Despicable Me

Urutan Film Despicable Me dari Rating Terburuk hingga Terbaik, Mana yang Paling Busuk?

Sebagian besar orang di masa kini, khususnya generasi muda, rasanya tidak mungkin tidak tahu karakter animasi semenggemaskan Minion. Makhluk mungil berwarna kuning ini pertama kali populer lewat film pertama Despicable Me (2010). Walau karakter Minion jadi yang paling populer, Despicable Me sebenarnya menceritakan kehidupan Gru yang terus berlanjut hingga film keempatnya.

Tidak hanya film Despicable Me yang berkembang hingga empat film, waralaba film ini juga berkembang dengan kehadiran dua film spin-off, yaitu Minions (2015) dan Minions: The Rise of Gru (2022). Total sudah ada enam film yang berada di bawah naungan waralaba Despicable Me. Di antara keenam film ini, manakah yang mendapatkan rating terburuk hingga terbaik?

Nah, KINCIR bakal mengurutkan enam film Despicable Me dari rating terburuk hingga terbaik berdasarkan Rotten Tomatoes!

Urutan film Despicable Me terburuk hingga terbaik

6. Despicable Me 4 (2024) – rating: 54%

Despicable Me

Melihat bagaimana besarnya kesuksesan tiap film Despicable Me, Illumination sampai mengembangkan Despicable Me hingga film keempatnya yang baru-baru ini dirilis. Di film keempatnya ini, Gru diceritakan sudah memiliki anak kandungnya sendiri, yaitu Gru Jr. Di tengah kebahagiannya dengan keluarganya yang semakin besar, Gru malah mendapatkan teror dari teman sekolahnya yang masih memiliki dendam.

Sayangnya sebagai film terbaru Despicable Me, film keempatnya malah mendapatkan banyak kritikan dengan skor 54% di Rotten Tomatoes. Despicable Me 4 dikritik karena hanya memberikan lelucon tanpa cerita yang kuat. Alhasil, Despicable Me 4 kini malah jadi film Despicable Me dengan rating terburuk di Rotten Tomatoes.

5. Minions (2015) – rating: 56%

Despicable Me

Setelah dua film pertama Despicable Me sukses besar dan popularitas Minion semakin melambung, Illumination memutuskan untuk membuat film spin-off yang diberi judul Minions. Film ini menjadi jawaban tentang kisah asal-usulnya Minion dan bagaimana mereka bisa bertemu dengan Gru. Selain spin-off, Minions bisa dibilang juga menjadi prekuel film pertama Despicable Me.

Saking besarnya popularitas Minion, Minions menjadi film pertama di waralaba Despicable Me yang memperoleh pendapatan hingga lebih dari 1 miliar dolar. Walau sukses secara pendapatan, Minions mendapatkan banyak kritikan dengan skor 56% di Rotten Tomatoes. Film ini dikritik karena ceritanya yang tidak maksimal dan humornya yang kurang cocok untuk anak-anak.

4. Despicable Me 3 (2017) – rating: 58%

Despicable Me

Setelah merilis Minions, Illumination kembali melanjutkan kisahnya Gru dan keluarganya di Despicable Me 3. Menariknya di film ini, kita diberikan fakta terbaru bahwa Gru ternyata memiliki saudara kembar, bernama Dru, yang terpisah karena orang tuanya bercerai. Yang membuat film ini semakin lucu adalah Dru memiliki segala hal yang sangat berkebalikan dari Gru.

Sayangnya, kolaborasi antara Gru dan kembarannya tidak berhasil memuaskan kritikus. Despicable Me 3 hanya mendapatkan skor 58% di Rotten Tomatoes. Film ini mendapatkan banyak kritikan karena jalan ceritanya dianggap berantakan. Namun berhubung sudah banyak penggemar yang jatuh hati kepada Minion, Despicable Me 3 tetap sukses besar dengan pendapatan lebih dari 1 miliar dolar.

3. Minions: The Rise of Gru (2022) – rating: 70%

Despicable Me

Tujuh tahun setelah perilisan film pertama Minions, Illumination menggarap sekuelnya yang diberi judul Minions: The Rise of Gru. Jika film sebelumnya lebih fokus menceritakan kisah asal-usulnya Minion, The Rise of Gru akhirnya menceritakan bagaimana Gru, yang masih anak-anak, bertemu dan bekerja sama dengan Minion untuk mengejar tujuannya sebagai supervillain.

Dibandingkan film pertamanya yang mendapatkan kritikan, The Rise of Gru disambut dengan cukup baik oleh kritikus dengan skor 70% di Rotten Tomatoes. Film ini mendapatkan pujian karena humornya jelas lebih baik dari film sebelumnya dan lebih cocok untuk anak-anak. The Rise of Gru sukses besar, walau pendapatannya tidak mencapai 1 miliar dolar seperti film pertamanya.

2. Despicable Me 2 (2013) – rating: 75%

Despicable Me

Kesuksesan film pertama Despicable Me jelas membuat Illumination percaya diri menggarap sekuelnya, yaitu Despicable Me 2. Film ini menceritakan bagaimana Gru jatuh cinta dan akhirnya menemukan sosok istri yang tepat untuknya. Perempuan yang Gru sukai ternyata adalah sosok yang membawanya untuk ikut ke dalam dunia mata-mata.

Seperti film pertamanya, Despicable Me 2 kembali menarik perhatian kritikus dan banyak penonton. Film ini mendapatkan banyak pujian dengan skor 75% di Rotten Tomatoes, karena memberikan visual yang penuh warna dan humor yang sangat menghibur. Secara Box Office, pendapatan Despicable Me 2 jauh lebih besar dari film pertamanya.

1. Despicable Me (2010) – rating: 80%

Despicable Me

Berdiri pada 2007, Illumination membuat gebrakan dengan merilis film pertama mereka, yaitu Despicable Me. Film ini menarik perhatian karena mengangkat premis yang cukup unik tentang proses seorang villain yang bertobat setelah merasakan kasih sayang dari anak-anak angkatnya. Ditambah lagi, Despicable Me menghadirkan karakter Minion yang sangat menggemaskan.

Lewat film pertama yang mereka produksi, Illumination langsung sukses besar berkat Despicable Me. Film ini mendapatkan banyak pujian dengan skor 80% di Rotten Tomatoes. Despicable Me mendapatkan penilaian positif karena menghadirkan cerita yang hangat, ramah untuk semua umur, dan humornya yang berhasil bikin ketawa.

***

Itulah urutan film Despicable Me dari rating terburuk hingga terbaik berdasarkan Rotten Tomatoes. Di antara keenam film di atas, manakah yang menjadi favorit kamu?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.