Riset yang dilakukan aktor Adam Driver dan Andrew Garfield dalam film silence dirasa enggak biasa

6 Cara Riset yang dilakukan Aktor Demi Tunjukan Adegan Berkesan dalam Film

Dalam sebuah film, biasanya ada beberapa adegan memorable yang diingat oleh penonton. Nah adegan-adegan tersebut kadang punya cerita unik dari aktor yang memerankannya. Salah satunya adalah riset yang dilakukan aktor supaya adegan tersebut terlihat meyakinkan.

Beberapa aktor di bawah ini melakukan riset yang unik untuk sebuah adegan dalam film. Siapa saja mereka? Ini dia rangkumannya.

Cara riset aktor demi tunjukkan adegan berkesan

1. Tom Cruise – Menyamar jadi kurir

Kita tahu kalau Tom Cruise adalah aktor yang suka dengan adegan menantang. Bahkan banyak adegan berbahaya ia lakukan tanpa stuntman. Semua demi adegan yang terlihat meyakinkan di depan kamera. Nah, pada sebuah film berjudul Collateral, Tom Cruise memerankan karakter seorang mata-mata. Sutradara Michael Mann masih meragukan akting Tom memerankan karkater tersebut.

Karena itu untuk sebuah adegan di sebuah bar. Mann menantang Tom untuk benar-benar melakukan penyamaran di masyarakat. Mann menyuruh Tom untuk menjadi seorang kurir dan benar-benar mengantar barang. Tom Cruise yang memang suka tantangan tentu menyanggupi itu. Uniknya saat ia melakukan penyamaran dan mengantar barang sungguhan ke seseorang, enggak ada satupun yang mengenalinya.

Penyamaran Tom berhasil, riset yang dilakukan aktor kenamaan itu berpengaruh pada adegan yang ia mainkan di mana ia harus menelusup ke dalam bar dan melakuakn adegan berantem yang fenomenal.

2. Daniel Day-Lewis – Enggak tidur tiga malam

Dalam sebuah Film In the Name of the Father, ada adegan menarik ketika karakter Gerry diinterogasi di sel penjara. Wajah Gerry yang frustasi, pucat dan enggak terawat terlihat jelas dalam kamera. Karkater tersebut dimainkan oleh Daniel Day-Lewis. Ada satu cara yang ia lakukan supaya adegan itu bisa terlihat sangat meyakinkan.

Kuncinya, Daniel enggak tidur selama tiga malam. Ia membiarkan dirinya terjaga semala tiga hari supaya kondisi fisiknya benar-benar terlihat lemah dengan wajah yang kusam dan enggak terawat. Sampai ketika adegan interogasi itu datang, wajahnya memang sudah terlihat meyakinkan sebagai tahanan yang frustasi. Enggak tanggung-tanggung riset yang dilakukan aktor kawakan itu membawanya pada sejumlah penghargaan.

3. Rosamund Pike – Memotong-motong babi

Siapa yang enggak terpukau dengan Film Gone Girl karya sutradara David Fincher tahun 2014 itu? Film thriller dengan jalan cerita yang manipulatif membuat penonton terus berpikir sepanjang durasi. Salah satu yang menyita perhatian tentu karakter Amy yang dimainkan oleh Rosamund Pike. Apa yang ia lakukan di depan kamera benar-benar di luar ekspektasi.

Dia benar-benar mendalami karkater Amy. Bahkan untuk sebuah adegan pembunuhan di mana karkater Amy membunuh Desi mantan pacarnya, Pike mesti pergi ke toko daging dan meminta izin kepada pemiliknya untuk ikut memotong-motong daging babi. Hal itu ia lakukan supaya timbul rasa suka terhadap sayatan dan darah yang mengalir. Karena itulah ketika adegan pembunuhan diambil, ekspresi Pike terlihat begitu menikmati.

4. Andrew Garfield dan Adam Driver – Puasa bicara selama seminggu

Film arahan Martin Scorsese berjudul Silence adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata. Berkisah tentang dua pastur yang pergi ke jepang untuk mencari dan mengembalikan mentornya. Dua pastur tersebut dimainkan oleh Adam Driver dan Andrew Garfield. Sayangnya di Jepang keduanya mendapatkan persekusi dan penyiksaan supaya mereka mau menanggalkan iman kristennya.

Namun kedua pastur itu tetap teguh pada pendirian dan enggan keluar dari agamanya sekalipun ancamannya nyawa. Adegah-adegan persekusi tersebut dilakukan dengan sangat ciamik oleh dua aktor ini. Salah satu hal yang mereka lakukan demi berhasilnya adegan tersebut adalah riset dengan puasa bicara

Kedua aktor kenamaan ini sama-sama pergi ke sebuah gereja di Wales untuk melakukan puasa bicara selama seminggu.  Mereka mengasah ima dengan terus mendekat pada tuhan. Uniknya mereka benar-benar enggak bicara selama sepekan walaupun bertemu satu sama lain. Hasil treatment ini memang terlihat begitu berhasil.

5. Michelle Williams – Mengikat lututnya dengan ikat pinggang

Banyak orang meragukan kebolehan Michelle Williams dalam meragakan sosok Marilyn Monroe di depan kamera. Film My Week with Marilyn yang menunjuknya jadi diva internasional itu ternyata mampu Michelle maksimalkan. Ia bahkan mendapat sejumlah nominasi sebagai aktris terbaik pada tahun 2012 dari berbagai penghargaan.

Salah satu hal yang membuat Michelle terlihat meyakinkan memainkan karkater Marilyn Monroe adalah cara jalannya. Ia melakuan riset yang lama untuk memperhatikan cara jalan Marilyn. Sampai akhirnya dia berinisiatif untuk mengikat lututnya dengan ikat pinggang supaya ia bisa berlenggok seperti yang selalu dilakukan Marilyn. Memang terasa sakit namun hal itu efektif untuk menduplikasi sosok model terkenal sejahat raya itu.

6. Leonardo DiCaprio – Bolak balik menonton youtube orang mabuk

Daftar riset yang dilakukan aktor untuk adegan berkesan terakhir diisi oleh Leonardo DiCaprio. Salah satu peran terbaik Leo dalam kariernya adalah ketika ia membintangi karakter Belfort dalam film The Wolf of Wallstreet. Saat itu ia bermain sebagai seorang pialang andal yang begitu berhasil. Dalam masa suksesnya ia dapat membeli rumah dan mobil mewah. Ia juga mabuk-mabukan untuk merayakan keberhasilannya.

Nah, dalam adegan mabuk-mabukan itulah, Leo butuh inspirasi. Ia mencari tau seperti apa orang yang begitu mabuk. Maka, sebagai cara singkat ia menonton youtube orang mabuk berjudul “The Drunkest Guy in the World” yang ia putar terus menerus. Ia hendak menirukan gaya orang mabuk tersebut di layar lebar. Uniknya, treatment itu berhasil, adegan Belfort mabuk jadi salah satu adegan paling lucu di film tersebut.

Itu tadi sederet riset yang dilakukan aktor untuk membuat adegan yang berkesan dalam film. Menurut kamu, riset siapa yang paling all out untuk wujudkan adegan terbaik di filmnya?

Stay Updated!
Tetap terhubung di media sosial supaya cepat dapat pembaruan.