Olimpiade 2024 Seine River 3

(Olimpiade 2024) Sungai Seine Sempat Keruh, Cabor Triathlon Akhirnya Dapat Izin Digelar!

Panitia penyelenggara Olimpiade 2024 kini sedang pusing tujuh keliling. Soalnya mereka harus menunda cabang olahraga Triathlon yang seharusnya diselenggarakan pada Selasa (30/7) hingga waktu yang tidak ditentukan.

Hal tersebut terjadi karena sungai Seine yang menjadi salah satu lokasi perlombaan terlalu keruh dan tidak aman bagi kesehatan dan keselamatan atlet yang berlaga. Padahal panitia penyelenggara sudah menghabiskan dana sangat banyak yang dialokasikan untuk kebersihan sungai ini menjelang Olimpiade 2024.

Pertandingan cabor triathlon di Olimpiade 2024 terpaksa ditunda

Olimpiade 2024 Seine River
via Istimewa.

Selama ini sungai yang juga menjadi landmarks kota Paris ini memang terkenal keruh dan jorok. Namun panitia penyelenggara kukuh buat menjadikan sungai Seine sebagai tempat pertandingan cabor triathlon dengan alasan sudah membersihkan sungai tersebut sehingga aman bagi atlet yang nantinya akan berlaga.

Kabarnya panitia penyelenggara Olimpiade 2024 bahkan sudah menghabiskan €1,4 miliar atau setara dengan Rp24 triliun demi membersihkan sungai ini. Anne Hidalgo selaku walikota Paris bahkan sudah menjajal berenang di sana demi membuktikan keamanan sungai tersebut.

Olimpiade 2024 Seine River 2
via Istimewa.

Sayangnya intensitas hujan yang tinggi membuat level bakteri E. coli meningkat melebihi batas aman. Federasi triathlon dunia memiliki aturan jika pertandingan tidak bisa diselenggarakan jika bakteri E. coli di lokasi pertandingan melebihi nilai aman dan panitia penyelenggara Olimpiade 2024 terpaksa memenuhi aturan tersebut.

Melalui pernyataan resminya panitia penyelenggara Olimpiade 2024 dan federasi triathlon dunia menyatakan, “Paris 2024 dan federasi triathlon dunia menekankan jika kesehatan atlet menjadi prioritas utama kami. Setelah melakukan tes, kami menemukan jika kualitas air di sungai Seine tidak memungkinkan buat menggelar pertandingan. Meskipun berbagai upaya sudah dilakukan hingga detik terakhir demi meningkatkan kualitas air, hasil tes menunjukkan jika kualitas airnya masih belum bisa mencapai batas aman buat menggelar kompetisi.”

Melansir situs Associated Press, panitia penyelenggara sendiri memberikan lampu hijau buat menggelar pertandingan triathlon di sungai Seine pada Rabu (31/7). Hal tersebut diputuskan setelah melihat kualitas air yang sudah semakin membaik yang sudah melalui berbagai tes kelayakan sarana dan prasarana pertandingan.

Jangan lupa buat terus mengunjungi KINCIR untuk mendapatkan informasi terbaru seputar olahraga, rekomendasi game dan esports ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.