Pixar

Urutan Film Sekuel Pixar dari Rating Terburuk hingga Terbaik, Ada yang Dapat Rating Busuk!

Pada 2024 ini, Pixar akhirnya merilis salah satu film yang paling ditunggu-tunggu, yaitu Inside Out 2 (2024). Jelas ditunggu-tunggu karena ini adalah film sekuelnya Inside Out (2015), salah satu film animasi terbaik karena ceritanya yang sangat menyentuh hati. Penggemar akhirnya bisa mendapatkan kelanjutan ceritanya Riley Andersen setelah sembilan tahun dari perilisan film pertamanya.

Inside Out 2 bukan satu-satunya film sekuel yang pernah dirilis oleh Pixar. Total sudah ada delapan film sekuel yang pernah dirilis Pixar hingga saat ini. Ada sekuel yang berhasil, bahkan lebih baik dari film sebelumnya. Sayangnya, ada film sekuel yang dianggap kurang memuaskan dan malah merusak cerita yang sudah dibangun dengan baik di film sebelumnya.

Nah, apa saja film sekuel Pixar dari rating terburuk hingga terbaik berdasarkan Rotten Tomatoes?

Urutan film sekuel Pixar terburuk hingga terbaik

8. Cars 2 (2011) – rating: 39%

Pixar

Pada 2006, film pertama Cars (2006) sukses besar karena menampilkan kisah unik yang memperlihatkan bagaimana jika mobil-mobil adalah benda hidup layaknya seperti manusia. Ceritanya yang unik membuat Cars sukses besar, hingga Pixar menggarap sekuelnya, yaitu Cars 2, yang baru dirilis lima tahun setelah perilisan film pertamanya. Berbeda dengan film pertamanya yang fokus pada kisahnya Lightning McQueen, Cars 2 malah lebih fokus pada Mater.

Secara Box Office, pendapatan Cars 2 sebenarnya lebih tinggi dari film sebelumnya. Namun secara penilaian, film ini mendapatkan banyak kritikan bahkan mendapatkan skor 39% di Rotten Tomatoes. Cars 2 dikritik karena cerita di film ini dianggap kurang jika dibandingkan visualnya. Fakta menariknya, Cars 2 menjadi satu-satunya film Pixar yang mendapatkan predikat “Busuk” di Rotten Tomatoes.

7. Cars 3 (2017) – rating: 69%

Pixar

Walau mendapatkan banyak kritikan, Cars 2 tetap sukses secara Bos Office. Itulah sebabnya, Pixar kembali menggarap sekuelnya, yaitu Cars 3, setelah enam tahun perilisan film keduanya. Cars 3 kembali fokus pada kisahnya Lightning McQueen yang sudah dianggap terlalu tua sebagai pembalap.

Keputusan Pixar kembali lagi pada tema cerita film pertama malah berakibat positif bagi penilaiannya Cars 3. Film ini mendapatkan pujian karena kembali berhasil menghadirkan cerita mengharukan, ditambah dengan kualitas visualnya yang tidak perlu diragukan. Lebih baik dari film keduanya, Cars 3 mendapatkan skor 69% di Rotten Tomatoes.

6. Inside Out 2 (2024) – rating: 90%

Pixar

Butuh waktu 9 tahun bagi Pixar untuk bisa menyajikan kisah terbarunya Riley Andersen setelah kejadian di film pertama Inside Out. Jika film sebelumnya menceritakan kisah hidupnya Riley di usia anak-anak, Inside Out 2 menyajikan kisah hidupnya Riley di fase remaja ketika dia baru memasuki masa pubertas. Film ini bahkan mengenalkan empat emosi barunya Riley, yaitu Anxiety, Envy, Ennui, dan Embarrassment.

Walau masih menceritakan eksplorasi emosinya Riley, Inside Out 2 malah menghadirkan pembelajaran baru yang ceritanya sama sekali tidak repetitif dari film pertamanya. Film ini mendapatkan banyak pujian karena ceritanya yang menghangatkan hati, hingga mendapatkan skor 90% di Rotten Tomatoes. Kerennya lagi, Inside Out 2 kini menjadi film 2024 terlaris.

5. Incredibles 2 (2018) – rating: 93%

Pixar

Pixar juga punya film superhero mereka sendiri, yaitu The Incredibles (2004). Film yang disutradarai oleh Brad Bird ini berkisah tentang keluarga superhero yang harus menyembunyikan kekuatan super mereka karena aturan pemerintah yang melarang superhero. The Incredibles sukses besar, hingga Pixar baru mengeluarkan sekuelnya, yaitu Incredibles 2, yang dirilis 14 tahun setelah perilisan film pertamanya.

Incredibles 2 latar waktunya terjadi benar-benar persis setelah kejadian di film pertamanya. Itulah sebabnya, film ini fokus memperlihatkan bagaimana keluarga Incredibles membangun kepercayaan banyak orang terhadap superhero. Film ini sukses besar bahkan pendapatannya mencapai lebih dari 1 miliar dolar. Incredibles 2 mendapatkan banyak pujian dan memperoleh skor 93% di Rotten Tomatoes.

4. Finding Dory (2016) – rating: 94%

Pixar

Enggak bisa dimungkiri bahwa Finding Nemo (2003) merupakan salah satu film terbaiknya Pixar. Apalagi untuk ukuran film 2003, Finding Nemo bisa menghadirka visual lautan yang terlihat begitu nyata. Pixar kemudian menggarap sekuelnya, Finding Dory, yang dirilis 13 tahun setelah perilisan film pertamanya. Seperti judulnya, Finding Dory lebih fokus dalam menceritakan kisahnya Dory dalam mencari orang tuanya.

Kerinduan penggemar untuk melihat petualangan barunya Nemo, Marlin, dan Dory benar-benar terbayarkan ketika Finding Dory dirilis. Buktinya, film ini sampai memperoleh pendapatan hingga lebih dari 1 miliar dolar. Finding Dory juga mendapatkan banyak pujian dengan skor 94% di Rotten Tomatoes, karena dianggap berhasil memberikan petualangan baru yang tidak merusak film sebelumnya.

3. Toy Story 4 (2019) – rating: 97%

Pixar

Ketika banyak penggemar yang berpikir bahwa kisah Woody dan mainan lainnya berakhir di Toy Story 3 (2010), Pixar mengejutkan penggemar dengan merilis Toy Story 4. Film ini menceritakan bagaimana petualangan Woody dan mainan lainnya bersama pemilik baru mereka, yaitu Bonnie. Pada suatu hari, Bonnie membuat mainan sendiri yang akhirnya terus dijaga oleh Woody.

Berkat besarnya rasa cinta penggemar kepada seri film Toy Story, film keempatnya pun sukses besar dengan pendapatan lebih dari 1 miliar dolar. Toy Story 4 masih mendapatkan banyak pujian dengan skor 97% di Rotten Tomatoes karena ceritanya tetap hangat seperti film-film sebelumnya. Walau begitu, banyak penggemar yang menganggap Toy Story 4 malah merusak trilogi sebelumnya.

2. Toy Story 3 (2010) – rating: 98%

Pixar

Toy Story 4 tentunya tidak akan dirilis tanpa kesukesan Toy Story 3. Di film ketiganya ini, Andy diceritakan sudah memasuki usia remaja dan sedang dalam persiapan untuk masuk kuliah. Berhubung Andy sudah beranjak dewasa, ibunya memutuskan untuk menyumbangkan mainan Andy ke sebuah penitipan anak. Hingga akhirnya timbul perpecahan di antara mainan yang mengira Andy membuang mereka.

Toy Story 3 menyajikan cerita yang begitu emosional karena ini adalah momen Andy berpisah dengan mainan masa kecilnya. Enggak heran film ini begitu membekas di hati banyak orang dan sukses besar hingga mencapai lebih dari 1 miliar dolar. Toy Story 3 mendapatkan banyak pujian dengan skor 98% di Rotten Tomatoes karena film ini bisa memadukan elemen komedi dan emosional yang begitu mulus.

1. Toy Story 2 (1999) – rating: 100%

Pixar

Pada 1995, Pixar menghebohkan dunia perfilman dengan merilis Toy Story (1995), yang pada saat itu menjadi film animasi pertama yang keseluruhan animasinya dibuat dengan komputer. Kesuksesan film pertamanya tentu saja membuat Pixar tidak ragu untuk menggarap sekuelnya, yaitu Toy Story 2.

Seperti film pertamanya, Toy Story 2 kembali menuai kesuksesan besar dan secara Box Office pun lebih besar dari film sebelumnya. Toy Story 2 dipuji karena bisa menjadi film sekuel yang lebih baik dari film pertamanya. Saking bagusnya, Toy Story 2 bahkan sampai mendapatkan skor 100% atau sempurna di Rotten Tomatoes!

***

Itulah urutan film sekuel Pixar dari rating terburuk hingga terbaik. Di antara delapan film sekuel Pixar di atas, manakah yang jadi favorit kamu?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.