Sejarah Hubungan Rumit Deadpool dan Wolverine

Deadpool x Wolverine menjadi film dari MCU yang mendapatkan sambutan meriah dari para penggemar MCU. Hal ini tentu merupakan kabar baik mengingat bahwa kebanyakan film yang dirilis oleh MCU pada fase empat mendapatkan skor review yang kurang memuaskan. Seorang kritikus di Rotten Tomatoes bahkan menyebutkan bahwa Deadpool x Wolverine merupakan “penyelamat” dari gempuran film-film superhero buruk beberapa waktu belakangan ini.

Karya yang memuaskan ini tentu enggak bisa dilepaskan dari hubungan unik mereka. Keduanya sama-sama sulit mati. Keduanya punya karakter yang bertolak belakang. Keduanya juga memiliki hubungan rumit, musuh bukan, teman tapi gengsi. Lantas, mereka itu, apa, sih? Mari telusuri jejak pertemuan dan relasi antara dua superhero unik itu.

Sejarah Hubungan Rumit Deadpool dan Wolverine

Pertemuan DNA yang Enggak Disadari

Deadpool Wolverine
Deadpool dan Wolverine aslinya berbagi DNA. Istimewa.

Sebelum saling membunuh satu sama lain secara fisik, sebetulnya DNA mereka sudah “bertemu” jauh sebelumnya.

Deadpool adalah tentara veteran yang terkena kanker dan umurnya enggak panjang lagi. Kemudian, ia mengikuti program yang dirilis oleh Weapon X. Namun, bukan cuma kankernya saja yang sembuh, ia juga diberkahi kemampuan regenerasi yang bikin luka-lukanya cepat sembuh dan ia menjadi sulit buat mati.

Nah, kemampuan regenerasi ini ternyata didapatkan dari DNA Wolverine yang dimasukkan ke dalam tubuhnya. Jadi, sebetulnya mereka sudah saling “memiliki” satu sama lain.

Percobaan Pembunuhan

Deadpool sendiri bukan pahlawan yang heroik dan mengutamakan moral. Ia adalah antihero yang kerap bertindak seenaknya. Awal mula pertemuan mereka sebetulnya enggak terlepas dari latar belakang ini.

Walaupun secara linimasa riil mereka bertemu di komik Wolverine #88 edisi 1994, sebetulnya mereka sudah pernah bersinggungan jauh sebelum itu. Pertemuan ini diabadikan dalam Wolverine Origins #21 pada tahun 2008.

Momen ini bisa dibilang sebagai pertemuan mereka yang paling berdarah-darah. Deadpool sendiri disewa oleh HYDRA buat membunuh Wolverine. Ia bahkan memasang bom tepat di depan Wolverine untuk membuatnya langsung meninggal dunia.

Akibat dari pertarungan itu enggak sekadar membuat mereka luka-luka. Semua orang repot dan kota pun menjadi hancur karenanya.

Beralih ke Masalah Cinta Segitiga

Kalau dilihat dari aspek perilisan karya, sebetulnya Deadpool dan Wolverine pertama kali bertemu di Wolverine edisi #88 yang dirilis pada tahun 1994. Namun, karena udah ada cerita flashback pada komik tahun 2008 sebelumnya, bisa dibilang pertemuan ini mungkin adalah pertemuan kedua dengan kondisi yang jauh lebih remeh. 

Deadpool & Wolverine
Wolverine #88 via Istimewa

Awal mula masalahnya? Kecemburuan dan persahabatan antarpria. Jadi, Wade Wilson sangat cemburu sama pacar baru mantannya yang bernama Garrison Kane. Kemarahannya  bikin dia ngerusak apartemen. Lalu, apa hubungannya sama Wolverine? Garrison Kane ternyata temannya Wolverine.

Ya, bro-relationship ini tentu bikin Wolverine ikutan maju buat membela temannya. Pertengkaran yang awalnya hanya di mulut aja pun berkembang menjadi perkelahian fisik. Wade yang kesal menusuk Logan alias Wolverine dengan senjatanya dan Wolverine dengan cakarnya. Karena mereka sulit mati, maka pertengkaran itu enggak kunjung selesai. Berdebat, saling mencoba membunuh, enggak mati, berdebat lagi, begitulah seterusnya.

Deadpool Stres dan Ngajak Berantem

Ada banyak hal absurd yang sulit dijelaskan dari Deadpool, dan kisah pada komik  Challenges Wolverine: Deadpool edisi #27 tahun 1999 ini adalah salah satunya.

Pada suatu waktu, Deadpool terus-menerus dihantui sama halusinasi yang bikin dia stres. Menurutnya, cara untuk mereduksi halusinasinya adalah dengan…bertengkar sama manusia super lainnya.

Treatment psikologis” itu membuatnya terobsesi, sampai dia rela pergi ke Jepang, tempat di mana Wolverine berada. Awalnya, sih, Wolverine menolak ide enggak jelas itu. Namun, Deadpool enggak kehilangan akal. Dia kemudian menyerang Kitty Pryde, teman Wolverine, dan mau enggak mau Wolverine melayani permintaan itu. 

Bagi banyak orang, olahraga ringan seperti jogging atau senam adalah cara untuk mereduksi stres. Deadpool membawa aktivitas ini ke taraf yang lebih ekstrem: bunuh-bunuhan sama manusia lain yang sulit mati.

Deadpool Disewa Menjadi Pembunuh Bayaran

Sosok Duncan Vess. Istimewa.

Lagi-lagi, Deadpool disewa buat menjadi pembunuh bayaran dalam komik tahun 1999. Kali ini, targetnya adalah penulis terkenal bernama Duncan Vess yang merupakan manusia serigala. Entah takdir atau koneksi DNA, kebetulan, Wolverine sedang berada di acara penandatanganan buku Vess.

Nah, insting Wolverine pun mengatakan kalau Deadpool ada di sana. Yang terjadi kemudian tentu  adalah pertarungan di antara keduanya. Pada akhirnya, Duncan Vess enggak terbunuh, begitu pula Wolverine dan Deadpool yang ribut sendiri. Uniknya, inilah momen pertama di mana mereka berdua mulai…berteman. Usai pertarungan yang enggak membunuh siapa pun itu, mereka menaruh hormat pada kemampuan satu sama lain kemudian minum bareng.

Deadpool Bikin Hulk dan Wolverine Berantem

Dalam film animasi Hulk vs Wolverine (2009), Weapon X mencoba untuk mengadu domba Hulk dan Wolverine sehingga mereka bertengkar dan mudah untuk menculik mereka. Lalu, di manakah Deadpool berada?

Deadpool masuk ke dalam tim manusia super di Weapon X. Ya, dalam animasi ini, ia adalah salah satu major villain yang pada akhirnya dilawan oleh Wolverine sekaligus Hulk.

Pertarungan Intens Wolverine dan Deadpool yang Mengecewakan

Film X Men Origins: Wolverine (2009) adalah live-action pertama yang mempertemukan Deadpool dengan frenemie-nya, Wolverine. Film besutan Fox ini akan menceritakan tentang asal-usul Wolverine, yang tentunya bakal melibatkan Weapon X milik William Stryker. Deadpool tentu hadir di sana mengingat ia adalah salah satu manusia super di Team X.

Deadpool dan Wolverine via Istimewa

Deadpool berhadapan dengan Wolverine menjelang akhir film. Semestinya, sih, ini bisa menjadi suatu pertarungan yang ikonik. Sayangnya, justru kemunculan Deadpool di sini mengecewakan.

Deadpool, the merc with the mouth, digambarkan sebagai sosok manusia super dengan mulut yang dijahit dan dengan kekuatan-kekuatan aneh yang seharusnya enggak dia miliki. Fox dianggap merusak Deadpool. Bahkan, pemerannya, Ryan Reynolds, membenci versi Fox itu.

Persahabatan yang Kocak di Deadpool x Wolverine 

Film Deadpool x Wolverine seolah menebus kesalahan fatal yang diperbuat Fox. Dalam film MCU ini, sang karakter diceritakan hidup di Earth-10005, pensiun bersama teman-temannya, dan mencari Wolverine (Logan) setelah diculik oleh Time Variance Authority (TVA) dan dibawa ke Mr. Paradox. Pencariannya terhadap varian Logan ini adalah cara buat memperbaiki varian Bumi-nya yang kabarnya akan kiamat setelah kematian Logan.

Deadpool x Wolverine via Istimewa

Usai menemukan varian Logan yang paling payah, mereka tentu enggak langsung bersama-sama menyelesaikan misi. Ada kesalahpahaman dan perbedaan pendapat yang bikin mereka harus melewati proses senggol-bacok ikonik seperti di komik-komik.

Pertemuan, perdebatan, pertengkaran, serta relasi bromance Deadpool dan Wolverine dalam karya ini memuaskan banyak penonton. Kombinasi antara representasi karakter yang tepat dan cerita yang seru bikin karya ini mampu “mencuci” kegagalan MCU dalam membawakan konsep multiverse di beberapa film sebelumnya.

***

Hubungan yang multidimensi dan antibaper antara Deadpool dengan Wolverine ini seolah mengembalikan kenangan tentang komik-komik Marvel yang penuh keseruan sekaligus penuh tantangan. Apakah kamu suka dan tertarik mengikuti hubungan mereka lebih lanjut?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.