Adegan dalam film bikikn kamera rusak

7 Adegan Film yang Bikin Kamera Rusak Pas Syuting

Apapun bisa terjadi di lokasi syuting. Mulai dari aktor yang telat datang, set lokasi yang belum siap sampai kamera yang dipakai rusak atau bahkan hancur. Soal kamera rusak hal ini pernah terjadi dalam beberapa film ketika mengambil sebuah adegan. Ada beberapa alasan kenapa kamera yang dipakai bisa hancur. Nah di bawah ini adalah sederet cerita tentang beberapa adegan dalam film yang buat kamera rusak.

7 Adegan film bikin kamera rusak

1. Adegan Catwoman mengendarai Batpod – The Dark Knight Rises

Adegan Catwoman mengendarai Batpod dalam The Dark Night Rises. Istimewa.

Bukan Christopher Nolan namanya kalau enggak bikin adegan yang heboh. Dalam Film The Dark Knight Rises ada sebuah adegan di mana Catwoman menaiki Batpod dan menuruni tangga. Adegan di mana sebauh kerusuhan baru saja terjadi. Nah adegan itu enggak diambil oleh Anne Hathaway sang aktris utama, melainkan digantikan oleh stuntwoman.

Celakanya, saat adegan itu diambil stuntwoman pengganti Anne Hathaway secara enggak senagaja menyenggol kameraman yang merekamnya menggunakan kamera IMAX. Kamera yang digunakan itu pun pada akhirnya pecah.

2. Adegan panah Abigail di akhir film – Blade 3

Film Blade 3 mengharuskan aktris Jessica Biel berlatih untuk memanah. Sebab dalam filmnya, karakter Abigail yang dimainkannya adalah seorang yang andal dalam menggunakan senjata panah. Hal tersebut ia buktikan dengan menampilkan adegan pamungkas dalam Film Blade 3. Dalam adegan akhir itu ia melepaskan anak panah ke musuh utama.

Pada saat syuting berlangsung, Jessica ternyata melakukannya dengan penuh kesungguhan. Ia melepaskan anak panah tepat ke arah kamera. Anak panah tersebut menusuk masuk dan memecahkan lensanya. Satu sisi mereka risau karena kamera yang dipecahkan memiliki harga yang sangat mahal. Namun di sisi lain, mereka bangga dengan Jessica yang benar-benar belajar memanah dengan baik.

3. Adegan pesawat jatuh – Dunkirk

Film Dunkirk jadi salah satu film perang dengan pendekatan terbaik. Film ini menggambarkan situasi tentara Inggris yang terjebak di pelabuhan Dunkirk dan nyaris diserbu oleh tentara Jerman. Salah satu yang menarik dari film ini adalah proses pengambilan gambar yang terjadi pada adegan-adegan di dalam pesawat tempur.

Christopher Nolan sengaja menaruh kamera imax di sebuah pesawat tanpa awak untuk tunjukan momen pesawat jatuh yang realistis. Pesawat tersebut pada akhirnya dijatuhkan ke laut. Namun yang enggak terduga adalah dengan cepat pesawat itu tenggelam dan merusak pelindung kamera. Hal tersebut membuat kamera kemasukan air dan rusak. Untungnya rekamanan yang diambil masih bisa diselamatkan.

4. Adegan Tenggelam di Sungai Coklat – Charlie and the Chocolate Factory

Charlie and the Chocolate Factory adalah sebuah film yang begitu terkenal. Film ini dibuat tahun 1971 dan dibuat lagi tahun 2005. Dalam film tersebut ada satu adegan di mana seorang anak yang rakus terpeleset dan tenggelam di sungai cokelat. Dalam adegan tersebut, Sutradara Tim Burton memang benar-benar membuat set sungai berwarna cokelat.

Sayangnya saat adegan itu diambil, salah satu kameraman ternyata enggak berhasil mengamankan kamera yang jadi tanggung jawabnya, kamera tersebut pun secara enggak sengaja jatuh ke dalam sungai cokelat. Kerugian yang ditaksir dari kamera rusak itu mencapai nyaris 1 juta dolar.

5. Adegan kecelakaan truk – The Dark Knight

Masih ingat dengan adegan kecelakaan truk dalam terowongan yang dibuat oleh Joker dalam Film The Dark Knight? Adegan tersebut jadi salah satu adegan memorable dalam Film The Dark Knight pasalnya adegannya terlihat begitu realistis. Namun ternyata kuncinya ada pada penempatan kamera yang dipasang di beberapa sisi truk.

Nolan, tahu hal itu bisa berakibat fatal dengan kerusakan kamera yang ia pasang. Beberapa sumber menyebutkan jika kamera IMAX yang dipasang tersebut benar-benar hancur berkeping-keping. Tapi hal itu terbayar dengan sebuah adegan yang bombastis.

6. Adegan terakhir Knives OutKnives Out

Film Knives Out memang enggak tampilkan adegan yang secara pengambilan gambar terlalu ribet. Tapi film ini juga enggak terlepas dari drama kamera rusak. Pada adegan terakhir ketika Marta terungkap mendapat jatah warisan dari keluarga Thrombey. Semua anggota keluarga Thrombey mengejarnya. Nah dalam adegan ini kualitas kamera terasa berubah.

Nyatanya saat adegan ini diambil, kamera yang mereka pakai rusak dan membuat sutradara Rian Johnson mengubah kamera yang dipakai menjadi kamera dengan kualitas yang lebih rendah. Namun penonton mengira jika sutradara Rian Johnson sedang mencoba membuat semiotika tentang kehidupan Marta.

7. Adegan Seks – Oppenheimer

Enggak satu atau dua kali Christopher Nolan apes karena kamera yang ia pakai rusak. Film Oppenheimer jadi kali ke empat kamera yang dia pakai rusak. Apalagi rusaknya adalah ketika adegan seks Florench Pugh dan Cillian Murphy berlangsung. Saat pengambilan gambar diambil, kamera tiba-tiba mati.

Entah apa yang membuat kamera yang mereka pakai konslet, tapi yang jelas hal ini bikin bingung semua kru. Bahkan Pugh dan Murphy jadi canggung karena mereka harus menunggu sampai kameranya selesai dibetulkan dengan kondisi enggak berbusana.

***

Namanya proses syuting, kendala teknis bisa saja terjadi. Namun, kendala ini justru bisa jadi cerita tersendiri bagi yang menjalani proses produksian. Masalahnya, adegan yang tengah diambil sangat krusial, jadi kita bisa bayangkan kepusingan sutradara dan para kru untuk mengakali kamera yang rusak.

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.