Cabang Olahraga Paralimpiade

6 Cabang Olahraga Paralimpiade yang Jarang Orang Tahu

Bicara soal olimpiade kurang sah kalau enggak sekaligus bahas soal Paralimpiade. Ajang ini akan dilangsungkan setelah Olimpiade selesai, Paralimpiade adalah kompetisi olahraga terbesar untuk mereka yang berkebutuhan khusus. Ada sejumlah cabang olahraga Paralimpiade unik yang dipertandingkan selama event empat tahunan ini dilangsungkan.

Di bawah ini adalah sederet cabang olahraga paralimpiade unik yang sudah dipertandingkan sejak lama dan akan kembali digelar pada Paralimpiade Paris 2024.

Cabang Olahraga Paralimpiade Unik

1. Boccia

Cabang olahraga Boccia di Paralimpiade. Istimewa.

Boccia adalah sebuah olahraga yang berasal dari Yunani. Olahraga ini pertama kali dipertandingkan dalam ajang Paralimpiade pada tahun 1984. Boccia sendiri adalah sebuah olahraga yang dimainkan oleh mereka penyandang disabilitas gerak. Lewat tangan atau alat bantu, para atlet ini dibekali bola sebesar genggaman tangan.

Cara bermainnya adalah, setiap atlet akan melempar bola ke arah bola putih yang sedari awal sudah ditempatkan. Mereka yang bisa melemparkan bola dengan jarak paling dekat dengan bola berwarna putih adalah pemenangnya. Negara Korea Selatan jadi negara dengan jumlah emas paling banyak selama event ini diselenggarakan.

2. Goallball

Cabang olahraga paralimpiade unik selanjutnya adalah olahraga yang dimainkan secara tim khusus untuk mereka penyandang tunanetra. Goallball pertamakali dipertandingkan dalam ajang paralimpiade pada tahun 1976 lalu. Olahraga ini pertama kali ditemukan di Austria. Nah untuk cara memainkannya setiap tim bermain dengan tiga pemain di lapangan.

Setiap tim akan bergantian melempar bola ke gawang lawan. Bagi mereka yang dalam posisi bertahan, mereka harus mencegah bolanya masuk ke gawang setinggi 130cm. Untuk memudahkan para pemain, di dalam bola berdiameter 76 cm itu terdapat lonceng.

Tim dengan jumlah gol yang banyak adalah tim yang keluar sebagai pemenang. Pada Paralimpiade Tokyo 2020, timnas Brazil menggondol emas dari kategoril Goalball putra, sementara emas Goalball putri dimenangkan oleh timnas Turki.

3. Anggar Kursi Roda

Olahraga anggar adalah olahraga yang cukup unik. Sebab dua atlet yang bertarung dipersenjatai pedang dengan zirah khusus plus helm untuk mellindungi wajah. Mereka yang berlaga harus lincah untuk menghindar dari serangan lawan. Nah olahraga ini juga diadaptasi dalam Paralimpiade dengan nama wheelchair fencing atau Anggar Kursi Roda.

Sesuai dengan namanya, olahraga ini diperuntukan untuk mereka yang memiliki disabilitas dan beraktivitas di atas kursi roda. Sama seperti Anggar pada umumnya, olahraga wheelchair fencing atau anggar kursi roda ini juga memili aturan yang sama bedanya arena bertarungnya dibuat lebih kecil.

4. Wheelchair Rugby

Kita semua tahu betapa kerasnya olahraga Rugby. Ini adalah olahraga yang pertama kali dikenal di negara Inggris dan sampai saat ini punya jutaan penggemar. Rugby adalah olahraga fisik, maka kondisi para atletnya harus prima. Nah untuk mengakomodir Rugby dalam kapasitas kompetisi Paralimpiade, diciptakanlah Wheelchair Rugby.

Secara aturan permainan enggak jauh beda dengan Rugby pada umumnya bedanya mereka yang main dalam pertandingan ini menggunakan kursi roda. Selain itu enggak ada kategori pria maupun wanita. Tentu saja olahraga ini juga membutuhakn kekuatan fisik dari para atletnya.

Pada kompetisi Paralimpiade edisi sebelumnya, pemenang Wheelchair Rugby adalah timnas Britania Raya setelah mengandaskan timnas Amerika Serikat di partai final.

5. Voli Duduk

Salah satu olaharaga populer di seluruh dunia. Bola Voli memang olahraga yang seru untuk ditonton juga dimainkan. Dalam ranah Paralimpiade, adaptasi dari olahraga ini juga dibuat dengan nama Voli duduk. Cabang olahraga ini dibuat khusus untuk atlet dengan amputasi di atas lutut. Secara peraturan sama dengan permainan bola voli hanya saja ada sedikit perbedaan.

Salah satu yang paling ketara adalah net yang lebih pendek. Mereka harus bermain secara tim untuk memenangkan pertandingan dengan mengumpulkan 25 poin setiap set. Dibutuhkan atlet dengan tangan-tangan yang kuat untuk memantulkan bola dan menahan spike dari lawan. Pada ajang olimpiade sebelumnya timnas putra Iran berhasil keluar sebagai peraih medali emas setelah mengandaskan perlawanan tiimnas Rusia. Sementara di nomor putri timnas Amerika berjaya setelah menekuk timnas Cina di partai puncak.

6. Balap Kursi Roda

Selain Sitting Voleyball ada juga satu cabang olahraga yang membutuhkan tangan kuat untuk memainkannya. Cabang olahraga paralimpiade unik tersebut adalah balap kursi roda. Olahraga ini enggak jauh beda dengan olahraga lari. Bedanya olahraga ini diperuntukan untuk mereka dengan disabilitas yang beraktivitas di atas kursi roda.

Nah sama seperti balap lari, balap kursi roda jadi salah satu nomor cabang olahraga paling bergengsi dalam gelaran paralimpiade. Balap Kursi Roda menggunakan kursi roda khusus untuk menunjang kompetisi.

***

Itu tadi sederet nomor cabang olahraga unik dari ajang paralimpiade. Dari deretan olahraga di atas, mana yang paling menarik perhatian untuk kamu tonton?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.