Olahraga Unik

7 Olahraga Unik yang Bisa Jadi Inspirasi Lomba 17-an

Bulan Agustus selalu identik dengan bulan kemerdekaan. Di bulan ini masyarakat Indonesia merayakan hari besar terlepas dari penjajahan dengan melangsungkan berbagai kegiatan. Selain upacara, ada juga beragam perlombaan yang dipertandingkan sebagai hiburan.

Kalau kamu bosan adakan perlombaan yang itu-itu saja setiap tahun, ada sederet olahraga unik dari berbagai negara yang bisa kamu adaptasi untuk jadi perlombaan di sekitar rumahmu. Di bawah ini adalah beragam olahraga unik yang bisa kamu perlombakan di momen 17-an.

Olahraga Unik yang Bisa Jadi Inspirasi Lomba 17-an

1. Quidditch

Referensi olahraga unik untuk jadi lomba 17-an. Istimewa.

Buat mereka yang sudah melahap semua Film Harry Potter pasti telah mengenall olahraga yang satu ini. Yap, olahraga ini memang diperkenalkan dari novel dan Film Harry Potter, namanya Quidditch. Olahraga ini mirip dengan rugby dan bola tangan yang membedakan adalah olahraga ini dimainkan di atas sapu terbang sambil melayang.

Enggak, pemain di dunia nyata enggak harus pake sapu terbang untuk melakoni olahraga ini, cukup pakai tongkat kecil atau sapu biasa yang dijepit di antara dua paha yang harus terus stabil dan enggak boleh jatuh. Ada tiga lingkaran sebagai gawang yang jadi tujuan utama untuk menceploskan bola. Enggak harus main di lahan sebesar sepakbola, Quidditch bisa kamu mainkan di lapangan kecil jadi cocok untuk dimainkan saat momen 17-an.

2. Tarik Telinga

Olahraga ini terkenal di Inuit bagian utara Kanada, kalau kita sudah terbiasa mendengar istilah tarik tambang, maka Tarik telinga jadi alternatif olahrga yang menghibur untuk diterapkan pada perlombaan 17 Agustus.  Cara mainnya sederhana dua orang saling berhadapan dengan mengaitkan tali di antara dua peserta. Selanjutnya kedua peserta akan saling tarik tali.

Tali yang terlepas dari telinga dinyatakan kalah. Jangan salah olahraga ini ternyata banyak penggemarnya bahkan ada kejuaraan dunianya. Jadi, enggak ada salahnya terapkan permainan ini di kampungmu.

3. Wife Carrying

Olahraga ini dijamin membuat warga terhibur, gimana enggak pesertanya haruslah sepasang suami istri. Si suami harus menggendong sang istri terbalik di bagian belakang dan kemudian berlari mencapai garis finis melawan peserta lain. Jangan salah lintasan larinya juga enggak datar, beberapa permainan memberi haling rintang untuk membuat permainnya lebih seru seperti kolam air di mana suami istri tersebut harus berlari basah-basahan di dalam air.

Sejak diperkenalkan olahraga unik ini semakin banyak peminatnya hingga muncul kejuaraan duniannya. Tentu yang dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan Wife Carrying adalah kekuatan tubuh suami, kelenturan istri dan kekompakan keduanya.

4. Kabaddi

Olahraga yang satu ini populer di India. Permainannya melibatkan dua tim yang masing-masing beranggotakan tujuh orang. Setiap tim bergantian menyerang dan bertahan. Tim yang menyerang mesti bisa menyentuh garis belakang pertahanan lawan dan menyentuh salah satu pemain lawan. Nah tim yang tengah bertahan harus bisa menjatuhkan pemain yang sedang menyerang.

Permainan ini semakin dikenal di seluruh dunia bahkan telah dimainkan pada ajang Asian Games 2018 lalu di Indonesia. Sekilas olahraga ini mirip sekali dengan permainan tradisional Indonesia bernama gobak sodor. Nah permainan macam gobak sodor atau Kabaddi ini bisa kamu terapkan di perlombaan 17 Agustus nanti.

5. Dodgeball

Satu lagi olahraga unik yang enggak kalah seru jika diadaptasi jadi permainan lomba peringatan ulang tahun kemerdekaan. Olahraga tersebut bernama Dodgeball. Olahraga ini cukup mudah dimainkan butuh lima orang satu tim dengan luas lapangan yang enggak besar. Nantinya ada enam bola yang berada di lapangan dan setiap pemain harus melemparkan bola mengenai tubuh lawan.

Jika bola tersebut mengenai tubuh lawan maka akan dihitung poin. Permainan ini akan memancing keseruan karena kedua tim pasti akan berbalas melempar bola ke arah lawan.

6. Panco Jempol

Kalau panco biasanya dilakukan dengan mengukur kekuatan dua tangan orang yang bertanding, nah panco yang satu ini cukup berbeda karena menggunakan jempol kaki untuk adu kekuatannya. Olaharaga ini sudah dikenal cukup luas dan punya banyak kompetisi bergengsi. Panco Jempol ini mempertarungkan dua orang yang saling menjulurkan kakinya dan mengaitkan jempolnya.

Kaki yang condong dan menyentuh batas dinyatakan kalah. Olaharaga ini masih cukup aman untuk dimainkan dan cukup menghibur jika dilakukan sebagai salah satu perlombaan di kampungmu

7. Insuknawr

Olahraga yang satu ini mirip dengan permainan bambu gila di Indonesia. Sama-sama menggunakan bambu tapi bedanya ada arena lingkaran yang menjadi batas. Permainan ini bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih. Pemain akan saling dorong dan membuat lawan keluar dari arena.

Permainan Insukawr dikenal di negara-negara Asia Selatan seperti India ataupun Bangladesh. Bisa juga kamu adaptasi sebagai salah satu perlombaan yang membuat acara 17 Agustus di daerah rumahmu semakin semarak

Jadi itu tadi sederet olahraga unik yang mungkin bisa semakin menyemarakan pesta kemerdekaan Indonesia. Dari sederet olahraga di atas mana yang menurut kamu paling relevan dan seru buat diterapkan?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.