U-17 Wanita

Enggak hanya timnas U19 nya, timnas U-17 perempuan Spanyol juga memenangkan gelaran Euro U17 yang diselenggarakan pada Mei lalu. Meski masih berusia cukup belia, pembinaan pemain usia muda Spanyol patut diacungi jempol. Mereka enggak hanya fokus pada pemain laki-laki saja tapi juga berhasil membina sepak bola perempuan.

Pada gelaran Euro U-17 perempuan lalu, timnas Spanyol berada di grup B bersama Polandia, Portugal dan Belgia tim mereka berhasil lolos dari grup tersebut dan menantang Prancis di fase semifinal. Di final tim asuhan pelatih G. Martin itu menang melawan Inggris dengan skor meyakinkan 4-0.

5. Emas Olimpiade

Terakhir baru saja timnas sepakbola Spanyol berhasil keluar sebagai peraih emas dalam gelaran olimpiade cabang sepakbola. Spanyol datang ke Paris dengan kepercayaan diri tinggi setelah memenangkan Euro beberapa hari sebelumnya. Slot pemain senior dalam timnas Spanyol diisi oleh Juan Miranda, Abel Ruiz dan Sergio Gomez.

Spanyol keluar sebagai runner-up di fase grup sebelum akhirnya perjalanan mereka mulus sampai ke partai final. Di partai puncak, mereka harus menghadapi tuan rumah Prancis. Pertandingan yang sangat sengit itu harus diakhiri hingga perpanjangan waktu setelah di waktu normal Spanyol dan Prancis bermain imbang 3-3. Di babak tambahan Spanyol berhasil menceploskan dua gol dan membuat tim asuhan Thiery Henry harus puas dengan medali perak.

***

Selain ke lima prestasi tadi, Spanyol juga berstatus sebagai tim juara bertahan kompetisi UEFA National League, Uefa Women’s Nation League, Piala Dunia perempuan dan Piala Dunia perempuan U-20.  Sementara itu, cabang olahraga sepak bola perempuan olimpiade pun, mereka finish di posisi ke empat.  Selain itu, di level klub ada Real Madrid yang juara Liga Champions dan ada Barcelona femeni yang juara Liga Champions perempuan.

Jadi, setujukah kamu jika timnas sepakbola terbaik di dunia saat ini adalah timnas Spanyol?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.