tampilan green lantern film dc

5 Tampilan Green Lantern di Film DC Live Action dari Masa ke Masa, Mana yang Paling Keren?

Dunia perfilman DC akan berlanjut ke DCU yang berada di bawah kepemimpinan James Gunn. Pada sejumlah film DC mendatang yang jadi bagian dari DCU, kita akan bisa melihat kembali para superhero ikonis DC. Salah satu karakter superhero DC yang sudah dikonfirmasi akan hadir pada film DCU mendatang adalah Green Lantern.

Green Lantern memang menjadi salah satu superhero DC yang sangat populer. Bahkan, Green Lantern sebenarnya sudah sering muncul di berbagai film DC yang memiliki format live action. Penampilan sang superhero di tiap proyek live action tersebut pun selalu berbeda dan menarik untuk dilihat perbedaannya.

Nah, berikut ini KINCIR akan membahas deretan film DC yang menampilkan Green Lantern. Yuk, simak deretannya!

Tampilan Green Lantern di film DC

1. Legends of the Superheroes (1979)

Istimewa

Penampilan Green Lantern dalam wujud live action untuk pertama kalinya terjadi dalam film DC yang berjudul Legends of the Superheroes. Film yang rilis pada era 1970-an ini adalah konten spesial yang jadi ajang reunian bagi pemain di serial Batman yang dibintangi oleh Adam West.

Dalam film ini, sosok Green Lantern diperankan oleh aktor Howard Murphy. Menariknya, kostum Green Lantern dalam film ini justru berwarna kebiruan, bukan hijau sesuai dengan namanya. Sama seperti Batman-nya Adam West, kostum Green Lantern di film ini juga terkesan seadanya. Sosok Green Lantern di film ini juga dibuat lebih komedi, menyesuaikan dengan nuansa serialnya Adam West.

2. Justice League of America (1997)

Green Lantern baru tampil lagi dalam format live action lewat film Justice League of America yang rilis pada 1997. Sesuai judulnya, film ini berfokus pada kelompok superhero Justice League. Jadi, enggak heran kalau selain Green Lantern kita bisa melihat sejumlah karakter ikonis DC lain di film ini, seperti The Flash, The Atom, dan Martian Manhunter.

Sosok Green Lantern di film ini melibatkan aktor Matthew Settle sebagai pemerannya. Dengan alter ego Guy Gardner, Green Lantern yang diperankan oleh Settle tampil dengan kostum ketat berwarna, dan atasan berupa rompi yang lagi-lagi berwarna kebiruan beserta topengnya. Di bagian kiri rompinya kita juga bisa melihat logo dari Green Lantern Corps.

3. Green Lantern (2011)

Tampilan Green Lantern di film DC

Setelah puluhan tahun tercipta, Green Lantern akhirnya memiliki film solonya pada 2011 yang dibintangi oleh Ryan Reynolds. Berbeda dengan dua film sebelumnya, kali ini Green Lantern tampil dengan kostum berwujud CGI sepenuhnya, tanpa memiliki kostum fisik. Kostum tersebut pun menjadi terwujud berkat kekuatan dari cincin yang ada di tangannya Hal Jordan.

Namun, penggunaan kostum full CGI dalam film ini justru menuai kritik pedas. Apalagi, kualitas dari CGI yang digunakan bisa dibilang kurang baik jika dibandingkan dengan film-film yang rilis di era sama. Bahkan, secara keseluruhan film Green Lantern mendapatkan ulasan yang sangat buruk, dan bahkan tak jarang disebut sebagai salah satu film superhero terburuk sepanjang masa.

4. Zack Snyder’s Justice League (2021)

Pada 2021 lalu, kita akhirnya kedatangan versi directors cut dari film Justice League yang jadi bagian dari DCEU. Film ini pun memiliki banyak adegan yang tambahan yang membuatnya berbeda dengan versi yang rilis di bioskop pada 2017 silam.

Salah satunya adalah pada adegan pembuka film yang menampilkan pertarungan antara pasukan aliansi semesta yang berusaha melindungi Bumi dari invasi pasukannya Darkseid. Salah satu pihak yang terlibat di pasukan aliansi pelindung Bumi tersebut adalah anggota Green Lantern Corps, yaitu Yalan Gur.

Berbeda dengan sejumlah Green Lantern sebelumnya, Yalan Gur memiliki wujud alien, serta mengenakan jubah atau sayap pada kostumnya. Sayangnya, Yalan Gur hanya muncul pada adegan pembuka dari film ini saja.

Oh ya, sebenarnya Snyder Cut hampir memunculkan lagi sosok Green Lantern versi Jon Stewart di adegan penutupnya. Namun, adegan tersebut akhirnya diganti dengan kemunculan Martian Manhunter yang bertemu dengan Bruce Wayne. Padahal sebenarnya adegan Green Lantern versi Jon Stewart sudah menjalani proses syuting.

5. Superman: Legacy (2025)

Seperti yang KINCIR bahas pada bagian pembuka, Green Lantern sudah dikonfirmasi akan muncul di proyek DCU mendatang. Proyek DCU yang dimaksud adalah film Superman: Legacy yang rencananya rilis pada 2025. Saat artikel ini ditulis, Superman: Legacy masih dalam proses syuting. Namun, sudah banyak bocoran foto dari lokasi syutingnya, termasuk yang menampilkan Green Lantern.

Dalam sejumlah foto yang beredar, kita bisa melihat penampakan aktor Nathan Fillion sebagai pemeran Green Lantern versi Guy Gardner. Menariknya, Green Lantern dalam bocoran foto tersebut tidak mengenakan kostum hijau ‘spandex’ khasnya, melainkan jaket serta celana kulit yang berwarna putih.

Hal ini kabarnya terjadi karena Green Lantern tergabung sebuah kelompok superhero yang dipimpin oleh Maxwell Lord. Sebab, di bagian tengah kostumnya terdapat logo LordTech, perusahaan milik Maxwell Lord. Dalam versi komiknya, Maxwell Lord memang menjadi sponsor dari kelompok Justice League International.

***

Nah, itulah penampilan Green Lantern di live action dari masa ke masa. Dari sejumlah penampilan Green Lantern tersebut, manakah yang paling kamu suka? Share pendapat kamu dan ikuti terus KINCIR untuk artikel menarik lainnya, ya!

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.