George Russell 1

Tidak Hanya George Russell, 5 Pembalap F1 Ini Juga Didiskualifikasi Setelah Menang Balapan!

Balapan GP Belgia yang berlangsung pada Minggu (28/7) berakhir dengan kontroversial. George Russell yang sudah memenangi balapan dan menerima piala ternyata didiskualifikasi oleh panitia beberapa jam setelah balapan usai.

Insiden tersebut ternyata bukan menjadi kali pertama terjadi di Formula 1. Sebelum George Russell, ada juga beberapa pembalap top dunia yang didiskualifikasi setelah balapan. Mau tahu siapa saja? Yuk, simak artikel KINCIR berikut ini!

Tidak hanya George Russell, inilah 5 pembalap yang didiskualifikasi usai menangi balapan

George Russell

George Russell
via Istimewa.

Salah satu kasus yang sedang dibicarakan oleh penggemar F1 adalah hasil balapan GP Belgia 2024. Kemenangan yang diraih oleh George Russell pada balapan tersebut dibatalkan oleh panitia lantaran pembalap asal Inggris ini melanggar batas minimum berat mobil.

Hasil tersebut membuat Lewis Hamilton yang menduduki posisi kedua dinobatkan sebagai pemenang. FIA memiliki aturan jika bobot mobil seusai balapan minimal harus seberat 768 kg dan mobil milik George Russell kekurangan 1,5 kg buat bisa mencapai berat tersebut.

James Hunt

James Hunt
via Istimewa.

Salah satu jawara dunia paling flamboyan dalam sejarah F1, James Hunt juga pernah menemui kasus serupa dengan George Russell. Ia didiskualifikasi oleh panitia pada balapan GP Inggris 1976 yang juga menjadi balapan di kandang sendiri baginya.

Berbeda dengan George Russell yang gagal mencapai bobot minimal mobil, James Hunt didiskualifikasi karena tidak memenuhi lap secara penuh setelah balapan di-red flag. James Hunt mengambil jalan pintas saat kembali ke pit ketika red flag dan menjuarai balapan ketika balapan di-restart.

Hal tersebut memicu protes dari Ferrari, Tyrell, dan Fittipaldi yang mengajukan banding. Setelah melalui proses investigasi dan persidangan, James Hunt didiskualifikasi dua bulan setelah balapan usai dan kemenangannya diberikan kepada Niki Lauda yang ada di posisi kedua.

Nelson Piquet

via Istimewa.

Pembalap legendaris Brasil, Nelson Piquet memiliki nasib yang serupa dengan George Russell. Ia berhasil memenangi GP Brasil 1982 yang juga berlangsung di negaranya sendiri, namun kemenangan tersebut dibatalkan karena ia didiskualifikasi.

Nelson Piquet terbukti menggunakan ballast water tank yang digunakan buat mencapai batas minimal bobot mobil secara ilegal. Hal tersebut membuat Nelson Piquet beserta rekan setimnya, Keke Rosberg didiskualifikasi dari posisi satu-dua yang mereka raih dan FIA kemudian melarang penggunaan ballast water tank.

Alain Prost

via Istimewa.

Masih dari kasus kegagalan mencapai bobot minimum mobil, Alain Prost juga harus didiskualifikasi dari GP San Marino yang sudah ia menangi. Mobil pembalap asal Prancis ini kurang 2 kg dari batas yang sudah ditentukan sehingga membuatnya didiskualifikasi dari balapan.

Tim Wright selaku engineer dari tim Prost mengaku hal tersebut terjadi karena adanya miskalkulasi dari tim. Ia salah menghitung berat mobil yang belum ditambah dengan tire wear serta tambahan cairan lain seperti bensin demi menciptakan mobil seringan mungkin.

Ayrton Senna

Ayrton Senna
via Istimewa.

Salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang masa, Ayrton Senna juga sempat bernasib seperti George Russell namun dengan kasus yang berbeda. Pembalap asal Brasil ini didiskualifikasi dari GP Jepang 1989 karena meminta petugas buat mendorong mobilnya secara ilegal.

Pada lap ke-47 di balapan tersebut, Ayrton Senna bersenggolan dengan Alain Prost yang membuat mobil keduanya keluar lintasan. Insiden tersebut membuat mobil Senna tidak bisa menyala dan harus dinyakalan kembali.

Supaya mobilnya bisa dinyalakan kembali, ia harus meminta bantuan kepada petugas buat mendorong mobilnya sebelum akhirnya memenangi balapan. Hal tersebut ternyata dilarang dalam buku aturan balapan, sehingga Ayrton Senna didiskualifikasi dan menerima denda US$ 100 ribu.

Michael Schumacher

via Istimewa.

Jawara dunia F1 sebanyak 7 kali, Michael Schumacher memang sarat dengan kontroversi. Salah satunya adalah insiden yang terjadi di GP Belgia 1994 yang membuatnya didiskualifikasi dari balapan meskipun jadi pembalap pertama yang melintasi garis finish.

Sama seperti George Russell, Michael Schumacher juga gagal memenuhi regulasi yang harus dipatuhi oleh mobil seusai balapan. Namun jika George Russell tidak mencapai berat minimum, skid block kayu di mobil Michael Schumacher ditemukan terkena damage lebih dari 1 mm yang sudah ditentukan dalam aturan.

Jangan lupa buat terus mengunjungi KINCIR untuk mendapatkan informasi terbaru seputar olahraga, rekomendasi game dan esports ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.